Canggih! Ekstensi Chrome Bisa Sensor “Hate Speech”

Telset.id, Jakarta – Saking menjamurnya penyebaran konten negatif dan hate speech di media sosial, telah membuat Facebook, Google dan lainnya berusaha keras untuk membersihkannya dari layanan mereka. Nah, selain upaya untuk menumpas ujaran kebencian, ada satu ekstensi di browser Google Chrome yang juga memiliki fungsi yang hampir sama.

Adalah Soothe yang merupakan ekstensi yang memiliki kemampuan untuk mem-blur-kan atau memberi sensor pada konten negatif yang berisi rasis, hate speech, dan konten negatif lainnya yang mungkin bisa dilihat oleh penggunanya.

[Baca juga: Trik Dapatkan Google Chrome Dark Mode]

Hanya dengan memilih kategori yang ingin disensor, maka Soothe akan mengaburkan (blur) bagian tulisan atau kata-kata yang berisi hal-hal negatif tersebut secara otomatis.

Lantas bagaimana cara kerja Soothe sehingga bisa membedakan mana kata-kata negatif dan mana kata-kata yang masih memiliki taraf aman? Dilansir dari The Next Web, ekstensi ini menggunakan algoritma analisis sentimen yang mampu mengenali tidak hanya perkata saja tapi juga perkalimat.

[Baca juga: Cara “Pindahkan” Address Bar Chrome Android ke Bawah]

Soothe sendiri masih dalam tahap pengembangan dan masih berstatus Beta. Namun menurut sang developer, Niko Draca, ekstensi tersebut sebentar lagi akan hadir dalam versi lengkap atau sempurna. Tapi bagi Anda yang penasaran cara kerjanya, Anda sudah bisa mengunduhnya dan menggunakannya langsung. [FHP/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here