telset
spot_img

Timeline Instagram Berubah, Kembali ke Format Kronologis

Telset.id, Jakarta – Instagram feed sepertinya akan dirombak pada tahun depan. Dikabarkan, timeline Instagram akan kembali ke format kronologis sesuai urutan

Pada dasarnya, format timeline di Instagram ini kembali ke masa awal platform pimpinan Adam Mosseri ini. Sekadar informasi, pada 2016 Instagram mengubah format timeline dari kronologis menjadi preferensi pengguna.

Format ini memanfaatkan AI atau kecerdasan buatan untuk mengukur kesukaan dan interaksi pengguna di platform. Sebagai contoh, saat pengguna lebih senang mengomentari dan menyukai postingan olahraga, maka timeline kebanyakan akan menampilkan topik yang sama.

Namun format tersebut rencananya akan diubah. Ketika dengar pendapat di depan subkomite Senat Amerika Serikat, Adam Mosseri mengaku kalau perusahaan akan mengembalikan format timeline ke urutan kronologis.

Format yang mirip dengan timeline Twitter ini akan menampilkan postingan berdasarkan urutan waktu. Mosseri mengklaim bahwa rencananya format kronologis akan aktif pada kuartal pertama tahun 2022 mendatang.

Dalam rapat kongres kemarin, Adam Mosseri juga ditanya oleh para senator terkait masalah keselamatan anak di aplikasi. Menanggapi masalah tersebut Adam mengusulkan pembentukan badan industri terkait penanganan data pengguna anak-anak.

Baca juga: Instagram Kembangkan 3 Fitur Khusus untuk Remaja

Badan industri nantinya akan menentukan praktik terbaik atas penanganan data anak-anak dan kontrol orang tua, untuk membantu menjaga anak-anak tetap aman saat online.  Badan tersebut akan menerima masukan dari orang tua, regulator, dan masyarakat sipil, untuk menciptakan standar dan perlindungan universal.

Para senator tampak skeptis bahwa badan industri yang diusulkan Adam itu bisa efektif. Menurut Senator Richard Blumenthal (D-CT), Instagram lebih baik melakukan berbagai langkah untuk memberikan keamanan bagi anak ketika mengakses aplikasi tersebut.

Timeline Instagram Urutan Kronologis

Adam merespon Richard Blumenthal dengan fitur Take a Break. Fitur ini mengajak pengguna baik anak-anak atau orang dewasa untuk tidak mengakses aplikasi terlalu lama.

Fitur Take a Break meminta pengguna untuk menghentikan sejenak penggunaan aplikasi setelah mereka menggunakannya untuk jangka waktu tertentu. Selain itu Adam mengklaim bahwa lebih banyak fitur kontrol orang tua atas remaja dan anak yang dirilis tahun depan.

Baca juga: Cara Gunakan Fitur Take a Break di Instagram

Lagi-lagi fitur Take a Break mendapat kritik dari Richard yang menilai bahwa fitur tidak dapat mengurangi kecanduan anak-anak terhadap Instagram.

“Apa yang Anda sarankan sejauh ini kurang memuaskan. Itu tidak akan menyelamatkan anak-anak dari efek adiktif di platform Anda,” tutur Richard.

Well, patut dinantikan kebijakan Adam untuk mengubah timeline Instagram ke format kronologis seperti dahulu. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0