Makin Banyak Opsi, Apple Izinkan App Store Pihak Ketiga di iPhone

Telset.id, Jakarta – Sebuah laporan menyebutkan bahwa Apple sedang bersiap untuk mengizinkan dukungan App Store dari pihak ketiga untuk perangkat iPhone dan iPad di Uni Eropa.

Apple memang sangat membatasi para penggunanya dalam hal menginstal aplikasi di perangkat iPhone maupun iPad mereka. Jadinya, setiap aplikasi yang diinstal pada iPhone dan iPad hanya bisa melalui Apple App Store.

Bahkan setiap transaksi pembelian aplikasi yang terjadi lewat Apple App Store akan dikenakan komisi oleh Apple.

Kini menurut laporan dari Bloomberg tampaknya pengguna di Uni Eropa akan memiliki lebih banyak pilihan untuk menginstal aplikasi di iPhone dan iPad mereka.

BACA JUGA:

Perkembangan tersebut terjadi saat raksasa teknologi asal Cupertino ini sedang mengikuti  undang-undang mengenai persaingan baru di Uni Eropa.

Undang-Undang Pasar Digital memiliki aturan yang dirancang untuk menciptakan suasana persaingan yang adil dan terbuka di dalam dunia digital. Untuk perusahaan besar yang gagal mematuhi peraturan tersebut akan dikenakan denda hingga 10% dari pendapatan global mereka.

Apple sedang berupaya untuk mematuhi peraturan tersebut dan akan memungkinkan para pengguna iPhone dan iPad untuk menginstal aplikasi lewat layanan penyedia aplikasi pihak ketiga tanpa melalui App Store milik Apple.

Selama ini ketika pengguna ingin menginstal aplikasi ada batasan dari Apple dan juga ada komisi sampai 30% yang dikenakan pada saat melakukan pembelian di Apple App Store.

Di sisi lain, Google dan Samsung juga memiliki app store mereka sendiri, walaupun mereka mengizinkan pengguna mengunduh aplikasi dari app store pihak ketiga. Yang mana para pengguna dapat mengunduh aplikasi dari mana saja tidak terbatas dari app store buatan mereka.

Sementara itu, Apple membatasi para penggunanya untuk mengunduh aplikasi di luar Apple App Store dengan alasan keamanan, tetapi mereka kemungkinan besar akan mempertahankan kebijakan komisi 30% ketika melakukan transaksi di layanannya.

BACA JUGA:

Apple memang sedang mengalami beberapa masalah dalam beberapa tahun ini karena membatasi dalam hal mengunduh dan menginstal aplikasi di iPhone.

Menanggapi kebijakan pembatasan ini ada beberapa perusahaan, seperti Epic Games dan Spotify yang mengajukan tuntutan hukum kepada Apple mengenai pembatasan ini.

Selain itu, beberapa raksasa teknologi seperti Facebok, Twitter dan lainnya juga secara terbuka mengkritik Apple. [FY/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0