ColorFab MIT Ubah Warna dalam Hitungan Menit

Telset.id, Jakarta – Teknologi percetakan 3D sudah berkembang cukup pesat lewat temuan-temuan nan menakjubkan. Metode ColorFab MIT CSAIL, misalnya. ColorFab mampu mengubah dalam sekejap warna sebuah objek yang sudah dicetak.

DIlansir Engadget, menggunakan ColorFab, warna tas telepon atau anting-anting bisa diubah sehingga menyesuaikan pekaian yang Anda kenakan.

Keajaiban ColorFab terletak pada tinta buatan tim CSAIL. Tinta tersebut memiliki pewarna dasar serta pewarna mutakhir yang mudah disesuaikan atau fotochromic.

Fotochromic adalah pewarna yang mudah beradaptasi dengan cahaya. Ia membawa warna pewarna dasar saat terkena sinar UV. Di bawah cahaya, warnanya tampak lenyap. Tinta sebuah objek seketika berubah menjadi transparan.

Untuk menggunakan ColorFab, Anda harus mengunggah model 3D ke antarmuka, kemudian memilih pola warna. Bagian-bagian dari objek yang dapat diubah memiliki desain berlapis-lapis. Anda dapat memilih piksel mana yang akan diaktifkan, mana yang tidak.

Berdasarkan tes tim, dibutuhkan waktu 23 menit untuk mengubah warna objek. Namun, mereka yakin waktu perubahan warna bisa berlangsung lebih pendek dengan menggunakan lampu lebih bertenaga. Atau, tambahkan saja pewarna yang mudah disesuaikan dengan cahaya.

Setelah metode disempurnakan, para periset menyebut bahwa ColorFab dapat diterapkan di industri garmen. Hal itu bukan mustahil mengingat ColorFab juga terbukti mampu mengurangi limbah.

“Dengan mengubah warna, Anda tidak perlu membuat objek baru setiap saat,” jelas profesor MIT sekaligus anggota tim, Stefanie Mueller. [SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here