Home APPS 12 Aplikasi Belajar Online Terbaik 2021, Belajar dari Rumah Gratis!

12 Aplikasi Belajar Online Terbaik 2021, Belajar dari Rumah Gratis!

Telset.id – Selama pandemi Covid-19, pemerintah membuat aturan bagi siswa belajar dari rumah dengan aplikasi daring. Anda bisa memilih aplikasi belajar online yang kami rekomendasikan ini untuk digunakan anak Anda belajar dari rumah.

Imbauan Presiden Jokowi agar warga melakukan kegiatan dari rumah, sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Virus Corona berlaku pula bagi para siswa dan sekolah.

Sebagai gantinya, mereka bisa mengakses sejumlah aplikasi belajar daring agar bisa belajar dari rumah dengan maksimal.

Belajar dari rumah sendiri, tak ubahnya bekerja dari rumah, menjadi hal yang sangat mungkin saat ini. Apalagi dengan begitu banyaknya aplikasi belajar online di luar sana, yang tidak hanya bisa diakses melalui laptop atau PC, tetapi juga smartphone dan tablet.

Kabar baiknya nih, demi mendukung kebijakan Presiden Jokowi, sejumlah aplikasi belajar online bahkan menawarkan akses gratis bagi para siswa. Beberapa diantaranya seperti Kelas Pintar, Ruangguru dan lainnya.

12 Aplikasi Belajar Online Terbaik 2021

Ada 12 aplikasi pembelajaran daring atau aplikasi belajar online yang direkomendasikan oleh Kemendikbud untuk bisa digunakan dan sudah siap diakses oleh siswa di seluruh Indonesia.

Nah, berikut ini 12 aplikasi belajar online tersebut yang bisa digunakan para siswa untuk belajar dari rumah.

1. Kelas Pintar 

Kelas Pintar

Yang pertama adalah Kelas Pintar. Aplikasi belajar online yang dikembangkan oleh Extramarks Education Indonesia ini menawarkan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa akses setiap hari. Siswa bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik.

{Baca juga: Sekolah Diliburkan, Kelas Pintar Berikan Layanan Belajar Online Gratis}

Terdapat 2 fitur unggulan dari Kelas Pintar:

  1. Fitur Tanya

    Memungkinkan para siswa untuk berinteraksi dengan guru-guru dari Kelas Pintar dalam mengerjakan dan menjawab soal.

  2. Fitur Soal

    Berisi puluhan ribu materi soal terbaik untuk membantu siswa mempersiapkan diri dalam menghadapi Ulangan Harian, Ujian Semester, maupun Ujian Nasional.

Kelas Pintar juga ikut menawarkan layanan gratis demi mendukung kegiatan belajar dari rumah. Selama 1 bulan ke depan aplikasi ini bisa diakses siswa dan guru secara gratis. Selain itu, ada penambahan jam operasional fitur Tanya menjadi 2 sesi pada pukul 09:00 – 12:00 dan 18:00 – 21:00 untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

2. Ruangguru 

Ruang Guru

Rekomendasi berikitnya adalah Ruangguru. Aplikasi belajar online ini hadir sejak tahun 2014 ini menawarkan berbagai fitur yang dapat menunjang aktifitas siswa selama belajar dari rumah. Ruangguru menyediakan video belajar dengan animasi, latihan soal dan pembahasan serta rangkuman dalam bentuk infografis.

Tak hanya itu, platform ini juga memotivasi siswa untuk belajar melalui Ruangguru Adventure. Fitur ini mengajak para siswa untuk mengumpulkan poin dengan cara menonton video dan mengerjakan soal sebanyak-banyaknya. Poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan digital item yang menarik.

Untuk mendukung kebijakan Pemerintah, Ruangguru meluncurkan Sekolah Online Ruangguru Gratis, yang memungkinkan para siswa mengikuti pembelajaran secara online setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa.

Sekolah yang dibuka sejak 16 Maret 2020 ini memungkinkan siswa mengikuti pembelajaran dari pukul 08.00 – 12.00 WIB, melalui 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional.

{Baca juga: Telkomsel Bagikan Paket 30GB Gratis untuk Akses Ruangguru}

3. Zenius 

Zenius

Aplikasi yang identik dengan warna kuning ini merupakan aplikas belajar online yang menawarkan beragam materi pembelajaran dari tingkat SD hingga SMA.

Zenius memiliki lebih dari 74 ribu video pembelajaran yang disajikan oleh tutor-tutor lulusan universitas ternama dari dalam dan luar negeri. Zenius juga memiliki ratusan ribu soal dan video pembahasan yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan belajar siswa.

Zenius juga mendukung kebijakan belajar dari rumah. Mereka memberikan akses gratis ke 80 ribu video pembelajaran di seluruh platform-nya tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses para siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN).

{Baca juga: Antisipasi Corona, 7 Aplikasi Belajar Online Berikan Layanan Gratis}

4. Quipper

Quipper

Quipper adalah aplikasi belajar daring lainnya yang bisa menjadi rekomendasi siswa untuk belajar dari rumah. Lewat Quipper Video, platform menawarkan video animasi, latihan soal lengkap dan Super Teachers berkualitas.

Quipper juga memungkinkan para siswa untuk bertanya kepada tutor melalui Quipper Video Masterclass dan Quipper School untuk mengerjakan tugas dari guru secara online.

Sebagai aplikasi belajar online, Quipper juga mendukung kebijakan belajar dari rumah. Mereka memberikan  akses gratis berupa video pembelajaran dan materi soal pada platform Learning Management Systems (LMS) di Quipper School.

Lewat Quipper, para guru dan siswa akan dapat mengakses lebih dari 10 ribu video dan 75 ribu soal yang mencakup materi Kelas 9 SMP hingga 12 SMA. Selain dapat diakses secara gratis, guru dapat memberikan tugas, ujian, atau try out kepada siswa secara online.

{Baca juga: Telkomsel Ajak Startup Edutech Gabung ke Ilmupedia}

5. GreatEdu

GreatEdu

GreatEdu adalah aplikasi belajar online yang mengusung konsep Digital Crowd Learning. Artinya disini GreatEdu membantu pelajar, guru, pemilik ilmu maupun pemilik skill agar bisa berbagi pengetahuan, mengajar dan belajar apapun dalam satu aplikasi.

Aplikasi ini juga menawarkan ratusan video dan artikel pembelajaran untuk para siswa. Melalui GreatEdu siswa juga dapat berlatih soal dan bertanya jika mengalami kesulitan dalam pembelajaran.

Uniknya, aplikasi belajar daring ini juga memungkinkan siswa untuk mencari tutor jika ingin melakukan pembelajaran secara tatap muka.

6. Sekolahmu

Sekolahmu

Sekolahmu adalah aplikasi belajar online yang menggabungkan metode online dan offline. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan siswa untuk belajar dari rumah. Misalnya fitur Tanyamu yang memungkinkan para siswa bertanya berbagai latihan soal atau tugas rumah.

Lalu fitur Ujianmu yang memungkinkan siswa memperoleh pemahaman belajar yang lebih terstruktur untuk menghadapi berbagai ujian pendidikan. Terakhir ada fitur Kelasmu dimana siswa dapat menentukan sendiri jadwal dan lokasi kelas dimana akan mulai belajar, tanpa khawatir mengganggu aktivitas rutin.

Selama kebijakan sekolah dari rumah berlangsung Sekolahmu juga menawarkan program pembelajaran online gratis kepada siswa dan guru. Tak lupa, disini kita juga bisa mendapatkan edukasi mengenai wabah Virus Corona.

7. Rumah Belajar

Rumah Belajar

{Baca juga: Kemendikbud dan Netflix Kirim 15 Penulis Indonesia ke Hollywood}

Terakhir adalah Rumah Belajar. Aplikasi belajar online ini dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Konten pembelajaran yang disediakan sendiri bentuknya berbasis audio, video, gambar, dan animasi dengan penyajian yang interaktif. Semua materi tersebut bisa diakses oleh para siswa secara gratis.

8. Google for Education

Google juga mendukung program belajar di rumah dengan memperkenalkan aplikasi belajar online bernama Google for Education. Aplikasi pembelajaran daring ini dibuat untuk membantu para siswa belajar online, terutama di daerah-daerah yang susah sinyal Internet.

Dalam mendukung program pembelajaran daring, Google for Education menyediakan layanan menggunakan Chromebooks dan G-Suite. Aplikasi edukasi ini memungkinkan siswa untuk tetap bisa belajar online, meskipun dengan jaringan Internet lemah. Layanan Google for Education dapat diakses via https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/.

9. Icando

Aplikasi belajar online Icando memiliki program belajar dari yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi. Materi pembelajaran dari yang dikembangkan secara komprehensif dengan ratusan minigames.

Cara itu dilakukan agar aplikasi edukasi ini bisa membantu meningkatkan motivasi belajar anak-anak di jenjang PAUD. Buat Anda yang tertarik dengan aplikasi belajar online gratis ini, bisa mengunduhnya di bit.ly/appicando

10. MejaKita

MejaKita merupakan aplikasi belajar online yang menyakikan  materi pembelajaran dari secara tematis dan dilengkapi forum diskusi yang dapat dimanfaatkan siswa untuk tanya jawab. MejaKita menyediakan materi pembelajaran daring dari SD-SMA yang gratis dan cukup lengkap.

Selain itu, aplikasi edukasi ini juga menyediakan ribuan catatan yang sudah diunggah oleh murid-murid di komunitas pelajar di seluruh Indonesia. MejaKita membantu para siswa yang harus belajar dari rumah untuk tetap bisa berdiskusi pekerjaan rumah, materi soal dan tugas, serta berbagi catatan dan materi pembelajaran lainnya. Aplikasi belajar online ini bisa diunduh di https://mejakita.com/

11. Microsoft Office 365

Microsoft tidak mau ketinggal meluncurkan produk aplikasi belajar online bernama Microsoft Office 365. Aplikasi edukasi ini dapat digunakan oleh guru dan para siswa secara gratis, bukan versi percobaan.

Aplikasi belajar online gratis dari Microsoft Office 365 ini dapat diakses dan diperbarui secara realtime termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Team. Ada juga disediakan fitur ruang kelas lainnya, sehingga guru dan siswanya hanya perlu menyiapkan alamat email dengan domain sekolah. Anda bisa mengunduh aplikasi pembelajaran dari ini di https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office.

12. IndonesiaX

Aplikasi belajar online berikutnya adalah IndonesiaX. Aplikasi edukasi yang diluncurkan pada 17 Agustus 2015 ini sudah cukup lama mendukung penyediaan akses belajar untuk masyarakat melalui kursus-kursus berkualitas yang diberikan oleh instruktur berpengalaman.

Selama masa pandemi Covid-19, IndonesiaX ikut aktif membantu para siswa sekolah yang harus belajar di rumah selama pandemi. Aplikasi pembelajaran ini menyediakan kursus daring gratis untuk mengurangi disparitas atau kesenjangan pendidikan di Indonesia.

Nah, itu tadi 11 aplikasi belajar online yang kami rekomendasikan untuk bisa digunakan belajar secara daring di rumah. Semoga rekomendasi ini bermanfaat, dan tetap jaga kesehatan ya. [NM/IF]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version