APPS

Google Siapkan Emoji Animasi yang Bisa Kustom untuk Android

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Google sedang menggarap proyek emoji generasi berikutnya, dalam format animasi yang bisa dikustomisasi. Emoji Android baru ini merupakan bagian dari proyek Noto Emoji yang digarap Google.

Di tahap pertama, ada 31 emoji baru untuk mengejar Unicode 15.0 (total 3.664), yang semuanya akan tersedia gratis di Android dan proyek Google lainnya awal tahun depan.

Seperti dikutip Telset dari GSMArena, Jumat (16/9/2022), salah satu peningkatan terbesar dalam emoji baru ini adalah dukungan untuk animasi. Itu artinya, emoji Android mendatang bisa bergerak. Anda bisa melihat beberapa contohnya di bawah ini.

Anda juga dapat melihat semua animasi yang saat ini tersedia di sini. Semua emoji tersebut sudah tersedia untuk diunduh sebagai GIF dan file video, dan bisa langsung menggunakannya di HP Android Anda.

BACA JUGA:

Google juga beralih ke format font baru yang disebut COLRv1, yang merupakan gambar vektor sehingga dibuat untuk file font yang lebih kecil. Misalnya set ikon “Twemoji” Twitter turun dari 9MB menjadi 1,85MB, tapi emoji tersebut tetap tajam ketika ditingkatkan.

Emoji COLRv1 dapat menggunakan gradien halus dan warnanya dapat disesuaikan untuk boot. Saat ini warna hanya dapat dimodifikasi oleh aplikasi atau browser.

Hal tersebut adalah cara sederhana bagi aplikasi untuk membawa beberapa pewarnaan merek ke emoji dan dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan, seperti misalnya emoji mode malam yang cepat dan mudah.

Hal tersebut adalah cara sederhana bagi aplikasi untuk membawa beberapa pewarnaan merek ke emoji dan bisa dipakai untuk  emoji mode malam.

Satu batasan penting dari teknologi saat ini adalah Anda tidak dapat kirim emoji berwarna khusus. Solusi sementara, Anda pakai fitur Emoji Kitchen.

Anda bisa menggunakan fitur Emoji Kitchen di papan ketik Gboard dan membuat stiker emoji secara khusus yang dapat dikirimkan sebagai pengganti.

Google tidak menjelaskan apakah emoji baru dengan format animasi yang bisa dikustomisasi akan tersedia untuk semua perangkat Android atau tidak.

Ada kemungkinan, emoji baru yang sedang dikembangkan oleh Google tersebut bakal bisa diakses oleh semua perangkat Android tanpa terkecuali.

Beberapa waktu lalu, emoji baru sebanyak 31 karakter bakal hadir di iOS dan Android pada tahun depan. Konsorsium Unicode sedang mempertimbangkannya.

Emoji baru sebanyak 31 karakter yang kemungkinan bakal hadir di iOS dan Android termasuk wajah gemetar, mendorong tangan, hingga hati merah muda.

BACA JUGA:

Konsorsium Unicode sedang mempertimbangkan berbagai karakter. Di sana ada hati biru muda, hati abu-abu, keledai, rusa besar, hingga burung hitam.

Ada pula ubur-ubur, jepit rambut, maracas, seruling, kipas tangan lipat, kacang polong, eceng gondok, jahe, angsa, sayap, dan khanda dalam daftar Unicode. [SN/HBS]

 

Leave a Comment