Feed Kronologis Hadir Kembali ke Instagram, Begini Cara Aktifkannya

Telset.id, Jakarta – Feed Instagram biasanya tampil berdasarkan kesukaan pengguna yang dianalisis oleh algoritma buatan IG. Namun kini, Instagram menawarkan format timeline feed berdasarkan urutan kronologis ke pengguna sesuai urutan waktu postingan.

Format kronologis ini akan ditampilkan dalam 2 versi yang berbeda, yakni Following dan Favorites. Format Following memungkinkan pengguna melihat konten kronologis dari akun yang mereka ikuti.

Sementara Favorites, algoritma instagram akan memilih 50 akun yang paling disukai pengguna, sehingga timeline akan menampilkan konten dari 50 akun terfavorit secara kronologis berdasarkan waktu unggah.

Baca juga: Pengguna Instagram Bisa Pamer Koleksi NFT

Adapun untuk mengaktifkan kedua opsi ini, Anda harus membuka timeline utama lalu ketuk logo Instagram dan pilih apakah ingin melihat timeline kronologis di format Following atau Favorites.

Timeline Instagram Format Kronologis
2 Format Urutan Kronologis di Instagram

Perlu diingat bahwa 2 format kronoligis tersebut tidak mengubah timeline feed di halaman utama Instagram. Jadi saat Anda membuka aplikasi Instagram, pengguna masih mendapatkan timeline yang berdasarkan preferensi.

Sedangkan untuk melihat timeline format kronologis, pengguna harus memilih salah satu format kronologi yang tadi.

Meskipun format ini cenderung kurang praktis, tetapi cukup membantu untuk pengguna yang ingin melihat postingan terbaru berdasarkan urutan waktu.

Bos Instagram Penuhi Janji Hadirkan Format Kronologis 

Perlu diketahui bahwa di awal peluncurannya Instagram memberikan format kronologis di kolom feed. Namun pada tahun 2016 Instagram mengubah format timeline berdasarkan preferensi pengguna dengan teknologi algoritma.

Format ini memanfaatkan AI atau kecerdasan buatan untuk mengukur kesukaan dan interaksi pengguna di platform.

Baca juga: Fitur Moderator Akhirnya Hadir di Live Instagram

Sebagai contoh, saat pengguna lebih senang mengomentari dan menyukai postingan olahraga, maka timeline kebanyakan akan menampilkan topik yang sama.

Lalu setelah hampir 5 tahun mempertahankan format tersebut, Instagram bakal mengembalikan timeline ke format urutan kronologis.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Instagram Adam Mosseri ketika dengar pendapat di depan subkomite Senat Amerika Serikat pada Desember 2021 lalu.

Timeline Instagram Format Urutan Kronologis
Kepala Instagram Adam Mosseri

Mosseri mengklaim bahwa rencananya format kronologis akan aktif pada kuartal pertama tahun 2022 mendatang. Di akhir Maret 2022, Adam pun menepati janjinya dengan membawa format urutan kronologis di Instagram. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0