Gara-gara Fitur Telemoji, Apple Tunda Update Telegram

Telset.id, Jakarta – Apple menunda update aplikasi Telegram di App Store. Penundaan ini dilakukan terkait fitur baru Telegram yang dinilai bermasalah bagi perusahaan asal Cupertino tersebut.

Sejak Apple meluncurkan App Store, pengembang besar dan kecil telah terjebak dalam proses persetujuan perusahaan dan aplikasi mereka tertunda atau dihapus sama sekali.

Salah satu aplikasi yang menerimaan penundaan itu adalah Telegram. Dikutip Telset dari Engadget pada Minggu (14/8/2022), CEO Telegram Pavel Durov awalnya pada 10 Agustus 2022  mengatakan bahwa update Telegram di App Store terjebak dalam proses peninjauan.

Selama 2 minggu Apple masih melakukan pratinjau tanpa keterangan yang jelas, sehingga Telegram tidak dapat memberikan pembaruan ke pengguna iPhone. Selanjutnya Pavel Durov pun menunggu selama 2 minggu tanpa keterangan yang jelas.

Pada 12 Agustus 2022, Pavel menemukan jawaban. Dimana ternyata alasan Apple menunda update Telegram di App Store karena fitur Telemoji yang ada di aplikasi berlogo pesawat kertas tersebut.

BACA JUGA:

Perlu diketahui bahwa Telemoji merupakan fitur emoji yang diklaim memiliki animasi vektor berkualitas tinggi, dibandingkan emoji pada umumnya.

Sayangnya meski menawarkan animasi berkualitas tinggi, Telemoji dinilai mirip dengan set emoji dasar yang digunakan Apple sehingga fitur tersebut harus diperbaiki lagi agar lolos pratinjau dari Apple khususnya App Store.

Pavel Durov pun menyindir kebijakan Apple soal Telemoji, sebab fitur tersebut sebenarnya dapat memperkaya ekosistem di Apple.

“Ini adalah langkah yang membingungkan atas nama Apple, karena Telemoji akan membawa dimensi baru ke emoji resolusi rendah statisnya dan akan secara signifikan memperkaya ekosistem mereka,” tulis Durov dalam postingannya.

BACA JUGA:

Meski menyindir kebijakan Apple tersebut, Telegram berjanji akan melakukan perbaikan terhadap fitur Telemoji supaya lebih unik dan lebih dapat dikenali. Sayangnya belum diketahui sampai kapan perbaikan fitur Telemoji itu selesai, sehingga pengguna iOS harus menunggu lebih lama untuk melakukan update aplikasi Telegram. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0