Tips Cara Perbaiki Keyboard Laptop yang Rusak

Telset.idKeyboard adalah salah satu bagian paling penting dalam laptop, karena semua aktifitas di komputer dimulai dari keyboard. Itu sebabnya, kalau sampai rusak, akan fatal akibatnya. Kali ini kami akan memberikan tips cara perbaiki keyboard laptop yang rusak.

Tanpa adanya keyboard, kita tidak akan dapat menggunakan laptop dengan baik. Tapi terkadang papan ketik ini mengalami masalah dan tentunya akan mengganggu aktivitas kerja kita. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara perbaiki keyboard laptop yang rusak.

Tim Telset.id akan memberikan tips cara mudah untuk perbaiki keyboard laptop yang rusak. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui soal kerusakan dan bagaimana mengatasinya.

Nah, langkah-langkah berikut ini bisa kamu terapkan saat mengalami masalah dengan keyboard pada perangkat laptop kamu. Simak tipsnya berikut ini.

{Baca juga: Tips Ubah Kamera Ponsel jadi WebCam Buat Video Conference}

Bersihkan laptop dari debu

Biasanya tombol pada laptop tidak berfungsi dengan baik lantaran terhalang dengan debu. Gunakan kompresor/blower kecil untuk membersihkan debu yang mungkin terperangkap di sela-sela keyboard laptop.

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard - Vacuum Mini

Cek kerusakan software/hardware

Kerusakan pada keyboard laptop bisa disebabkan software maupun hardware. Untuk mengetahui hal tersebut, masuk ke menu BIOS pada laptop kamu.

Jika tombol berfungsi dengan baik, maka kemungkinkan kerusakan yang terjadi hanyalah software. Namun jika di menu bios, keyboard juga tetap tidak berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada hardware keyboard.

Lakukan Restore Windows

Biasanya kerusakan kecil juga dialami setelah pengguna menginstal suatu aplikasi atau melakukan pengaturan lainnya yang menyebabkan keyboard tidak berfungsi dengan baik.

Salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan System Restore pada Windows. Fitur ini digunakan untuk mengembalikan pengaturan sistem pada Windows ke kondisi pada check point sebelumnya.

Cara melakukannya cukup mudah, yaitu ketik Recovery pada tab pencarian, lalu pada menu tersebut, klik opsi Open System Restore. Akan muncul pilihan waktu dan tanggal yang bisa kamu lakukan restore. Klik Next untuk melakukan restore.

Namun perlu diingat, setelah melakukan restore beberapa pengaturan seperti instalasi aplikasi yang mungkin sebelumnya dilakukan, akan ter-uninstall kembali.

Update driver

Jika setelah mengecek BIOS, kamu menemukan bahwa kemungkinan kerusakan hanya sebatas software, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah update driver.

Cara untuk mengupdate driver pada PC Windows cukup mudah, yaitu masuk ke menu Device Manager>Keyboard. Lalu klik kanan, dan akan muncul opsi Update Driver. Lalu lakukan update driver secara online dengan opsi Search Automatically….” Atau jika kamu memiliki file driver untuk Keyboard, lakukan update dengan opsi Browse My Computer…

Cara Mudah perbaiki Keyboard - Device Manager

Ganti part baru

Jika saat masuk ke menu BIOS tadi kamu menemukan bahwa kemungkinan kerusakan yang dialami adalah masalah hardware, maka langkah yang kamu harus lakukan berikutnya yaitu dengan mengganti keyboard dengan part yang baru.

Pastikan kamu membeli keyboard yang sesuai untuk perangkat laptop yang kamu miliki. Cari tahu nomor model dari perangkat laptop kamu agar kamu tidak salah model keyboard ketika membeli.

Cara memasang keyboard mungkin terbilang rumit, namun kamu bisa mencari beberapa tutorial video yang ada di Internet. Atau kalau kamu tidak cukup ahli untuk melakukan hal tersebut, atau bisa menghubungi teknisi service center resmi jika laptop masih dalam masa garansi.

Atau jika sudah lewat masa garansi kamu bisa menghubungi IT support atau tukang service laptop untuk membantu memasang keyboard baru pada laptop kamu.

{Baca juga: Cara Aktifkan Bluetooth Tethering dari Wifi Tethering, Lebih Irit}

Itulah tadi cara mudah memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Sedikit tambahan tips bagi kalian yang mengalami kerusakan pada keyboard, untuk kondisi darurat kalian bisa menggunakan keyboard PC external yang terhubung menggunakan USB.

Atau kalian juga bisa menggunakan On Screen Keyboard, yang dapat dikendalikan menggunakan mouse. Untuk menggunakan On Screen Keyboard, cukup ketik pada search bar “On Screen Keyboard,” lalu jalankan aplikasi tersebut.

Untuk mengetik tombol-tombol pada On Screen Keyboard, yaitu dengan cara mengklik menggunakan mouse pada tombol-tombol yang diinginkan. Semoga tips ini bermanfaat ya sob!

Tips Membersihkan Ponsel Dari Kuman

Nah, setelah kalian tahu cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi dengan benar, kamu juga harus tahu bagaimana membersihkan ponsel yang baik dan benar.

Telset punya beberapa artikel cara membersihkan ponsel yang bisa kamu simak di bawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...

Instagram Akan Blokir Iklan Terapi Konversi Orientasi Seksual

Telset.id, Jakarta - Instagram akan memblokir iklan terapi konversi di platform mereka. Terapi konversi sendiri merupakan terapi yang bertujuan...
- Advertisement -