Home APPS 10 Aplikasi Al Quran Terbaik 2021 untuk Tadarus Ramadan

10 Aplikasi Al Quran Terbaik 2021 untuk Tadarus Ramadan

Telset.id – Membaca Al Quran atau tadarus menjadi kegiatan yang banyak dilakukan umat Islam selama bulan Ramadan. Supaya lebih mudah, banyak aplikasi Al Quran yang bisa kalian unduh untuk tadarus di bulan suci ini.

Aplikasi Al Quran menawarkan kemudahan ketika tadarus bagi penggunanya. Pasalnya kalian tidak perlu repot membawa kitab Al Quran fisik kemana-kemana. Cukup dengan mengunduhnya melalui smartphone danbisa membacanya dengan lebih mudah.

Selain itu, masing-masing pengembang menawarkan berbagai fitur yang bisa menunjang kegiatan tadarus di bulan Ramadan ini. Misalnya fitur murotal sehingga kalian dapat mendengarkan lantunan ayat Al Quran yang sesuai dengan kaidah tajwid.

Pastinya kalian penasaran, untuk itu tim Telset.id akan memberikan rekomendasi 10 aplikasi Al Quran terbaik 2021 yang cocok untuk tadarus Ramadan. Yuk disimak!

{Baca juga: 7 Aplikasi Jadwal Puasa Ramadan untuk Android, Rekomendasi Terbaru}

10 Aplikasi Al Quran Terbaik untuk Tadarus

Aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang suka tadarus khususnya di bulan Ramadan. Aktivitas tadarus Al Quran bisa semakin mudah karena bisa digunakan melalui aplikasi Al Quran yang dapat diunduh gratis di ponsel kalian.

1. Al Quran Tajwid 

Al Quran Tajwid

Al Quran Tajwid adalah salah satu aplikasi Al Quran terbaik yang bisa kalian diunduh. Aplikasi menyediakan 30 juz Al Quran yang disertai dengan kaidah tajwid. Pengembang akan memberikan warna khusus kepada kaidah-kaidah tajwid tertentu.

Al Quran Tajwid ini hadir untuk memudahkan masyarakat melakukan tadarus dengan kaidah tajwid yang benar. Diharapkan pembaca akan lebih khusyuk dan mendapatkan pahala yang melimpah jika membacanya dengan hukum tajwid yang benar.

2. Quran Hafiz

Quran Hafiz

Quran Hafiz adalah aplikasi Al Quran untuk Android yang membantu kalian untuk membaca, mencari, memahami dan menghafal ayat-ayat Al Qur’an. Aplikasi Al Quran Android ini juga mampu digunakan dengan mode offline sehingga lebih irit kuota.

Melalui Quran Hafiz kalian juga dapat membagikan kutipan ayat ke media sosial. Aplikasi  juga memungkinkan kalian untuk mencari ayat-ayat favorit hanya dengan menyebut nama surat dan nomor ayat di kolom pencarian.

{Baca juga: 10 Aplikasi Penunjang Ibadah Puasa Ramadhan Terbaik 2021}

3. Qur’an Kemenag 

Qur’an Kemenag

Aplikasi Quran Kemenag dikembangkan langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag). Tujuannya  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Mushaf Al-Quran yang berbentuk digital. Aplikasi ini tersedia untuk versi Android, IOS dan website.

Keunggulan dari aplikasi ini selain menggunakan Mushaf Standar Indonesia yaitu Rasm Usmani, namun dilengkapi juga dengan terjemahan, tafsir dalam dua varian yakni tahlili dan ringkas, dan suara muratal dari Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.

4. MyQuran Al Quran

MyQuran

MyQuran dikembangkan oleh pengembang asal Jawa Barat, The Wali Studio. Keunggulan MyQuran memiliki terjemahan bahasa Indonesia, bisa dibaca secara offline, menyediakan berbagai tema warna serta memiliki tampilan UI/UX yang menarik.

Selain itu aplikasi ini dilengkapi dengan audio murotal. Kalian pun tidak perlu khawatir dengan kualitas aplikasi surat Al Quran ini karena sudah tersertifikasi oleh Kementerian Agama.

5. Al Quran Indonesia 

Al Quran Indonesia

Selanjutnya adalah Al Quran Indonesia yang menawarkan kemudahan untuk tadarus melalui smartphone. Secara umum aplikasi ini berisi 114 surah atau 30 juz Al Quran lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur daftar audio murotal sehingga kalian bisa mendengarkan lantunan ayat-ayat Al Quran. Aplikasi murotal ini juga ramah kuota karena bisa dibaca atau didengarkan secara offline.

Namun aplikasi ini juga memiliki keunggulan lain yakni jadwal sholat, kalender hijriah dan arah kiblat. Kalian pun tidak hanya menawarkan kemudahan tadarus di bulan Ramadan namun juga fitur-fitur lain untuk menunjang ibadah kalian di bulan Ramadan.

{Baca juga: 10 Aplikasi Terbaik untuk Anak Saat Bulan Ramadan}

6. Quran for Android 

Quran for Android

Aplikasi Quran for Android memungkinkan kalian untuk tadarus di bulan Ramadan melalui smartphone. Keunggulan dari aplikasi ini adalah tersedia fitur pencarian berdasarkan nama ayat, nama surat dan lokasi surat diturunkan apakah di Mekkah dan Madinah.

Selain itu kalian juga dapat menyimpan dan membagikan ayat ke media sosial. Quran for Android juga masuk dalam kategori aplikasi murotal karena menyediakan lebih konten audio yang berisi suara tilawah Al Quran.

7. E-Quran Kitab Suci Qur’an

E-Quran Kitab Suci Qur’an

E-Quran memiliki berbagai keunggulan seperti  tersedia audio murrotal serta dan terjemahan dalam format bahasa  Indonesia, Belanda, Inggris, Spanyol, Perancis, Italia dan Mandarin.

Aplikasi murotal E-Quran juga menghadirkan suara tilawah dari ketiga ulama terkenal yakni Imam Syaikh Masyari Bin Rasyid Alfassy, Imam Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais dan Imam Syaikh Abu Bakr Ash-Syatari.

8. Al’Quran Bahasa Indonesia 

Al’Quran Bahasa Indonesia

Al’Quran Bahasa Indonesia menawarkan kemudahan untuk membaca tadarus melalui smartphone. Tersedia 114 surah atau 30 juz Al Quran lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia dan daftar audio murotal.

Keunggulan ini, kalian bisa membagikan kutipan ayat ke media sosial. Kalian dapat mengakses aplikasi dalam mode offline dengan cara mengunduh surat-surat favorit di memori ponsel kalian.

{Baca juga: 10 Aplikasi Olahraga Terbaik untuk Tetap Bugar Selama Puasa}

9. Al Quran Lengkap Bacaan Latin & Terjemah Indonesia

Al Quran Lengkap Bacaan Latin & Terjemah Indonesia

Al Quran Lengkap Bacaan Latin & Terjemah Indonesia adalah aplikasi yang menyediakan kitab suci dalam format digital melalui aplikasi. Aplikasi ini juga tersedia dalam format latin, sehingga memudahkan kalian yang sedang belajar membaca atau tadarus Ramadan.

10. Al Quran AL Majeed

Al Quran Al Majeed

Terakhir adalah Al Quran Al Majeed. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk melakukan tadarus tanpa harus membawa Al Quran. Cukup mengunduh aplikasi di ponsel maka kalian dapat tadarus di kantor atau di kamar.

Fitur unggulan dari aplikasi Al Quran Al Majeed ini adalah kalian dapat menyimpan ayat yang menurut kalian berkesan. Dengan menyimpan ayat tersebut maka kalian dapat dengan mudah membaca dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

Demikian rekomendasi 10 aplikasi Al Quran terbaik 2021 untuk tadarus Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin memperbanyak tadarus Quran di smartphone.[NM/HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version