telset

Facebook Luncurkan Pesaing Clubhouse, Namanya Live Audio Rooms

Telset.id, Jakarta – Giliran Facebook melahirkan aplikasi pesaing Clubhouse. Bernama Live Audio Rooms, aplikasi ini membawa fitur obrolan audio bagi toko dan grup publik tertentu.

Facebook Live Audio Rooms melakukan debutnya di Amerika Serikat. Aplikasi ini telah dihadirkan untuk beberapa pengguna iOS dan baru terbatas untuk tokoh dan grup publik saja.

Dikutip Telset dari Ubergizmo, Kamis (24/6/2021), Facebook mengatakan bahwa fitur Live Audio Rooms dan Podcast ini mempermudah pengguna untuk melakukan percakapan dengan tokoh terkenal atau ahli di dalam satu ruang obrolan audio.

“Live Audio Rooms Facebook memungkinkan Anda menemukan, mendengarkan, dan bergabung dalam percakapan langsung dengan tokoh masyarakat, pakar, dan lainnya tentang topik yang Anda minati,” tulis Facebook.

{Baca juga: Tanpa Ampun, Facebook Blokir Iklan Signal di Instagram}

Aplikasi pesaing Clubhouse dari Facebook ini juga bisa menampung sampai 50 pembicara. Nantinya, akan ada admin grup atau pembuat room yang dapat mengundang dan menentukan siapa saja yang berhak menjadi pembicara.

Pengguna bisa ikut bergabung sebagai pendengar dengan mengetuk postingan Live Audio Rooms yang berada di beranda akun pemiliki room. Mengenai jumlah pendengar, Facebook tidak membatasi jumlah pendengar sehingga room bisa diisi puluhan, ratusan, hingga ribuan pendengar.

Facebook Live Audio Rooms
Tampilan fitur Live Audio Rooms

“Tokoh masyarakat dapat mengundang teman, pengikut, tokoh masyarakat terverifikasi, atau setiap pendengar di ruangan itu untuk menjadi pembicara. Lalu pembuat room dapat mengundang pembicara terlebih dahulu atau selama percakapan. Bisa sampai 50 pembicara, dan tidak ada batasan jumlah pendengar,” tambah Facebook.

{Baca juga: Cara Gampang Mencegah dan Hapus Tag Link Porno di Facebook}

Nantinya hasil dari pembicaraan juga bisa direkam dan dijadikan konten podcast. Para pengguna bisa mengunjungi Beranda beberapa akun podcaster terkenal dan pengguna bisa memutar lagu konten podcast tersebut di aplikasi Facebook.

Facebook Luncurkan Fitur Mirip Clubhouse di Instagram

Sebelumnya, Facebook juga meluncurkan fitur pesaing Clubhouse di platform Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mematikan kamera di Instagram Live.

Dikutip Telset dari Engadget, Facebook sebenarnya merilis dua fitur di Instagram Live, yaitu fitur untuk mematikan kamera atau mematikan speaker saat Instagram Live. Dari keduanya yang menarik perhatian adalah fitur mematikan kamera.

Facebook Live Audio Rooms
Ilustrasi Instagram Live

Fitur itu mengingatkan kembali dengan aplikasi Clubhouse yang populer beberapa waktu lalu di iOS. Clubhouse memungkinkan pengguna dapat melakukan siaran langsung dalam format audio saja.

{Baca juga: Facebook Ikut-ikutan Rilis Fitur Mirip Clubhouse di Instagram}

Mungkin, melalui fitur mematikan kamera ini, pengguna Instagram bisa saling berkomunikasi secara langsung tanpa harus menampakkan wajah mereka.

Sayangnya hingga saat ini, Facebook belum memberikan tanggapan mengenai fitur yang mirip dengan Clubhouse di Instagram.

Kita tunggu saja mengenai perkembangan dari Facebook Live Audio Rooms. Semoga saja fitur tersebut bisa diluncurkan secara global khususnya di Indonesia. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0