Awas! Penipuan Berkedok Bank via Video Call WhatsApp

Telset.id, Jakarta  – Seorang pria melakukan penipuan berkedok petugas bank, yang menyasar korbannya via Video call WhatsApp . Kasus ini terjadi di negara tetangga, Singapura.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Rabu (20/5/2020), penipuan via video call WhatsApp ini dilakukan dengan modus si penipu mengaku scammer.

{Baca juga: Cara Mudah Video Call WhatsApp di Laptop}

Dia mencoba mengelabuhi seorang wanita dengan skema perbankan melalui panggilan video call WhatsApp.

Vanessa Mittman mengatakan, putranya yang berusia 10 tahun awalnya menerima telepon pada 5 Mei 2020 lalu. Seorang pria di ujung gagang telepon mengaku sebagai petugas dari DBS Bank Singapura.

Mittman tak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa aksi tersebut merupakan praktik penipuan. Ia merekam seluruh percakapan dengan si penipu melalui telepon. Ada kejadian lucu ketika mereka mengobrol.

Selama hampir 10 menit  melakukan panggilan telepon, Mittman berulang kali menanyainya. Mittman bahkan mengancam akan melaporkannya ke polisi. Pria tersebut secara tegas mengaku sebagai penipu.

Sampai kepada suatu momen, si penipu bertanya kepada Mittman. “Apakah kamu masih lajang?” tanya si penipu. Mittman tak ingin menanggapinya lebih lanjut. Maklum, ia sering menerima telepon palsu serupa.

Baru-baru ini, KrebsOnSecurity melaporkan bahwa ada memo dari dinas rahasia yang sedang diedarkan di AS. Isinya memperingatkan bahwa program asuransi pengangguran sedang menjadi target penipuan.

{Baca juga: 5 Tanda WhatsApp Disadap, Begini Cara Mengatasinya!}

Para scammer mengandalkan informasi pribadi pengguna yang dicuri lewat praktik pelanggaran data. Mereka mencomot nomor jaminan sosial, kemudian menggunakannya untuk mengajukan klaim pengangguran.

Selanjutnya >

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Xiaomi Mi Band 5: Bisa Remote Control Kamera dan NFC

Telset.id – Xiaomi Mi Band 5, pelacak kebugaran atau fitness tracker generasi terbaru dari Xiaomi akan diluncurkan pada 11...

Razer Blade 15 Studio Edition: Spesifikasi Upgrade dengan Intel 10th Gen

Telset.id - Razer dikenal kerap menghadirkan perangkat PC gaming yang mumpuni. Meski demikian, mereka ternyata juga punya produk untuk...

7 Earbuds TWS Terbaik 2020, Harga Mulai Ratusan Ribu

Telset.id - Earphone berjenis TWS (True Wireless Stereo) kini makin marak beredar di pasaran. Membuat pengguna memiliki banyak pilihan...

China Siapkan “Istana Surgawi” untuk Saingi ISS

Telset.id, Jakarta  - China akan membangun "Istana Surgawi" di laboratorium sains mereka, yang akan jadi pesaing Stasiun Ruang Angkasa...

Apple Watch Series 6 Gunakan Panel Layar Versi lama

Telset.id - Di tahun 2020 ini, Apple dikabarkan akan segera meluncurkan Apple Watch Series 6. Tentunya, publik juga semakin...
- Advertisement -