Sah! Facebook Luncurkan “Instagram Reels”, Pesaing TikTok

Instagram Reels Pesaing TikTok

Telset.id, Jakarta  – Facebook akhirnya meluncurkan fitur baru di dalam Instagram bernama Reels pada Rabu (5/8/2020). Instagram Reels disiapkan sebagai pesaing TikTok, yang sudah sangat populer di seluruh dunia.

Instagram Reels sudah bisa digunakan para pengguna di Amerika Serikat dan lebih dari 50 negara lain mulai Rabu (5/8/2020) waktu setempat.

Sesaat setelah rilis, sejumlah selebritas langsung mencoba Reels. Aktris Jessica Alba, misalnya, memposting video keluarga sambil mempromosikan topeng Honest Company.

Tak hanya Jessica Alba yang sudah menjajal fitur tersebut, komedian Mindy Kaling juga kedapatan sedang memamerkan rutinitas “latihan” karantina via Reels.

Seperti dilansir Reuters, debut Reels terjadi beberapa hari setelah Microsoft sedang negosiasi untuk mengakuisisi TikTok.

{Baca juga: Nonton Video Klip Musisi Favorit Kini Bisa di Facebook Watch}

Dikutip Telset.id, Kamis (6/8/2020), peluncuran Reels meningkatkan pertarungan sengit antara Facebook dan TikTok. Mereka saling tuding. Mereka sangat berambisi untuk menarik minat remaja Amerika Serikat.

Pesaing TikTok Reels kali pertama diuji coba Facebook di Brasil pada 2018, kemudian Prancis, Jerman, dan India.

Pada waktu hampir bersamaan, Facebook juga mencoba aplikasi mandiri bernama Lasso yang akhirnya setop karena minim animo.

Mirip dengan model penggunaan TikTok, Reels memungkinkan pengguna untuk merekam video vertikal pendek yang ramah seluler, lalu menambahkan efek khusus dan soundtrack yang ditarik dari perpustakaan musik.

Kesamaan itu membuat Kepala Eksekutif TikTok, Kevin Mayer ,menyebut Reels sebagai “produk peniru” yang bisa meluncur di basis pengguna Instagram yang sangat besar setelah Lasso gagal dengan “bertempur”.

Selain Facebook, sebelumnya YouTube juga dilaporkan tengah menyiapkan fitur serupa untuk menyaingi TikTok. YouTube dikabarkan sedang mengujinya.

{Baca juga: Pesaing TikTok, YouTube ‘Shorts’ Mulai Diuji Coba}

Asal tahu saja, aplikasi video pendek TikTok mendulang kesuksesan sejak pertama hadir di hadapan pengguna. Saking populernya, aplikasi tersebut mengundang kontroversi. Muda maupun tua berlomba-lomba tampil di TikTok.

Dengan keberhasilan TikTok meraih kesuksesan dalam waktu singkat, banyak perusahaan mencoba menghadirkan aplikasi serupa demi mendulang cuan. Facebook dan YouTube beberapa diantaranya. [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here