telset

Mengenal VirtualBox, Ini 7 Kelebihan dan Kekurangannya

Telset.id – VirtualBox merupakan aplikasi yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna PC atau laptop karena memudahkan mereka dalam menjalankan sistem operasi.

VirtualBox adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystems yang sekarang menjadi bagian dari Oracle. VirtualBox adalah aplikasi yang bisa mensimulasikan komputer standalone yang pada dasarnya adalah aplikasi virtualisasi cross-platform.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menginstall berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, Linux atau Solaris Operating Systems. Dengan menggunakannya, PC kita bisa menjalankan beberapa sistem pada saat yang sama termasuk mesin virtual.

{Baca juga: Cara Download dan Install VirtualBox di Windows 10}

Sebagai contoh, kita bisa menjalankan Windows Server 2008 pada Linux Server, jalankan Linux di Windows PC, dan sebagainya. Pada VirtualBox juga, kita bisa menginstall mesin virtual sesuka hati kita. Batasan dari jumlah mesin virtual yang terpasang hanyalah pada ruang disk dan memori PC.

Tentunya dengan menggunakannya, kita bisa mendapatkan manfaat yang besar hanya dari aplikasi yang menyajikan virtualisasi.

Kelebihan VirtualBox 

Keunggulan Kekurangan VirtualBox

Berikut ini tim Telset akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari VirtualBox. Informasi ini bisa menjadi pertimbangan dan pertama silakan baca mengenai 7 kelebihan VirtualBox:

1. Menjalankan Beberapa Sistem Operasi Bersamaan

VirtualBox memungkinkan kita untuk menjalankan lebih dari satu OS pada waktu yang sama. Anda dapat menjalankan software yang hanya bisa dijalankan satu OS saja. Misalnya software khusus untuk Windows yang bisa dijalankan di Linux atau Mac tanpa harus reboot.

2. Instalasi Software yang Mudah

Vendor dari software rata-rata menggunakan mesin virtual untuk dapat mengirimkan seluruh konfigurasi dari sofware tersebut.

Misalnya memasang solusi untuk server email pada mesin atau perangkat yang nyata tentu merupakan kegiatan yang membosankan. Tapi dengan VirtualBox, semuanya bisa dikemas dalam mesin virtual dan juga menjadi lebih menarik.

3. Infrasturktur menjadi efektif

Virtualisasi seperti ini dapat secara signifikan mengurangi hardware dan juga biaya listrik. Seringkali, komputer saat ini hanya menggunakan sebagian kecil dari potensi yang sebenarnya. Nah dengan menggunakan VirtualBox ini, kita bisa memaksimalkan hardware untuk menjalankan beberapa komputer yang tentunya menghemat sumber daya listrik.

4. Mendukung Berbagai Penggambaran Image Disk 

Yang keempat adalah VirtualBoxk mampu mendukung berbagai penggambaran image disk di dalam perangkat seperti Virtual Disk Image (VDI), Virtual Machine Disk (VMDK), Virtual Hard Disk (VHD), Hard Disk Drive (HDD) dan QEMU Copy On Write (QCOW).

Dengan begitu Anda bisa menjalankan program di sistem operasi yang berbeda dalam lingkungan virtual kecepatan tinggi.

5. Mendukung Virtual Monitor Ganda 

Kelebihan Virtualbox kelima adalah mendukung virtual monitor ganda. VirtualBox mampu mendukung virtual monitor ganda bagi guest dari Virtual Machine (VM), sehingga kinerja bisa lebih maksimal karena VirtualBox mendukung monitor ganda.

6. Tampilan Built in-command Line Lebih Komperhensif 

Keenam adalah VirtualBox mampu menghadirkan tampilan built in-command line yang lebih komprehensif. Hal ini sangat menguntungkan karena tampilan yang komperhensif memudahkan untuk membuat dan menjalankan Virtual Machine.

7. Dapat Diinstall di Banyak Sistem Operasi 

Terakhir adalah VirtualBox mampu diinstall di banyak sistem operasi. Terdapat beberapa sistem operasi yang dapat menginstall VirtualBox seperti MacOS atau OS X, Windows 7, Windows 2008 Server, Solaris, OpenSolaris, FreeBSD dan lain sebagainya.

{Baca juga: Cara Mudah Install Ulang Laptop dengan CD atau Flashdisk}

Kekurangan VirtualBox 

Keunggulan Kekurangan VirtualBox

VirtualBox bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Terdapat beberapa kekurangan yang patut diketahui. Nah berikut ini 7 kekurangan VirtualBox:

1. Keamanan Lemah 

Kekurangan pertama adalah keamana yang lemah. Kanal komunikasi di VirtualBox atau yang lebih dikenal dengan sebutan channel bonding memiliki keamanan yang lemah sehingga pengguna lain dapat menyalahgunakan akses tersebut.

Selain itu tambahan guest dinilai dapat memberikan masalah yang baru dikarenakan munculnya resiko-resiko negatif yang dapat terjadi.

2. Belum Ada Fitur Capture 

VirtualBox belum ada fitur capture atau fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot. Artinya apabila pengguna ingin capture maka harus menggunakan aplikasi tambahan seperti XnView atau FastStone.

3. Belum Ada Fitur USB 3.0

Ketiga adalah VirtualBox belum memiliki dukungan terhadap USB 3.0 baik secara fisik maupun secara virtual. Artinya transfer data sedikit lebih sulit karena USB 3.0 tidak dikenali oleh VirtualBox.

4. NAT Guest VM Terisolasi

Keempat adalah Network Address Translation (NAT) dari guest VM terisolasi dari yang lainnya. Dampaknya guest VM tidak dapat berkomunikasi dengan guest atau host di VM tersebut.

5. Membutuhkan Memori yang Besar 

Kelima adalah memori yang dibutuhkan cukup besar. Masing-masing Virtual Machine (VM) membutuhkan memori hingga 60 MB sehingga jika menggunakan beberapa VM sekaligus maka membutuhkan memori hingga 2 GB.

Hal ini yang menjadi kekurangan VirtualBox karena pengguna harus menyiapkan memori yang cukup besar karena kekurangan memori dapat membuat VM menjadi hang.

6. Network ID Terbatas 

Keenam adalah Network ID untuk Virtual Machine (VM) sangat terbatas. Network ID untuk VM di VirtualBox hanya tersedia sebanyak 4 buah saja.

7. Tidak Mendukung Game Full Screen  

Terakhir adalah VirtualBox tidak mendukung game full screen atau game yang menggunakan layar monitor secara penuh seperti Panzer Strategy, World of Warships dan lain sebagainya.

{Baca juga: Cara Gampang Mematikan Layar Login di Windows 10}

Nah, itulah tadi penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan VirtualBox. Semoga informasi ini bermanfaat sebelum menggunakannya. Selamat mencoba. [MF/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0