Nonton Video Klip Musisi Favorit Kini Bisa di Facebook Watch

Facebook Klasik

Telset.id, Jakarta – Anda bisa menonton video klip original dari musisi internasional di Facebook Watch. Selama ini, pengguna hanya bisa menontonnya di YouTube atau saluran televisi, khususnya MTV.

“Hari ini, kami menambahkan cara baru bagi orang-orang untuk berkumpul bersama untuk menonton video klip asli lagu-lagu milik musisi di Facebook Watch,” terang Facebook, dilansir Ubergizmo.

Apabila membuka Facebook Watch, seperti dikutip Telset.id, Senin (03/08/2020), Anda akan melihat opsi bernama Music. Dari sana, Anda bisa menemukan banyak video klip milik artis berdasarkan genre.

{Baca juga: Cegah Hoaks, Perusahaan Media akan Pakai Watermark Digital}

Facebook mulai menyiapkan layanan itu pada 2019 bersama mitra di India dan Thailand. Sebelumnya, Facebook bernegosiasi dengan berbagai label rekaman untuk mendapatkan hak komersial.

Video klip Facebook Watch

Kehadiran layanan untuk menyaksikan video klip original dari musisi internasional membuat Facebook Watch menjadi penantang YouTube. Apalagi, Facebook Watch lebih memudahkan pengguna untuk menandai teman Anda dan membagikan reaksi video.

Facebook Watch mulai tersedia secara global pada akhir Agustus 2018. Sebelumnya, layanan video pesaing YouTube itu hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat saat diluncurkan pada 2017 lalu.

{Baca juga: Facebook Tambahkan Fitur Screen Sharing di Messenger}

Facebook meluncurkan Facebook Watch di tengah perubahan dalam kebiasaan menonton video dari televisi tradisional ke platform online, seperti Netflix dan Hulu. Tren tersebut lebih dulu dikomandoi YouTube.

Sebelumnya, Facebook sebagai perusahaan induk Instagram, akan merilis fitur Reels. Fitur yang disebut-sebut mirip TikTok itu kabarnya bakal hadir untuk pengguna Amerika Serikat (AS) pada Agustus 2020 mendatang.

{Baca juga: Ambil Momen, Instagram Reels Meluncur Bulan Depan}

Reels memungkinkan pengguna untuk membuat klip video berdurasi 15 detik. Reels juga akan memungkinkan video pengguna menjadi viral di feed bernama Top Reels, yang ada di bagian Explore di Instagram.

Untuk sementara, Reels baru tersedia di Prancis, Jerman, Brasil, serta India. Selain di AS, Instagram Reels juga akan hadir di seluruh dunia dalam waktu dekat. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here