Review Redmi Note 9: Desain dan Performa Oke, Baterai Boros

Telset.id – Anggapan “merek HP murah” memang masih melekat kepada diri Xiaomi, dan pastinya vendor satu ini pun tak ingin melepas penilaian tersebut yang sudah melekat sejak lama. Oleh karenanya, Xiaomi pun secara konsisten merilis produk baru dengan harga terjangkau, seperti Redmi Note 9 yang akan kami review kali ini.

Redmi Note 9 sendiri merupakan “model standar” yang diboyong Xiaomi untuk menemani Redmi Note 9 Pro. Smartphone tersebut dibanderol dengan harga Rp 2,4 hingga 2,7 jutaan, atau kurang lebih selisih Rp 1 jutaan dari versi Pro.

Meski jadi “versi standar”, smartphone ini mengusung spesifikasi yang tidak biasa saja. Ada sejumlah keunggulan yang melengkapi Redmi Note 9 agar menarik perhatian konsumen di Tanah Air.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Well, dalam tulisan kali ini, tim Telset.id akan mengulas lengkap lewat review Redmi Note 9 berikut ini. So, simak terus ya!

Desain

Review Redmi Note 9

Review Redmi Note 9 kita mulai dari desain terlebih dahulu. Sebenarnya, desain Redmi Note 9 dan Note 9 Pro cukup mirip satu sama lain. HP terbaru Xiaomi satu ini sama-sama mengusung desain layar DotDisplay, dan juga dipercantik dengan desain frame kamera berbentuk persegi.

Redmi Note 9 punya ukuran layar yang jauh lebih kecil daripada model Pro. Layar IPS berukuran 6,53 inci ini punya resolusi maksimal Full HD+. Bezel yang mengelilinginya cukup tipis di tiap sisinya, kecuali bagian dagu yang cukup tebal.

Layarnya sendiri sudah mendapatkan sertifikasi dari TUV Rheinland. Sertifikasi itu bukan cuma gimmick, sob. Tapi, menandakan bahwa layar Redmi Note 9 memberikan keamanan dan kenyamanan kepada mata pengguna ketika memakainya, khususnya ketika digunakan di malam hari atau kondisi cahaya ruangan yang rendah.

Layarnya juga telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5, dan telah dilapisi screen protector cukup tebal yang bisa dilepas. 

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, layar Redmi Note 9 tampil dengan desain DotDisplay atau punch hole alias lubang kamera. Tapi, letak lubang tersebut bukan di tengah atas layar, melainkan sudut kiri layar.

Menurut kami, ini posisi yang ideal. Sebab, lubang tersebut tidak terlalu mengganggu konten yang tampil di layar. Game misalnya, punch hole ini tidak terlalu mengganggu dan mengurangi pengalaman kami saat bermain game, khususnya permainan tembak-tembakan seperti COD Mobile.

Ke bagian belakang, Redmi Note 9 mengusung body berbahan dasar polycarbonate. Belum diketahui, apakah body ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 atau tidak. Body ini dilapisi tiga pilihan warna, salah satunya adalah Midnight Grey.

Warna tersebut punya tampilan yang glossy dan cukup sederhana. Namun, apabila terkena pantulan cahaya di sudut yang pas, warnanya seolah lebih hidup dan memberikan kesan yang elegan.

Review Redmi Note 9

Akan tetapi, warna glossy ini juga ada kekurangannya lho. Yup! Kekurangan yang kami maksud adalah, body Redmi Note 9 gampang banget kotor, dan mudah sekali tertempel sidik jari. 

Secara tampilan, desainnya 11-12 dengan Redmi Note 9 Pro. Frame kameranya berbentuk persegi, dan menyimpan empat kamera belakang di dalamnya.

{Baca juga: Review Oppo Reno3: Kamera Maksimal untuk Semua Mode}

Akan tetapi, desain frame ini cukup berbeda, dan menurut kami lebih baik. Dua lensa teratas dibubuhi garis berwarna terang. Mungkin, garis tersebut menandakan bahwa dua kamera di atas merupakan keunggulan utama dari Redmi Note 9 ini.

Tepat di bagian bawahnya, ada sensor sidik jari konvensional. Sensor sidik jari ini dilapisi warna hitam pekat, yang membuatnya seolah menyatu dengan frame kamera.

Mirip Redmi Note 8 Pro, sensor ini disatukan dengan frame kamera. Tapi, sensor sidik jari itu tidak terlalu menonjol, dan posisinya nyaman untuk dijangkau.

Masih sama dengan versi Pro, Redmi Note 9 dirancang dengan frame berbahan dasar plastik berkualitas. Build quality HP terbaru Xiaomi ini cukup baik, dan body-nya nyaman digenggam menggunakan satu tangan karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Selain itu, ponsel ini memiliki lekukan halus di kiri dan kanan body-nya.

Layout bagian bawah smartphone ini sama dengan Redmi Note 9 Pro. Terdapat speaker yang punya kemampuan untuk membersihkan lubangnya secara mandiri.

Speaker ini disematkan fitur Clear Speaker yang memutar suara nyaring dalam waktu kurang lebih 30 detik untuk membersihkan lubang speaker dari debu. Kemudian, ada mikrofon, port USB-C, dan jack audio 3,5mm. Di bagian atas, ada mikrofon dan IR Blaster. 

Sedangkan di sisi kanan, terdapat tombol power yang bersanding dengan tombol volume. Meski letaknnya sama, tapi karena ukuran ponsel ini lebih kecil, maka tombol power maupun volume masih bisa dijangkau jari dengan sangat baik. Sedangkan sebelah kiri, ada slot 2 kartu SIM + microSD.

Masih sama dengan Note 9 Pro, HP terbaru Xiaomi ini punya kekurangan yang terletak di bagian frame kamera. Frame ini mencuat keluar, melebihi body. Sehingga, apabila tidak menggunakan casing tambahan, kamera menjadi penopang keseluruhan smartphone

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Medsos Heboh Bocoran Kabinet Baru Jokowi, Ada Ahok

Telset.id, Jakarta - Isu Reshuffle Kabinet Jokowi ramai di media sosial. Pasalnya beredar informasi nama-nama menteri dalam bocoran kabinet...

Sasar Pengguna Rumahan, Ini Harga Modem Telkomsel Orbit

Telset.id, Jakarta - Telkomsel resmi menghadirkan layanan internet rumah berbasis modem WiFi bernama Telkomsel Orbit. Menyasar segmen pasar pengguna...

Mewahnya Samsung Galaxy Note 20 Ultra dengan Warna ‘Mystic Bronze’

GTelset.id, Jakarta - Berbagai bocoran mengenai Samsung Galaxy Note 20 terus bermunculan menjelang waktu peluncurannya. Terbaru, muncul bocoran desain...

Mudahnya Konsultasi Produk via Samsung Visual Consultant

Telset.id, Jakarta - Samsung Indonesia menghadirkan layanan terbaru yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen di Tanah Air. Layanan ini disebut...

Telkomsel Orbit Resmi Meluncur, Apa Keunggulannya?

Telset.id, Jakarta - Telkomsel resmi menghadirkan layanan internet rumah berbasis modem WiFi bernama Telkomsel Orbit. Layanan tersebut menawarkan beragam...
- Advertisement -