Aplikasi Ini Bisa Ubah Font Sistem iOS 16 Tanpa Jailbreaking

Telset.id, Jakarta  – Aplikasi iPhone gratis buatan pengembang Zhuowei Zhang memungkinkan pengguna untuk mengubah font sistem iOS 16. Ini dapat dilakukan tanpa perlu melakukan jailbreak iPhone.

Untuk diketahui, iOS selama ini dikenal kurang fleksibel. Tidak seperti Android, sistem operasi milik Apple ini mengunci beberapa fitur untuk pengalaman seragam para pengguna.

Kendati menghasilkan kinerja konsisten, hal itu hanya menyisakan sedikit ruang untuk personalisasi. Zhang pun mencoba membuat aplikasi khusus.

Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengubah font sistem iOS tanpa perlu melakukan jailbreak iPhone.

BACA JUGA:

Aplikasi karya Zhang berfungsi di iOS 16.1.2 dan di bawahnya di ponsel yang tidak di-jailbreak serta menyertakan sembilan font untuk eksperimen.

Zhang dengan akun Twitter @zhuowei memposting tautan pada 26 Desember 2022. Sejak saat itu, ia menambahkan lebih banyak font ke dalamnya.

Aplikasi proof-of-concept menimpa font sistem iOS default, yakni San Francisco, memakai eksploitasi keamanan dengan nomor kode CVE-2022-46689.

Menurut Zhang, seperti Telset kutip dari Gadgets360, pada Jumat (30/12/2022), penggantian font hanya sementara.  Perubahan dibatalkan setelah reboot.

Namun begitu, Zhang menyarankan kepada para pengguna iPhone untuk mencadangkan perangkat sebelum menggunakan aplikasi buatannya tersebut.

Eksploitasi pun hanya memengaruhi teks tertentu, tidak berlaku untuk semua sistem. Zhang telah memposting tangkapan layar menu pengaturan iPhone.

Ia juga memposting aplikasi Apple Music, layanan App Store, aplikasi Messages, aplikasi Contacts, dan Weather dengan teks yang menampilkan font baru.

Font dalam aplikasi termasuk DejaVu Sans Condensed, DejaVu Serif, DejaVu Sans Mono, Go Regular, Go Mono, Fira Sans, Segoe UI, Comic Sans MS, Choco Cooky.

Zhang telah mengundang pengembang lain untuk menggunakan kode di GitHub dan menambahkan lebih banyak lagi ke aplikasi apabila memang diinginkan.

BACA JUGA:

Ia memposting rilis final WDBFontOverwrite pada Kamis, yang memungkinkan pengguna mengimpor font khusus yang telah di-porting ke sistem operasi iOS.

Meskipun demikian, aplikasi tersebut tidak tersedia di iOS 16.2 lantaran pembaruan memperbaiki kerentanan yang dieksploitasi oleh aplikasi karya Zhang.

Apple tidak mengizinkan pengguna mengubah font atau tema secara default di perangkat iOS. Tapi, hal yang sama bisa dilakukan resmi di perangkat Android. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0