telset

6 Fitur Terbaru WhatsApp yang Bakal Rilis Tahun Ini

Telset, Jakarta – Beragam fitur baru akan dihadirkan WhatsApp pada aplikasi WA untuk iOS dan Android di tahun 2022 sekarang. Setidaknya, ada 6 fitur anyar yang bakal diumumkan. Penasaran apa saja?

Sudah sejak lama WhatsApp dirumorkan bakal merilis serangkaian fitur baru di platform. Terbukti dengan banyaknya aplikasi versi beta yang diungkap oleh situs WABetaInfoleakster, dan lainnya di internet.

Di tahun lalu, WhatsApp sendiri telah meluncurkan banyak hal baru seperti panggilan suara dan video di desktop, transfer obrolan dari iOS ke Android, menghilangnya foto dan video, alat pembuat stiker, dan masih banyak lagi.

Tetapi, bagaimana dengan tahun 2022? Mengutip dari Business Insider pada Selasa (4/1/2022), berikut ini ragam fitur baru yang diprediksi bakal hadir pada aplikasi WA.

1. Fitur Reaksi Pesan 

Fitur Reaksi Pesan WhatsApp

Fitur reaksi pesan sudah tersedia di beberapa aplikasi media sosial seperti Instagram. Namun, akan lebih menarik kalau fitur ini juga tersedia di WhatsApp. Apalagi perusahaan telah menguji kemampuan fitur tersebut ke beberapa pengguna beta.

Baca juga: Whatsapp Uji Coba Fitur Reaksi Pesan

Sekadar informasi, fitur reaksi pesan memungkinkan pengguna bereaksi dengan emoji terhadap pesan dari pengguna lain di kolom chat. Ada 6 reaksi emoji yang bisa dipilih untuk mewakili ekspresi pengguna terhadap pesan tersebut.

2. Fitur WhatsApp Komunitas 

Fitur Baru WA Komunitas 2022

Berikutnya adalah fitur komunitas. Fitur yang memungkinkan pengguna menyatukan berbagai grup WhatsApp dalam 1 komunitas. Berdasarkan laporan WABetaInfo, WhatsApp memungkinkan Anda menautkan hingga 10 grup bersama dalam 1 komunitas.

Di fitur terbaru ini ada bagian pengumuman yang hanya dapat diakses oleh admin WA di mana pesan dapat dikirim dan semua grup di komunitas akan mendapatkannya. Fitur baru aplikasi WA 2022 ini diharapkan dapat memudahkan para pengguna untuk saling berkomunikasi.

3. Transfer Data Antara Android dan iOS

Fitur transfer data WhatsApp Android ke IOS

WhatsApp di tahun lalu meluncurkan fitur terbaru yang sangat diminta pengguna, yakni transfer obrolan dari iOS ke Android. Tetapi, alangkah lebih lengkap kalau WhatsApp juga merilis kemampuan untuk transfer obrolan dari Android ke iOS.

Baca juga: Fitur Transfer Chat WhatsApp dari iOS ke Android

Jadi semoga saja fitur ini bisa diluncurkan, sehingga pengguna yang ingin beralih ke iPhone bisa transfer chat WhatsApp mereka.

4. Toko Stiker di WhatsApp Web 

Fitur Toko Stiker WA Web

WhatsApp dilaporkan melakukan uji coba dengan menghadirkan toko stiker di aplikasi WA Web dan desktop. Usai melakukan uji coba, diharapkan fitur ini segera rilis ke seluruh pengguna.

Sebab kelebihan ini akan membuat percakapan di WhatsApp semakin seru dan melengkapi aplikasi pembuat stiker sendiri yang ada di aplikasi Web dan desktop.

5. Fitur Terbaru untuk Admin Grup WhatsApp

Fitur Toko Stiker WhatsAPp Web

Menurut laporan WABetaInfo pada Desember 2021 lalu, WhatsApp menguji kemampuan agar admin group WhatsApp bisa menghapus setiap pesan yang dikirimkan oleh peserta kapan saja.

Baca juga: Admin Grup WA Bisa Hapus Chat Anggota

Jika pesan tersebut dinilai memberikan dampak buruk bagi grup seperti pesan hoaks dan provokatif, maka admin grup bisa segera menghapuskan. Ketika pesan telah dihapus oleh admin grup, maka semua orang di grup akan diberitahu hal yang sama.

6. Fitur WhatsApp Business Nearby

FItur WhatsApp WA Business Nearby

Tahun lalu, WhatsApp juga mengembangkan teknologi terbaru yang memungkinkan pengguna mencari toko hingga restoran terdekat bernama Business Nearby. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah ketika ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan mencari toko terdekat.

Baca juga: Berbasis UWP, Aplikasi WhatsApp untuk PC dan Xbox Segera Hadir

Selain itu di fitur ini juga tersedia filter sehingga pengguna bisa lebih spesifik dalam melakukan pencarian.

Itu tadi keenam fitur terbaru yang diharapkan bakal hadir di WhatsApp pada tahun 2022 ini. Semoga keenamnya bisa benar-benar dirilis oleh WhatsApp. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0