telset
spot_img

Admin Grup WhatsApp Punya “Power” Baru, Bisa Hapus Chat Anggota

Telset.id, Jakarta – Grup WA biasanya menjadi salah satu sarana bagi orang-orang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita bohong. Tapi ke depannya, admin dari grup WhatsApp dapat memutus penyebaran berita hoaks dengan hapus chat dari anggota yang menyebarkannya.

Ya, WhatsApp dikabarkan sedang menguji coba fitur yang memudahkan admin grup WA agar dapat hapus chat hoaks secara langsung. Fitur yang dinilai sangat bagus untuk menahan penyebaran hoaks di grup WhatsApp.

WhatsApp selalu memberikan berbagai fitur untuk admin agar mereka dengan mudah mengontrol dan mengelola grup WhatsApp supaya tetap kondusif. Contohnya dengan fitur untuk membatasi anggota mengirim pesan, mengeluarkan anggota, dan lain sebagainya.

Namun itu saja sepertinya kurang cukup. Situs WABetaInfo melaporkan kalau aplikasi milik Meta ini sedang uji coba fitur baru untuk admin grup di aplikasi WA beta versi 2.22.1.1.

Dalam uji coba tersebut, WhatsApp memberi “kekuatan tambahan” bagi admin grup untuk menghapus pesan yang dikirim oleh anggota grup lainnya.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Transaksi Kripto

Dari tangkapan layar milik WABetaInfo, terlihat jika chat yang dihapus admin akan bertuliskan “This was removed by an admin”. Notifikasi yang serupa mirip dengan “You removed this message” atau notifikasi jika pengguna menghapus pesannya sendiri di chat.

Admin grup hapus chat WhatsApp

Belum diketahui kapan fitur akan dirilis, tetapi tampaknya fitur ini sangat dibutuhkan untuk menahan penyebaran hoaks di grup WhatsApp. Bisa dibayangkan jika fitur resmi dirilis, maka admin bisa dengan mudah hapus pesan yang diduga hoaks dari anggota grup WhatsApp.

Mereka bisa langsung menghapusnya, tanpa harus meminta kepada pengirim untuk menghapusnya sendiri. Dengan begitu penyebaran konten hoaks bisa dibatasi, sehingga anggota grup tidak mudah termakan konten-konten hoaks.

WhatsApp Uji Coba Fitur Reaksi Pesan

Masih seputar uji coba fitur, WhatsApp sebelumnya tengah mengembangkan fitur reaksi pesan yang membuatnya makin mirip dengan DM Instagram. Fitur baru WA ini sedang dalam tahap uji coba pada update aplikasi WhatsApp versi beta.

Dari tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, WhatsApp telah merilis update versi 2.21.24.8 untuk para pengguna aplikasi WA beta di Android. Di dalam update tersebut, ada fitur reaksi pesan atau Reaction yang terletak pada kolom chat.

Baca juga: Whatsapp Uji Coba Fitur Reaksi Pesan

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna memberikan reaksi terhadap pesan orang lain dalam percakapan.

Admin grup hapus chat WhatsApp

Fitur WhatsApp ini akan muncul di bawah pesan yang dikirim. Bentuknya berupa emoji baik itu emoji tersenyum, tertawa, atau sedih. Fitur WhatsApp ini juga memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan notifikasi jika pesan yang dikirim mendapatkan reaksi dari penerima. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0