Huawei Nova 7: Spesifikasi Mid-end, Tanpa GMS

Telset.id – Huawei Nova 7 resmi hadir di Indonesia. Ponsel kelas menengah ini menjadi suksesor Huawei Nova 5T yang sudah hampir setahun beredar di Tanah Air. Lantas, seperti apa spesifikasi yang ditawarkan Huawei Nova 7?

Smartphone ini pertama kali diperkenalkan Huawei pada akhir April lalu. Tidak seperti seri Mate atau P terbaru, Huawei Indonesia butuh waktu cukup lama untuk bisa membawanya secara resmi ke Indonesia.

Seperti pendahulunya, Nova 7 dibekali dengan spesifikasi kelas atas, meski sejatinya ponsel ini berada di segmen kelas menengah.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

Well, ingin tahu seperti apa spesifikasi yang ditawarkan Huawei Nova 7? Lebih baik, simak preview ala tim Telset.id berikut ini!

Desain

Secara desain, sebenarnya Huawei Nova 7 dikemas dengan desain yang mirip-mirip Nova 5T. Layar depannya tetap mengadopsi desain punch-hole, di mana terdapat lubang kamera di sudut kiri atas layarnya.

Layarnya sendiri berdesain memanjang dan cinematic. Ukurannya 6,53 inci berjenis OLED dengan resolusi maksimal Full HD+, dan memiliki aspek rasio 20 : 9.

Layarnya pun telah mendapatkan sertifikat dari TÜV Rheinland, sehingga dipastikan memberikan keamanan dan kenyamanan kepada mata pengguna ketika menatapnya di berbagai kondisi.

Layar Huawei Nova 7 pun sudah disematkan sensor sidik jari di dalamnya. Selain itu, karena telah didukung sistem operasi terbaru, layar Huawei Nova 7 pun mendukung Always on Display dengan model yang berbeda-beda.

Spesifikasi Huawei Nova 7 Indonesia

Ke bagian belakang, secara tampilan memang body belakang Nova 7 mirip-mirip konsepnya dengan Nova 5T. Namun, ada sesuatu yang berbeda di sini.

{Baca juga: Daftar Smartphone Huawei yang Dapat Update EMUI 11}

Frame kamera Nova 7 kini tampil lebih besar, dengan seluruh kamera disatukan dalam satu garis vertikal. Tepat di sebelahnya, terdapat LED Flash, serta logo “AI Quad Camera | 20x Zoom”.

Body-nya sendiri punya desain glossy dengan tampilan yang menawan serta premium. Terdapat pula logo Nova terbaru di bagian bawah tengah body-nya.

Di bagian bawah, terdapat slot dual SIM tanpa dukungan microSD atau slot NM (Nano Memory). Kemudian ada USB-C, mikrofon, dan juga speaker. Di sini yang berbeda, Huawei tak lagu menyandingkan slot SIM dengan lubang mikrofon berdampingan.

Pasalnya, sering kali terjadi pengguna memasukkan SIM ejector ke lubang mikrofon, bukannya ke lubang slot SIM. Hal itu tentu membuat mikrofon rentan akan kerusakkan.

Kemudian, ada tombol power dan volume di sisi kanan. Lalu, ada juga mikrofon di bagian atasnya, sedangkan di sisi kiri tidak terdapat apapun.

Spesifikasi

Huawei Nova 7 mengandalkan spesifikasi berupa Kirin 985 5G yang dirancang dengan proses fabrikasi 7nm. Prosesor ini mungkin lebih bertenaga dari Kirin 980, namun tidak jauh lebih baik dari Kirin 990. Kami akan mengulasnya lebih lengkap dalam review Huawei Nova 7.

Dikombinasikan dengan RAM 8GB, storage 128GB, serta baterai berkapasitas 4,000 mAh dengan dukungan fast charging 40W (disertai charger 40W juga!).

Huawei Nova 7 berjalan di sistem operasi EMUI 10.1 berbasis Android 10. Tentu saja, Android 10 di sini punya basis AOSP atau Android Open Source Program yang tidak didukung sama sekali oleh Google Mobile Service atau GMS.

{Baca juga: Review Huawei P40 Pro: Masih ‘Pede’ dengan HMS}

EMUI 10.1 yang berjalan di Huawei Nova 7 didukung oleh HMS atau Huawei Mobile Service. Oleh karenanya, tidak ada aplikasi Google, tidak ada Google Play Store, dan hanya mendukung App Gallery saja.

Tentu saja, kami akan membahas lengkap spesifikasi serta sistem operasinya dalam review Huawei Nova 7 yang akan datang.

Kamera

Spesifikasi Huawei Nova 7 Indonesia

Beralih ke kamera. Huawei Nova 7 membawa total lima kamera. Empat kamera di belakang, dan satu kamera yang diletakkan pada punch hole di sudut kiri atas layar.

Smartphone ini menggunakan kamera utama 64MP. Sebuah peningkatan signifikan dibanding Nova 5T yang dilengkapi dengan kamera 48MP saja.

Meski terdapat logo “20x Zoom”, namun Huawei Nova 7 tidak memiliki kamera telephoto dengan skema periskop. Hanya ada lensa tele 8MP dengan kemampuan 3x optical zoom yang dikombinasikan dengan lensa ultrawide 8MP dan lensa makro 2MP.

Sedangkan kamera selfienya masih menggunakan 32MP, sama dengan Huawei Nova 5T.

{Baca juga: Huawei P40 Pro vs Samsung Galaxy S20 Ultra: Adu Canggih Duo Flagship}

Harga

Spesifikasi Huawei Nova 7 Indonesia

Di Indonesia, Huawei Nova 7 akan dibanderol dengan harga Rp 6,8 jutaan. Seperti produk Huawei terbaru pada umumnya, pabrikan asal China ini memberikan cashback dan bonus untuk konsumen yang membeli melalui program pre-order.

Huawei memberikan cashback hingga Rp 750 ribu dengan bonus berupa Huawei Band 3e, casing khusus, dan powerbank 6,700 mAh senilai total Rp 1,6 jutaan. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Sinyal Radio Misterius Dikirim ke Bumi dari Bima Sakti

Telset.id, Jakarta  – Para ilmuwan telah melacak sinyal radio misterius yang dikirim ke Bumi dari titik terdekat Bima Sakti....

September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas

Telset.id, Jakarta  – Mulai 28 September 2020 mendatang, YouTube bakal menghentikan kontribusi teks komunitas. Kebijakan itu muncul sebagai respons...

Begini Cara Cek Data Nasabah KreditPlus yang Bocor

Telset.id - Ratusan ribu data nasabah KreditPlus bocor di internet. Bagi Anda nasabah KreditPlus, Anda bisa mengecek apakah Anda...

Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi

Telset.id, Jakarta - Belajar dari kasus Anji mengenai obat Covid-19, para Youtuber diminta jangan asal menyebar informasi atau konten...

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 Jelang Peluncuran

Telset.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan Oppo Reno4 pada tanggal 6 Agustus mendatang. Smartphone...
- Advertisement -