Home APPS 15 Aplikasi yang Wajib Ada di HP Pendaki Gunung

15 Aplikasi yang Wajib Ada di HP Pendaki Gunung

Telset.id, Jakarta – Mendaki gunung menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menjadi tren di kalangan anak muda yang menyukai aktifitas luar ruang. Untuk mendukung kegiatan tersebut, ada aplikasi pendaki gunung yang bisa jadi alat penunjang kalian.

Biasanya, para pendaki gunung saat akan melakukan pendakian sudah mempersiapkan berbagai peralatan dan kebutuhan selama dalam pendakian, karena selama di perjalanan menuju puncak gunung, tidak ada yang berjualan.

Seperti misalnya tali, tenda, makanan, minuman secukupnya, obat-obatan, pelindung tubuh, alat memasak, dan lainnya. Biasanya, kebutuhan para pendaki semuanya telah dipersiapkan di dalam tas carrier.

Perlengkapan yang dibawa oleh para pendaki biasanya seperti makanan, minuman secukupnya, obat-obatan, pelindung tubuh, tenda, alat memasak, dan lain sebagainya.

Namun di era digital, perlengkapan untuk para pendaki gunung juga semakin canggih. Jika dulu mereka kemana-mana harus membawa kompas, sekarang sudah ada aplikasi pendaki gunung yang diunduh di smartphone.

Aplikasi naik gunung yang ada di Play Store dan Apple App Store ternyata bisa membantu pendaki ketika naik gunung. Fungsinya juga beragam, tapi rata-rata berguna untuk mengetahui arah dan merekam rute pendakian.

{Baca Juga: Catat, Ini 4 Aplikasi dan Situs yang Bisa Bantu Pantau Banjir!}

15 Aplikasi Wajib di HP Pendaki Gunung

Selain berguna sebagai penujuk arah secara digital, beberapa aplikasi untuk mendaki gunung ini juga mampu memberikan panduan ketika harus ada insiden kecelakaan yang butuh pertolongan pertama.

Nah, buat membantumu saat mendaki gunung, Tim Telset.id sudah merangkum 15 aplikasi pendaki gunung yang wajib ada di HP kamudiketahui.

1. Bug Out Bag Survival Guide

Bug Out Bag Survival Guide

Persiapan yang matang sebelum melakukan pendakian sangatlah penting, terutama persiapan barang yang akan dibawa. Aplikasi Bug Out Bag Survival Guide akan berfungsi sebagai pengingat barang apa saja yang kita bawa sebelum berangkat. Aplikasi ini juga akan memberikan peringatan kapan kamu harus menambah stok barang.

Aplikasi pendaki gunung ini sangat disarankan, karena kadang kita lupa barang yang belum terbawa atau akan habis. Aplikasi ini bisa membantu kalian meminimalisir barang yang terbuang sia-sia, pengingat riwayat penggunaan barang, dll.

2. ViewRanger Jejak dan Peta

Aplikasi ViewRanger Jejak dan Peta, merupakan aplikasi naik gunung dengan banyak fitur yang cocok bagi pendaki gunung. ViewRanger dilengkapi fitur kompas dan rute jalan, fitur navigasi GPS untuk mengetahui jarak yang akan ditempuh dan posisi ketinggian.

Supaya lebih aman kamu juga dapat merekam jejak perjalanan dan membagikan lokasi dengan teman atau keluarga. Aplikasi pendaki gunung ini juga dapat tetap berfungsi walaupun tanpa sinyal internet, karena menggunakan perangkat GPS dari smartphone. Kamu bisa mengunduh aplikasi ViewRanger di Google Play Store dan App Store.

3. AllTrails: Hiking, Running & Mountain Bike Trails

Buat kamu yang sering mendaki gunung, aplikasi AllTrails wajib kalian install. Aplikasi ini memiliki fitur navigasi dan kemampuan untuk merekam rute perjalanan. AllTrails juga menawarkan peta yang bisa digunakan untuk bisa sampai lokasi tujuan. Aplikasi ini juga bisa digunaka untuk kalian yang suka bersepeda gunung.

Dan buat kalian yang selalu ingin eksis di medsos, aplikasi AllTrails memungkinkan kalian untuk tetap eksis di sosial media. Bukan cuma foto-foto, kalian juga bisa membagikan statistik saat melakukan pendakian di Facebook, Instagram dan WhatsApp. Aplikasi AllTrails bisa kalian unduh di Google Play Store dan App Store.

4. Info Pendaki 

Info Pendaki merupakan aplikasi yang memberikan informasi mengenai pegunungan di Indonesia. Aplikasi ini dilengkapi beberapa fitur canggih untuk membantu kalian saat mendaki, terutama berbagai informasi tentang gunung yang akan kalian daki.

Seperti misalnya informasi tentang deskripsi gunung, jalur pendakian, estimasi waktu pendakian, misteri yang terdapat di masing-masing gunung, tarif pendakian, dan foto-foto pemandangan gunung. Aplikasi Info Pandaki bisa kalian download di Google Play Store.

5. WeatherBug

Aplikasi selanjutnya adalah Weatherbug. Aplikasi ini memberikan informasi kondisi cuaca secara real-time. Weatherbug juga akan memberikan informasi cuaca beberapa hari ke depan dengan cukup akurat.

Bagi pendaki gunung aplikasi ini sangat diperlukan untuk memutuskan akan melanjutkan pendakian atau tidak. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi apalabila cuaca buruk, seperti peringatan petir, curah hujan tinggi, kecepatan angin di lokasi pendakian. Aplikasi Weatherbug bisa kalian unduh di Google Play Store dan App Store.

{Baca juga: 5 Aplikasi Ini Kurang Berguna dan Bikin Lemot Smartphone}

6. First Aid 

Aplikasi First Aid akan memberi panduan saat kalian ingin tidak tahu cara memberikan pertolongan saat terjadi insiden, dengan memberikan petunjuk langkah-langkah pertolongan pertama yang harus kalian lakukan. Bentuknya berupa video dan animasi yang bisa pengguna tiru ketika melakukan pertolongan kepada pendaki lain.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan panduan keselamatan ketika menghadapi situasi darurat seperti angin topan, gempa bumi, banjir dan bencana-bencana lainnya. Aplikasi First Aid bisa kalian unduh di Google Play Store dan App Store.

7. Google Maps Offline

Google Maps

Semua orang pasti sudah tahu aplikasi Google Maps, sebagai aplikasi pemetaan atau petunjuk arah saat berkendara. Aplikasi ini juga sangat penting untuk digunakan saat kalian mendaki gunung. Tapi masalahnya, bagaimana jika di puncak gunung tidak ada sinyal Internet?

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa menggunakan Google Maps Offline. Dari namanya, kalian pasti sudah tahu aplikasi ini bisa dijalankan tanpa inrtenet alias bisa dipakai dalam kondisi offline. Yups, aplikasi pendaki gunung ini bisa menentukan arah dalam peta dengan dibantu dengan GPS di HP kalian tanpa koneksi internet.

8. SAS Survival Guide 

Berbeda dengan Bug Out Bag Survival Guide yang lebih untuk mengingatkan perlengkapan yang dibawa, aplikasi SAS Survival Guide ini memberikan panduan untuk bertahan hidup di alam bebas. Mulai dari cara berburu, memberikan pertolongan pertama dan membuat tenda.

Panduan ini tidak hanya diperuntukan bagi pendaki gunung saja. Terdapat panduan bertahan hidup di wilayah laut, gurun pasir dan juga perkotaan. Kalian bisa download aplikasi SAS Survival Guide di Google Play Store dan App Store.

{Baca juga: Potret Indahnya Sunrise Gunung Bromo Lewat Kamera Oppo Reno2}

9. Panorama 360 Camera

Aplikasi Panorama 360 Camera

Di zaman orang yang semakin “narsis” di sosmed, hampir mustahil kalian juga tidak ingin mengabadikan momen indah saat berada di puncak gunung lewat foto bukan. Selain kamera, kamu juga butuh aplikasi Panorama 360 Camera.

Aplikasi ini akan membantu kamu untuk memotret pemandangan dari puncak gunung atau pemandangan sekitar dalam bentuk kamera 360 derajat. Aplikasi pendaki gunung ini akan menangkap gambar dari berbagai arah, baik tampak depan, belakang, kanan dan kiri. Aplikasi Panorama 360 Camera bisa kalian unduh di Google Play Store dan App Store.

10. Medicinal Plants & Herbs

Aplikasi Medicinal Plants & Herbs

Medicinal Plants & Herbs memiliki kegunaan yang unik dan menurut kami sangat cocok buat kalian yang ingin mendaki gunung yang menuntut kemampuan survival. Aplikasi ini dibuat untuk memberitahu kamu tentang tanaman mana saja yang bisa dijadikan obat jika keadaan sedang darurat dan jauh pemukiman atau rumah sakit.

Karena sebenarnya banyak tanaman yang tumbih liar di hutan yang memiliki khasiat sebagai obat, tapi kita kadang tidak mengetahuinya. Aplikasi Medicinal Plants & Herbs bisa kalian unduh di Google Play Store.

11. Every Trail

Aplikasi Every Trail

Every Trail telah diunduh lebih dari jutaan orang di seluruh dunia yang gemar mendaki gunung dan bersepeda ke gunung. Aplikasi ini juga mendapat review positif dari banyak blogger adventure internasional, karena dinilai sangat membantu para pendaki gunung. Aplikasi Every Trail dilengkapi fitur penting, seperti GPS tracking dan real time tracking.

Kalian bisa melakukan eksplorasi tempat baru tanpa takut tersesat dan juga bisa mencari trip terdekat. Selain untuk pendaki dan pesepeda, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berlayar, berkendara dan lainnya. Aplikasi Every Trail bisa kalian unduh di Google Play Store dan App Store.

12. Disaster Alert

Aplikasi Disaster Alert

Sebelum atau pada saat melakukan pendakian, kalian harus terus memantau situasi lokasi gunung yang akan kalian daki. Aplikasi Disaster Alert ini berguna untuk memantau bahaya yang terjadi di seluruh dunia secara real-time.

Informasi bahaya yang itu bisa dilihat dan dibagikan untuk memperingatkan orang lain akan bahaya di tempat yang ditandai. Informasi bahaya yang bisa kamu dapatkan mencakup bahaya yang terkait manusia, barang, maupun aset. Aplikasi Disaster Alert bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.

13. Flashlight

Aplikasi Flashlight

Pada saat kamu mendaki gunung, pasti butuh alat penerangan di waktu malam hari. Aplikasi Flashlight tentu sangat berguna, karena kamu tak perlu membawa senter karena kini sudah aplikasi ini sebagai pengganti senter di HP kalian.

Namun ternyata Flashlight tidak hanya berfungsi sebagai penerang di kala gelap, ada fungsi lain yang bisa kalian dapatkan dari aplikasi yang satu ini, yaitu sebagai pengirim isyarat SOS atau bahaya. Selain itu ada fitur kompas dan pengaturan frekuensi.

{Baca Juga: 15 Aplikasi Virtual Reality Terbaik Android 2021, Paling Seru dan Gratis!}

14. Muslim Pro 

Salah satu tantangan dalam melakukan pendakian gunung adalah ibadah. Para pendaki yang beragama islam sering kesulitan menentukan arah kiblat dan waktu solat. Maka demi ibadah yang tetap lancar, maka aplikasi Muslim Pro bisa digunakan.

Muslim Pro mampu mencari arah kiblat di lokasi pegunungan. Aplikasi ini juga memiliki informasi waktu solat yang sesuai dengan lokasi pendakian sehingga pendaki bisa melakukan solat sesuai dengan waktunya. Aplikasi Muslim Pro bisa kalian unduh di Google Play Store dan App Store.

15. Sky Map

Aplikasi Sky Map

Memandangi langit yang bersih dengan jutaan bintang di saat malam hari memang mengasyikan. Kebiasaan ini sering dilakukan para pendaki gunung saat mereka berada di puncak.

Aplikasi Sky Map cocok untuk kalian yang suka memandangi langit malam penuh bintang saat mendaki gunung. Kamu cukup mengarahkan kamera HP ke arah langit di malam hari, maka Sky Map akan menunjukkan benda apa saja yang tertangkap oleh kamera. Aplikasi Sky Map bisa kamu download di Google Play Store dan App Store.

Itulah 15 aplikasi untuk pendaki gunung yang dapat dimanfaatkan. Semoga membantu rekomendasi ini bisa membantu memberikan informasi saat kalian akan melakukan pendakian. [NM/HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version