Fitur Android 13 Tersedia di HP, Tablet, dan Jam Tangan Versi Lama

Telset.id, Jakarta – Fitur Android 13 untuk HP, tablet, dan jam tangan telah diumumkan oleh Google. Google pertama menghadirkannya ke smartphone Pixel.

Fitur Android 13 tak hanya hadir di Pixel atau perangkat baru yang mendukung, tetapi tersedia pula di HP, tablet, jam tangan, serta wearable versi lama.

Dengan kata lain, untuk bisa menikmati fitur dan fungsionalitas anyar, perangkat Anda tidak perlu diperbarui ke sistem operasi Google versi paling baru.

Perusahaan telah memperbarui fitur inti seperti Nearby Share dan aplikasi Google Drive, Google Keep, dan lain-lain sebagai bagian dari peningkatan.

BACA JUGA:

Nearby Share adalah alat yang berguna untuk berbagi file, foto, dan lainnya dengan perangkat Anda sendiri atau orang di sekitar meski tak berjalan mulus.

Telset kutip dari Gadgets360, Google sekarang mempermudah proses berbagi file dengan perangkat lain selama masih berbasis Android.

Perangkat Android yang masuk ke akun Google akan muncul langsung di menu berbagi, mengurangi kebutuhan untuk mencari perangkat Anda sendiri.

Proses transfer pun jauh lebih cepat. Transfer ke perangkat yang masuk secara otomatis diterima dan berfungsi meski layar diperangkat terdekat mati.

Google baru-baru ini memperbarui aplikasi Workspace untuk multitasking yang lebih baik di tablet dan perangkat yang mempunyai layar ukuran besar.

Pembaruan yang dikhususkan tablet kini akan menghadirkan widget yang didesain ulang untuk Google Drive dan Google Keep untuk memanfaatkan ruang.

Widget Google Drive juga akan menambahkan akses sekali sentuh ke file Dokumen, Slide, dan Spreadsheet. Demikian pula dengan fungsionalitas Google Keep.

Google Keep mendapatkan widget yang lebih besar, yang berfungsi lebih baik dengan daftar tugas, pengingat, dan lainnya. Aplikasi keyboard Gboard juga diperbarui.

Gboard sekarang punya tombol ‘emojify’ yang secara otomatis menambahkan emoji ke teks yang diketik atau kalimat yang diketik dengan menekan tombol.

Google Meet di HP dan tablet juga punya fitur berbagi langsung, memungkinkan menonton video YouTube atau berbagi sambil nge-game hingga 100 orang.

Sementara itu, “ubin” Keep baru akan memungkinkan pengguna mendiktekan catatan atau daftar periksa langsung dari jam tangan pintar yang didukung OS Wear.

BACA JUGA:

Pembaruan baru bahkan akan memungkinkan pengguna mengelola catatan dan daftar yang dibuat di seluruh perangkat tanpa perlu menjangkau tablet atau HP.

Pembaruan lain dari Google yang segera hadir untuk jam tangan pintar Wear OS adalah tampilan jam Bitmoji yang dapat mengubah ekspresi tergantung waktu.

Fitur Android 13 masih banyak dan tersedia untuk perangkat HP, tablet, maupun jam tangan atau wearable Google keluaran lama. Fitur berjalan tanpa butuh update.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0