telset
spot_img

Aplikasi Streaming Palsu Beredar di App Store, Tipu Jutaan Pengguna

Telset.id, Jakarta – Apple memberikan peringatan kepada para pengguna iPad dan iPhone terkait masalah privasi dan keamanan. Pihak Apple menemukan adanya aplikasi streaming film palsu dan ilegal di App Store yang telah di-download jutaan pengguna iPhone maupun iPad.

Masalah peredaran aplikasi ilegal atau mengandung unsur penipuan tidak hanya ramai di Google Play Store saja. Apple ternyata juga menghadapi masalah serupa di toko aplikasinya.

Melansir The Sun, Senin (3/1/2022), salah satu Developer di Apple, Kosta Eleftheriou mengungkapkan bahwa di App Store disusupi serangkaian aplikasi streaming film palsu dan ilegal.

Baca Juga: iPhone 15 Pro Tampil “Portless”

Eleftheriou memperlihatkan serangkaian aplikasi streaming film palsu yang mengklaim diri mereka sebagai layanan yang sah. Aplikasi tersebut bahkan menggunakan cuplikan film dan filter foto untuk mengelabui pengguna.

Aplikasi ini mendorong pengguna untuk memasukkan kode atau membagikan aplikasi ke pengguna lainnya dan menjanjikan lebih banyak fitur akan bisa diakses.

Ada juga layanan premium atau berlangganan seperti layaknya aplikasi streaming film dan menawarkan pembayaran melalui Apple Pay.

Eleftheriou menyatakan bahwa aplikasi tersebut telah beredar di App Store selama berbulan-bulan, meskipun ulasan negatif mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut ilegal.

Baca Juga: Caviar Rilis iPhone 13 Anti Peluru

Makin parahnya lagi, aplikasi tersebut justru dipromosikan oleh influencer yang ada di media sosial dan memiliki jutaan followers. Tentunya ini berpotensi telah diunduh oleh banyak pengguna iPhone dan iPad.

“Sementara Apple gagal mengawasi App Store-nya, aplikasi ini telah mengumpulkan lebih dari 2 juta unduhan dan sekarang menghasilkan 16.000 unduhan per hari dan mendapatkan sekitar USD 6 juta per tahun,” kata Eleftheriou.

Sementara itu Apple telah mengakui temuan Eleftheriou dan dilaporkan bahwa perusahaan teknologi asal Cupertino tersebut telah menghapus semua aplikasi ilegal yang ditemukan olehnya.

Apple Izinkan Pengguna Berikan Rating di App Store

aplikasi streaming palsu

Informasi penting mengenai adanya aplikasi streaming film palsu di App Store juga tak lepas dari adanya review dari pengguna.

Pengguna iPhone ataupun iPad akhirnya sudah bisa memberikan rating untuk aplikasi di App Store. Fitur ini sudah sejak lama ada di platform toko aplikasi pesaing seperti Google Play Store.

Selama bertahun-tahun, Apple telah mengizinkan pengguna download banyak aplikasi dan game di App Store. Sayangnya pengguna tidak berikan kesempatan untuk memberikan review terhadap aplikasi yang dipakai.

Baca Juga: Apple Izinkan Kasih Rating di App Store

Beruntung kini fitur rating aplikasi muncul di App Store. Pengguna bisa membuat penilaian sesuai pengalaman mereka terhadap aplikasi dan game di App Store.
Kehadiran fitur rating di App Store menjadi langkah positif yang diambil Apple. Dengan begitu, review dari pengguna bisa menjadi referensi pengguna lainnya sebelum melakukan pengunduhan.
Sedangkan bagi pengembang, berbagai ulasan pengguna bisa menjadi masukan untuk perbaikan aplikasi ke depannya. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0