Advokat Anak Minta Facebook Tarik Messenger Kids

Telset.id, Jakarta – Advokat anak mengirim surat berisi desakan kepada Facebook untuk menghapus Messenger Kids, aplikasi jejaring sosial khusus anak besutan Facebook. Surat tersebut ditandatangani oleh 19 organisasi dan puluhan aktivis peduli anak, ditujukan kepada CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Messenger Kids merupakan aplikasi jejaring sosial yang dirancang khusus anak-anak di bawah usia minimum 13 tahun. Aplikasi itu disediakan oleh Facebook untuk membantu orangtua mengobrol secara aman dengan anak-anak mereka. Namun, keberadaannya mendapat tentangan.

“Anak-anak di bawah usia 13 tahun terlalu muda untuk bergumul dengan interaksi online. Mereka belum paham terhadap arti penting privasi. Mereka terancam membagikan percakapan, gambar, atau video yang seharusnya tidak dipublikasikan,” tegas kelompok advokasi nirlaba yang berbasis di Boston seperti dikutip dari CNET, Rabu (31/1).

Sebagai bentuk penolakan kepada Messenger Kids, para penolak menggelar Kampanye Anak Bebas Komersial. Mereka menyebut Facebook tidak bertanggung jawab telah mendorong anak-anak usia prasekolah untuk memulai kebiasaan bermedia sosial.

Menanggapi hal itu, Facebook mengklaim bahwa aplikasi jejaring sosial khusus anak yang mereka buat itu sangat aman digunakan oleh anak-anak, karena keberadaannya tidak bersifat eksploitatif.

“Tak ada iklan di sana. Aplikasi tersebut juga diakses gratis dan tak ada fitur tambahan berbayar,” tulis Facebook dalam keterangan resmi. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here