Facebook Rilis Fitur Foto 3D, Apa Kelebihannya?

Telset.id, Jakarta – Facebook kembali merilis fitur baru Foto 3D dan video 360 derajat. Fitur Foto 3D di Facebook ini diklaim memberikan efek mendalam bagi pengguna. Maksudnya, pengguna Facebook bisa membagikan sebuah momen dengan lebih nyata.

Dengan fitur fitur Foto 3D ini, para pengguna bisa melihat foto anjing peliharaan beserta dengan lekuk tubuh anjing dan kondisi di sekitar foto tersebut.

Berdasarkan keterangan dari pihak Facebook seperti dilansir Telset.id dari Ubergizmo, tujuan Facebook merilis fitur tersebut supaya momen yang dibagikan pengguna bisa lebih “hidup”

Baca juga: Asyik! Facebook Group Kini Bisa Tampung 250 Orang

“Baik itu foto hewan peliharaan Anda, teman-teman Anda, atau tempat yang indah dari liburan terbaru Anda,” tulis Facebook.

Pengguna lainnya dapat melihat hasil foto 3D di feed versi mobile ataupun desktop dengan mengklik, menggeser foto atau menggerakan kepala untuk melihat foto dari sudut pandang yang berbeda. Hal ini memberi pengalaman seolah-olah Anda berada di dalam foto tersebut.

“Anda hanya mengambil foto dalam mode Portrait menggunakan smartphone dual-lensa yang kompatibel, lalu bagikan sebagai foto 3D di Facebook maka Anda dapat menggulir, menggeser dan memiringkan untuk melihat foto dalam 3D yang realistis seperti Anda melihat melalui jendela,” kata Facebook.

Baca juga: Pengguna Tunjukan Tampilan Baru Facebook Messenger

Hal yang sama juga dilihat dengan menggunakan headset Virtual Reality (VR). Pengguna bisa merasakan sensasi VR dalam sebuah foto ataupun video. Sayangnya kemampuan membuat foto 3D masih terbatas di perangkat iPhone yang memiliki dua kamera belakang.

Seperti diketahui seri iPhone yang memiliki dua kamera belakang adalah  iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus,  iPhone X dan iPhone XS. Hal ini yang membuat popularitas fitur ini masih dipertanyakan. Tetapi fitur tersebut akan memberikan sensasi baru ketika beraktifitas di media sosial.

Sebelumnya Facebook juga melakukan perubahan pada Facebook Group. Tak mau ketinggalan dari para pesaingnya, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini memungkinkan lebih banyak orang terlibat dalam ruang obrolannya.

Baca juga: Mirip Siri, Facebook Messenger Dilengkapi Pengontrol Suara

Tak tanggung-tanggung, Facebook Group disebut-sebut dapat menampung hingga 250 anggota sekaligus. Disini pengguna dapat membuat obrolan dan menanggapi pesan secara real-time.

Perubahan ini datang bersama fitur lainnya, seperti melakukan video call dengan maksimal 50 anggota sekaligus. Fitur ini tentu saja akan berguna bagi pengguna yang berada di lokasi berbeda, sehingga dapat melakukan komunikasi langsung secara tatap muka. [NM/HBS]

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here