telset

Facebook Uji Coba Fitur Voice dan Video Call Lewat Aplikasi

Telset.id, Jakarta – Facebook melakukan uji coba fitur panggilan suara atau voice dan video call di aplikasi. Kabarnya kedua fitur ini sedang dalam tahap uji coba di beberapa negara seperti Amerika Serikat.

Selama ini untuk melakukan voice atau video call, pengguna Facebook dapat mengunduh aplikasi Facebook Messenger. Namun, baru-baru ini Facebook malah melakukan uji coba untuk fitur voice dan video call di aplikasi utama Facebook.

Baca juga: 10 Cara Praktis Download Video Facebook di HP Android dan PC

Dilansir Telset dari The Verge pada Selasa (24/8/2021), Facebook mengonfirmasi bahwa mereka sedang uji coba kedua fitur tersebut di aplikasi. Tujuannya untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi.

“Kami sedang menguji panggilan suara dan video di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat.  Fitur ini bertujuan untuk pengalaman perpesanan, audio dan panggilan video terlengkap,” ujar Facebook.

Bagaimana Nasib Facebook Messenger? 

Video call voice call Facebook Messenger
Ilustrasi Messenger

Menambahkan fitur voice dan video call ke aplikasi Facebook secara tidak langsung “mematikan” Messenger. Pasalnya Messenger memiliki fitur serupa, sehingga jika fitur resmi diluncurkan diprediksi para pengguna Messenger akan beralih ke aplikasi Facebook.

Baca juga: Facebook Berikan Dana Rp 14,4 Triliun untuk Kreator Konten

Bahkan uji coba ini memunculkan isu bahwa Facebook ingin menyatukan Messenger di aplikasi Facebook. Sayangnya Facebook belum memberikan pernyataan mengenai nasib Messenger jika kedua fitur tersebut, resmi dirilis.

Di sisi lain pihak Facebook Messenger mengatakan bahwa aplikasi justru sedang menyiapkan fitur-fitur baru. “Anda akan mulai melihat lebih banyak dari ini dari waktu ke waktu,” tulis tim Facebook.

Baru-baru ini Messenger memang baru saja merilis fitur baru. Pertama adalah Soundmoji. Lewat Soundmoji, Anda bisa mengirim klip suara pendek bersama emoji yang dikirimkan dalam obrolan Messenger.

Soundmoji menjadi bagian dari konten media di aplikasi Messenger yang dapat dikirim pengguna ke teman mereka di Facebook Messenger, selain fitur lainnya yang sudah ada sebelumnya, seperti stiker, gambar GIF, dan emoji.

Baca juga: Ikuti WhatsApp, Facebook Messenger Kini Dukung Enkripsi End-to-end

Saat ini Soundmoji baru tersedia di aplikasi Facebook Messenger versi mobile. Fitur ini belum ada di Messenger untuk Web atau desktop. Fitur kedua adalah enkripsi end-to-end di layanan panggilan video dan suara.

Dengan dipasangnya enkripsi end-to-end, maka pengguna bisa lebih aman dan nyaman ketika berkomunikasi di Messenger. Patut ditunggu kira-kira kapan fitur ini video call akan dirilis, dan bagaimana nasib Messenger. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0