10 Emulator Android Paling Ringan untuk PC “Spek Kentang”

Emulator Android Paling Ringan

Telset.id – Emulator Android paling ringan dan cepat bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin main game Android terbaik di laptop ataupun PC dengan “spesifikasi kentang”.

Sekadar informasi, emulator Android saat ini semakin modern saja. Jika biasanya aplikasi emulator membutuhkan spesifikasi minimum yang cukup tinggi, kini aplikasi emulator Android dapat digunakan pada PC spek rendah.

Terbukti dengan banyaknya aplikasi emulator Android ringan yang tersedia untuk netbook, laptop, ataupun PC dengan RAM mulai 1GB saja. Apa saja?

Rekomendasi Emulator Android Ringan dan Terbaik 2021

Dalam kesempatan kali ini, tim Telset akan membagikan pilihan aplikasi emulator Android paling ringan yang cocok untuk pengguna awam ataupun gamer yang ingin menjalankan permainan favorit di komputer mereka.

{Baca juga: Main PSP di Android? Ini Rekomendasi 4 Emulator PSP Terbaik}

Melalui emulator Android, Anda bisa melakukan banyak hal dibandingkan jika langsung menggunakan smartphone. Sebut saja, main game Android pakai mouse dan keyboard, chatting sambil bekerja, dan lainnya. Yuk simak rekomendasi dari kami!

1. BlueStacks 4

Emulator Android Paling Ringan
BlueStacks 4

Sampai saat ini, BlueStacks telah menjadi emulator yang paling populer. BlueStacks 4 juga menjadi emulator Android paling stabil dan sering mendapatkan update untuk meningkatkan kinerjanya.

Kabar baiknya, BlueStacks 4 dapat diunduh secara gratis dari situs resminya. Ada beberapa pilihan instalasi yang bisa Anda manfaatkan, seperti online installer maupun offline installer.

Link download BlueStacks 4: https://www.bluestacks.com/id/index.html

2. Bliss OS

Emulator Android untuk PC spek rendah
Bliss OS

Emulator Android yang cocok Anda gunakan adalah Bliss OS. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menjalankan sist operasi Android di PC atau laptop Anda.

Pastikan perangkat Anda kompatibel, jika tidak maka tidak akan berjalan dengan baik. Perlu diingat, Bliss OS dianggap sebagai ROM untuk developer, sehingga terkadang pengaturannya bisa cukup rumit bagi Anda.

Namun ketika dijalankan, Bliss OS menawarkan pengalaman terbaik tanpa adanya iklan atau emulator-spam yang merusak pengalaman Anda.

Link download Bliss OS: https://forum.xda-developers.com/android/software/bliss-os-x86-pc-s-12-x-development-t4004419

3. NoxPlayer

Download Emulator Android
NoxPlayer

Emulator Android satu ini terkenal di kalangan para gamer. NoxPlayer menawarkan fitur yang segudang, terutama fitur yang cukup membantu dalam bermain game Android di PC.

Di emulator Android ringan untuk gaming ini, Anda bisa bermain dengan dengan menggunakan keyboard dan mouse, bahkan joystick jika Anda memilikinya.

Pasalnya, NoxPlayer menyediakan fitur khusus yang memungkinkan Anda untuk mengatur fungsi di game Android menggunakan keyboard dan mouse.

Link download NoxPlayer: https://id.bignox.com/

{Baca juga: Cara Main PUBG di PC, Dengan atau Tanpa Emulator}

4. Droid4x

Emulator Android Paling Ringan dan cepat
Droid4x

Selanjutnya ada Droid4x yang jadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari emulator Android untuk PC dengan RAM 1GB. Droid4x bersifat terbuka, karena memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol, termasuk semua pengaturan dasar Android.

Bahkan, di sini ada dukungan add-ons yang memungkinkan Anda mengontrol game di komputer dengan smartphone. Lewat Droid4x, Anda pun dapat mengatur keyboard sebagai kontroler pada game Android yang dimainkan.

Link download Droid4x: https://droid4x.cc/

5. Andy

Emulator Android Ringan 1GB
Andy OS

Andy OS atau Andyroid merupakan emulator Android gratis yang ringan dan mudah digunakan. Andy OSmemiliki mekanisme navigasi yang lebih baik yang lebih responsif dengan mouse.

Namun demikian, Andy OS pernah terjerat kasus malware berjenis cryptominer yang tentu saja merugikan pengguna. Pihak developer telah berjanji kalau masalah itu tidak akan terulang kembali.

Link download Andy OS: https://www.andyroid.net/

6. LDPlayer

Emulator Android untuk Gaming
LDPlayer

Sama halnya dengan NoxPlayer, LDPlayer merupakan emulator Android yang dirancang khusus untuk kebutuhan gaming. Anda bisa main berbagai game Android terbaik dan populer di PC dengan aplikasi emulator satu ini.

LDPlayer menawarkan kinerja yang stabil dan juga fitur multitasking untuk memainkan dua game berbeda dalam waktu yang sama. Keren nih!

Link download LDPlayer: https://id.ldplayer.net/

{Baca juga: 15 Situs Download Game PC Gratis Terbaik dan Terlengkap}

7. KoPlayer

Emulator Android untuk Netbook
KoPlayer

KoPlayer juga layak disebut sebagai emulator Android paling ringan untuk kebutuhan gaming. Mirip seperti HP Android gaming terbaik, KoPlayer juga memiliki fitur yang membantu performa saat main game.

Selain untuk main game, KoPlayer juga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan berbagai aplikasi Android lainnya. Apalagi, emulator Android ini sudah mendukung Google Play Store.

Link download KoPlayer: https://koplayerpc.com/

8. MEmu

Emulator Android Paling Ringan dan cepat
MEmu

MEmu merupakan emulator Android paling ringan dan punya fitur yang tergolong lengkap. Meski rilis OS terbaru mereka baru Android Lollipop saja, tapi MEmu masih bisa diandalkan untuk main game atau menjalankan berbagai aplikasi ringan.

MEmu juga memiliki forum khusus untuk membantu pengguna memeriksa rilis OS baru, mengatasi masalah instalasi maupun fitur, dan lainnya.

Link download MEmu: https://www.memuplay.com/

9. Gameloop

Emulator Android untuk gaming
Gameloop

Pernah kenal Tencent Gaming Buddy? Nah, emulator besutan Tencent itu berganti nama menjadi Gameloop.

Sesuai namanya, emulator Android satu ini dikhususkan untuk gaming. Selain itu, Gameloop juga dapat dimainkan di PC atau laptop dengan spek yang terbatas.

Anda dapat main PUBG, dan game Android populer lainnya di menggunakan emulator Android paling ringan besutan Tencent ini.

Link download Gameloop: https://www.gameloop.com/id

10. Genymotion

Download Emulator Android Paling Ringan dan cepat
Genymotion

Terakhir, ada Genymotion yang sebenarnya pantas digunakan untuk para developer aplikasi. Melalui emulator Android terbaik satu ini, Anda bisa menyesuaikan versi sistem operasi sesuai kebutuhan.

Melalui fitur ini, Anda dapat menguji aplikasi atau game buatan sendiri di berbagai perangkat ataupun sistem operasi tertentu tanpa harus memiliki smartphone tersebut. Mudah kan?

Link download Genymotion: https://www.genymotion.com/

Nah, itu tadi rekomendasi emulator Android paling ringan dan terbaik 2021 yang bisa Anda gunakan di PC atau netbook spek rendah dengan RAM minimal 1GB.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjalankan aplikasi atau game Android di komputer. Selamat mencoba! (MF)

1 KOMENTAR

  1. TUNAI4D merupakan salah satu situs togel online terpercaya seindonesia dengan minimal deposit hanya Rp 5.000 saja
    https://linktr.ee/Tunaii4d

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here