Cara Aktifkan Bluetooth Tethering dari Wifi Tethering, Lebih Irit

Cara Mengaktifkan Bluetooth Tethering

Telset.id – Buat Anda yang sering menggunakan smartphone sebagai Portable Hotspot, pasti sudah tidak asing untuk cara penggunaannya. Yaitu dengan menggunakan WiFi Tethering untuk membagikan koneksi internet, dari satu perangkat ke perangkat lain. Tapi bukan cuma Wi-fi Tethering, sebenarnya ada cara lain yang bisa anda gunakan yaitu dengan mengaktifkan Bluetooth untuk tethering Portable hotspot.

Bluetooth tethering mirip dengan Wi-Fi Tethering, hanya saja teknologi hotspot disini menggunakan sinyal bluetooth. Dengan sinyal bluetooth, kita tidak hanya dapat mengirimkan file atau melakukan pairing, tapi juga dapat berbagi koneksi internet.

Penasaran seperti apa? Berikut ini kami akan membagikan cara Mengaktifkan Bluetooth Tethering pada smartphone. Semoga tips ini bisa bermanfaat ya!

{Baca Juga: Tips Ubah Kamera Ponsel jadi WebCam Buat Video Conference}

Disini kami akan menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan jaringan data selular, yang kemudian internet dari smartphone tersebut akan kami bagikan ke perangkat lain menggunakan Bluetooth Tethering.

– Pada smartphone 1 (irham’s WiFi) yang memiliki koneksi internet selular, Buka menu settings, pilih menu Wireless & Networks. Menu ini mungkin akan berbeda-beda pada tiap smartphone, jadi anda perlu mencari menu ini di menu settings.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Tethering Smartphone Android

– Lalu pilih Tethering & Mobile Hotspot, dan aktifkan Bluetooth Tethering.

 

– Pada smartphone 2 (Reno3) sebagai penerima, aktifkan koneksi Bluetooth, lalu lakukan pemasangan/Pairing ke perangkat pertama yang tersedia pada daftar perangkat.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Tethering Hp

– Akan muncul dialog perimintaan pemasangan/pairing pada smartphone 1, pilih pasangkan/pair.

– Kedua smartphone telah saling terhubung menggunakan Bluetooth.

– Pada smartphone 2, ketukan pada nama perangkat yang telah dipasangkan, yaitu smartphone 1. Akan ada menu untuk mengaktifkan akses internet. Aktifkan menu tersebut, maka akses internet telah terbuka dengan menggunakan Bluetooth Tethering.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Tethering Smartphone

{Baca Juga: Tips Maksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja dari Rumah}

Itulah cara mengaktifkan Bluetooth Tethering pada perangkat smartphone Android ke perangkat smartphone lainnya. Nah berikutnya kami juga akan menunjukan cara menggunakan Bluetooth Tethering dari perangkat smartphone ke perangkat Laptop. Caranya tidak banyak berbeda, hanya pada saat pairing di menu Bluetooth di laptop.

Disini kami mencoba menghubungkan smartphone 1 yang telah terkoneksi internet menggunakan jaringan selular ke smartphone 2 menggunakan Wi-Fi Tethering, lalu menggunakan smartphone 2 ke laptop menggunakan Bluetooth Tethering.

– Aktifkan Bluetooth Tethering pada smartphone 2 (Reno3) yang telah terkoneksi menggunakan Wi-Fi Tethering ke smartphone 1, dengan cara yang sama pada tips pertama.  Yaitu pada menu Tethering & Mobile Hotspot, dan aktifkan Bluetooth Tethering.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Tethering Ponsel

– Sekarang aktifkan koneksi Bluetooth pada laptop, lalu pilih menu Add Device.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Tethering PC

– Cari nama smartphone 2 lalu pasangkan. Akan muncul dialog perimintaan pemasangan/pairing pada smartphone 2 dan juga laptop. Pilih pasangkan/pair.

– Pada daftar perangkat Bluetooth yang terhubung, klik kanan pada nama perangkat yang akan dituju sebagai Bluetooth tethering. Akan muncul menu Connect Using>Access Point.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Tethering Laptop

– Jadikan perangkat tersebut sebagai akses point, maka perangkat laptop anda telah berhasil terhubung ke internet

{Baca Juga: 10 Penyebab Internet WiFi Lemot dan Cara Mengatasinya}

Demikan cara mengaktifkan Bluetooth Tethering pada perangkat smartphone Android ke perangkat Laptop. Dengan Bluetooth Tethering pun penggunaan daya smartphone bisa lebih hemat, ketimbang menggunakan Wi-Fi Tethering.

Perlu diperhatikan bahwa menggunakan Bluetooth tethering sinyal yang dipancarkan tentunya tidak sekuat menggunakan Wi-Fi Tethering. Sehingga koneksinya akan lebih lambat di bandingkan dengan Wi-Fi Tethering.

Untuk itu sebaiknya anda hanya menghubungkan satu perangkat yang terkoneksi. Anda juga bisa memanfaatkan Bluetooth Tethering sebagai repeater, ketika smartphone yang anda jadikan sebagai pemancar jaringan internet menggunakan Bluetooth Tethering.

Selain itu Anda juga bisa terhubung ke jaringan internet menggunakan Wi-Fi. Sebab keduanya menggunakan jalur yang dan modul yang berbeda untuk terkoneksi. [IR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here