Cara Melihat Password Wifi yang Pernah Terhubung

Telset.id – Sering kali kita mencari cara untuk bisa melihat password WiFi yang telah terhubung dengan perangkat smartphone atau PC kita. Nah, kalau belum tahu caranya, kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara melihat password Wifi.

Biasanya karena menggunakan kombinasi yang rumit, atau juga karena kita bukan pemilik dari koneksi Wi-Fi yang tersedia, sehingga membuat kita lupa dengan password Wi-fi yang telah terhubung di perangkat kita.

Untuk hal yang seperti ini tentu gampang-gampang mudah. Kita bisa saja meminta kembali password wifi dari si pemilik. Atau jika itu WiFi rumahan milik sendiri, tinggal reset ulang ke pengaturan awal dari pabrik.

Tapi sebenarnya ada pula cara untuk mengetahui password wifi yang telah terhubung di perangkat smartphone Android dan juga PC. Berikut ini Tim Telset.id akan memberikan tips sederhana tersebut, yang mungkin bisa kalian coba sendiri dengan mudah. Simak tipsnya berikut ini!

{Baca juga: Cara Mudah Mengunci Folder di PC, Biar Aman!}

Cara Melihat Password Wifi di Smartphone

– Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengunduh dan menginstall aplikasi WiFi Password Recovery di Google Playstore.

Cara mengetahui Password Wifi smartphone PC - WiFi Password Recovery

– Setelah itu jalankan aplikasi dengan menekan tombol Grant. Nantinya akan muncul informasi Wi-FI yang yang pernah terhubung dengan smartphone Android kamu.

– Cari nama Wi-Fi yang ingin kamu lihat passwordnya. Dikolom Dikolom ‘PASS’ akan muncul password dari Wi-Fi tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa aplikasi ini membutuhkan Akses ROOT untuk digunakan. Pasalnya akses ROOT saat ini sulit dilakukan apalagi untuk smartphone Android versi terbaru. Yaitu mulai dari Android 5 (Lolipop) keatas.

Hal tersebut dikarenakan Google meningkatkan keamanan pada OS Android mereka. Apalagi kini smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk transaksi yang juga membutuhkan verifikasi dengan data penting pribadi.

{Baca Juga:Cara Ubah SSID dan Password WiFi jadi QR Code}

Tentu Google tidak mau main-main dalam menjamin keamanan penggunanya. Sayangnya memang tidak ada langkah lain yang tersedia untuk mengakses informasi terkait Wi-Fi ini selain dengan jalan melakukan rooting pada perangkat smartphone.

Meskipun banyak informasi yang beredar di internet mengenai cara mengetahui Password WiFi yang telah terhubung tanpa melakukan Root, nyatanya semua informasi tersebut tidak dapat dibuktikan apalagi pada smartphone-smartphone keluaran terbaru.

Cara Melihat Password Wifi di PC

Berbeda dengan pada perangkat smartphone Android, cara mengetahui password Wi-Fi yang telah terhubung ternyata lebih mudah dilakukan pada perangkat PC/Laptop. Untuk melakukannya dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

– Langkah pertama yaitu buka jendela ‘Control Panel‘ pada PC kamu. Kamu bisa membuka dengan cepat dengan mengetikannya di kolom pencarian pada TaskBar.

{Baca juga: Cara Aktifkan Bluetooth Tethering dari Wifi Tethering, Lebih Irit}

Cara mengetahui Password Wifi smartphone PC - Control Panel

– Lalu di Control Panel, klik menu ‘Network and Internet‘ dan klik Network and Sharing Center

– Berikutnya klik pada nama koneksi WiFi yang terhubung di PC.

Cara mengetahui Password Wifi smartphone dan PC

– Disini akan ditampilkan status mengenai WiFi yang terhubung. Lalu selanjutnya klik tombol ‘Wireless Properties‘

– Pada jendela Device Wireless Network Properties, klik tab ‘Security‘.

– Disana akan terlihat berebagai informasi termasuk password. Di bawah kolom “Network Security Key”  terdapat centang bertuliskan “Show Characters”, centang opsi tersebut.

– Maka password Wi-Fi yang terhubung dengan perangkat PC/laptop kamu akan terlihat.

Nah itulah tadi cara mengetahui password WiFi yang telah terhubung di perangkat smartphone Android maupun di PC. Semoga tips tadi berguna buat kalian ya Sob!. Kami juga punya beberapa rekomendasi dan tips lainnya yang bisa kalian baca berikut ini!

Tips lainnya…

10 Penyebab Internet WiFi Lemot dan Cara Mengatasinya

Telset.id – Internet menjadi kebutuhan yang sangat penting saat pemerintah mengeluarkan anjuran bekerja dari rumah. Namun terkadang Internet WiFi lemot menjadi kendala yang sering dihadapi pengguna. Sebenarnya apa penyebab internet WiFi lemot, dan bagaimana mengatasinya? Kita akan coba membahasnya.

Di masa pandemi COVID-19 yang memaksa kita untuk tetap di rumah, internet WiFi menjadi sangat penting tersedia untuk menunjang pekerjaan selama bekerja dari rumah.

Bermacam perangkat gadget terhubung dengan internet WiFi seperti dari laptop, smartphone, hingga konsol game. Untuk itu, jangan sampai WiFi menjadi lemot, sehingga aktivitas jadi bermasalah.

Nah, berikut ini kami akan membahas mengenai penyebab internet WiFi lemot di rumah. Setidaknya ada 10 penyebab yang menjadikan WiFi lambat yang mungkin bisa Anda hindari.

Tak cuma itu, kami juga akan memberikan cara mengatasi WiFi lemot dengan trik-trik sederhana. Berikut {10 penyebab internet WiFi lemot dan cara mengatasinya}

Selamat mencoba dan tetap jaga kesehatan ya sob.. [IR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Berapa Kuota yang Dihabiskan untuk Jalan-jalan Virtual?

Telset.id, Jakarta - Mengakses situs jalan-jalan virtual menjadi alternatif untuk liburan bersama keluarga. Namun Anda harus menyiapkan kuota yang...

Siap Hengkang dari Hong Kong, TikTok Juga Dicekal AS?

Telset.id, Jakarta  - Tak hanya bersiap hengkang dari Hong Kong, aplikasi video pendek TikTok kabarnya juga bakal dicekal di...

Jaringan Group Facebook Serang Gerakan Black Lives Matter

Telset.id, Jakarta  - Jaringan grup Facebook yang berakar di seluruh dunia melancarkan serangan terhadap gerakan Black Lives Matter. Kelompok...

Update iOS 13 Bikin Baterai iPhone Cepat Rusak?

Telset.id, Jakarta - Update iOS 13 kabarnya bikin baterai iPhone cepat rusak. Para pengguna perangkat Apple mengeluh melalui situs...

Bidik Anak Millenial, Adira Insurance Fokus Transformasi Digital

Telset.id, Jakarta – Sejak 2014, PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) telah fokus pada transformasi digital. Hasilnya kini sudah...
- Advertisement -