Driver Gojek Wajib Lakukan Verifikasi Wajah, Ini Gunanya

Telset.id, Jakarta – Gojek meningkatkan keamanan pengguna dan mitra melalui inovasi keamanan terbaru lewat fitur Verifikasi Wajah. Fitur ini berfungsi sebagai verifikasi identitas mitra driver sebelum menerima pesanan.

Fitur Verifikasi Wajah atau facial recognition menjadi syarat mitra saat menerima pesanan, melakukan login di aplikasi ataupun secara acak saat mitra driver mengaktifkan aplikasi.

Chief of Operations Officer Gojek, Hans Patuwo mengatakan jika fitur ini merupakan bagian dari komitmen Gojek untuk terus menjaga keamanan seluruh ekosistemnya, serta menjawab kebutuhan mitra dan pengguna. 

{Baca juga: Mantan Karyawan Amazon Ditunjuk jadi CTO Gojek}

“Mitra driver merupakan salah satu pihak yang memiliki peranan penting dalam seluruh aktivitas maupun transaksi dalam ekosistem Gojek,” kata Hans.

Hans menambahkan jika fitur ini dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada mitra dan pengguna.

Bagi mitra fitur ini dapat menjamin kesesuaian data sekaligus melindungi keamanan akun dari potensi tindak kejahatan atau penyalahgunaan akun.

“Sedangkan bagi pengguna, penerapan fitur ini di aplikasi driver memastikan pengalaman yang aman dan nyaman saat menggunakan layanan Gojek,” tambah Hans.

Dalam menghadirkan fitur Verifikasi Wajah, Gojek mempertimbangkan kemudahan serta kenyamanan mitranya.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Jumat (24/07/202), Gojek menerapkan teknologi canggih dengan tingkat akurasi tertinggi.

{Baca juga: Gojek Luncurkan GoService, Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan}

Hal ini membuat proses verifikasi berlangsung dalam waktu yang singkat, sehingga tidak mengganggu mitra driver saat harus melakukan verifikasi sebelum maupun setelah menjalankan transaksi.

Gojek SHIELD

Fitur Verifikasi Wajah merupakan bagian dari Gojek SHIELD, yaitu rangkaian teknologi keamanan canggih dan komprehensif dalam aplikasi Gojek yang dibangun oleh tim kelas dunia untuk melindungi pengguna dan mitra.

Sebelumnya, Gojek SHIELD telah meluncurkan berbagai inovasi keamanan diantaranya penyamaran nomor telepon, intervensi chat serta teknologi berbasis kecerdasan buatan yang mampu mengidentifikasi berbagai jenis penggunaan aplikasi secara ilegal.

Inovasi Verifikasi Wajah juga merupakan kelanjutan dari perangkat keamanan yang sudah tersedia di aplikasi Gojek seperti Tombol Darurat, dan Fitur Bagikan Perjalanan. Gojek turut mendorong keterlibatan pengguna dalam upaya meningkatkan kualitas layanan.

{Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Kini Bisa Diunduh Lewat Gojek}

Selain dengan memberikan penilaian atau rating yang akurat di akhir transaksi, secara bertahap pengguna juga akan dapat memberikan masukan di tengah-tengah perjalanan terkait beberapa hal yang menjadi standar layanan Gojek.

Selain melalui teknologi, Gojek juga mengedepankan langkah edukasi dalam memastikan keamanan pengguna dan mitra driver.

Bekerja sama dengan Kominfo dan Universitas Gadjah Mada, Gojek meningkatkan literasi digital masyarakat terkait keamanan. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas

Telset.id, Jakarta  – Mulai 28 September 2020 mendatang, YouTube bakal menghentikan kontribusi teks komunitas. Kebijakan itu muncul sebagai respons...

Begini Cara Cek Data Nasabah KreditPlus yang Bocor

Telset.id - Ratusan ribu data nasabah KreditPlus bocor di internet. Bagi Anda nasabah KreditPlus, Anda bisa mengecek apakah Anda...

Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi

Telset.id, Jakarta - Belajar dari kasus Anji mengenai obat Covid-19, para Youtuber diminta jangan asal menyebar informasi atau konten...

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 Jelang Peluncuran

Telset.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan Oppo Reno4 pada tanggal 6 Agustus mendatang. Smartphone...

Kangen Kampus, Mahasiswa Ini Kuliah di Minecraft

Telset.id, Jakarta  – Saking kangennya sama kampus lantaran lama tak studi, mahasiswa Universitas Ashoka di India membuat simulasi kuliah...
- Advertisement -