Kemendikbud dan Netflix Kirim 15 Penulis Indonesia ke Hollywood

Kemendikbud Netflix
Kerjasama antara Kemendikbud dan Netflix (Naufal/Telset.id)

Telset.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Netflix akan mengirim 15 penulis skenario Indonesia ke Hollywood. Rencananya kegiatan ini akan berlangsung pada bulan Maret mendatang.

Menurut Mendikbud, Nadiem Makarim program ini merupakan bentuk kemitraan Netflix dan Kemendikbud. Fokus dari kemitraan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kreatif di bidang penulisan kreatif, pelatihan pasca produksi serta pengembangkan cerita film pendek.

“Ini baru step pertama dari suatu program kebudayaan yang bersifat lebih inovatif. Ini adalah inisiatif pertama yakni pelatihan 15 penulis script ke Hollywood,” ujar Nadiem di Kantor Kemendikbud Jakarta, Kamis (09/01/2020).

{Baca juga: Terkait Pemblokiran, Netflix Masih Berdiskusi dengan Telkom}

Nadiem mengatakan jika Netflix akan melakukan investasi sebesar USD 1 Juta atau Rp 14 Miliar untuk mendukung pertumbuhan film Indonesia. Selain melakukan pelatihan kepada 15 penulis, Netflix tahun ini juga akan memberikan pelatihan menulis cerita film pendek di Indonesia kepada 100 penulis.

Setelah mendapat pelatihan, mereka akan ditantang untuk mengikuti kompetisi membuat film bertemakan Pancasila. Para peserta ditantang untuk membuat sebuah ide cerita film dan bagi yang terpilih  akan mendapatkan hadiah dan dana untuk memproduksi film tersebut.

“Akan ada kompetisi film pendek yang akan diselenggarakan oleh Netflix dan temanya adalah asas-asas Pancasila dan itu sangat exciting juga bagi kami. Akan ada hadiah produksi, budget produksi sebesar USD$ 600 ribu ya, dan itu lumayan ya untuk membuat film-film pendek itu,” ujar Nadiem.

{Baca juga: Netflix Masih Diblokir, Menkominfo: Nonton TV Saja}

Nadiem juga mengatakan jika kolaborasi ini bertujuan agar film Indonesia bisa semakin berkembang dan bisa menembus industri film dunia. Apalagi Netflix telah memiliki 139 juta pengguna di seluruh dunia.

“Nah itu kenapa penting Netflix, karena Netflix itu skala distribusinya global sehingga, apalagi cara kita untuk menunjukkan telanta perfilman indonesia kalau tidak melakui Netflix,” tutup Nadiem. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here