Zoom Bantah Jual Data Pribadi Pengguna ke Facebook

Telset.id, Jakarta – Diterpa isu tak sedap soal privasi data, aplikasi video conference Zoom akhirnya buka suara. Zoom secara tegas membantah dan meyakinkan pengguna kalau mereka tidak jual data ke Facebook.

Dalam laporannya, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Rabu (01/04/2020), Chief Legal Officer Zoom, Aparna Bawa meyakinkan bahwa mereka sama sekali tidak jual data pengguna dalam bentuk apapun kepada Facebook.

Menurutnya, Zoom memang melakukan perubahan kebijakan privasi namun hanya berlaku untuk bahasa yang mereka gunakan.

{Baca juga: Aplikasi Zoom untuk iOS Berikan Data Pengguna ke Facebook?}

Pembaruan ini dilakukan agar kebijakan privasi perusahaan bisa lebih mudah dipahami oleh para pengguna Zoom. Selain itu, Zoom tidak melakukan pembaruan apapun atau bahkan jual data pengguna ke Facebook.

“Kami tidak menjual data pribadi Anda. Apakah Anda seorang bisnis atau sekolah atau pengguna individu, kami tidak menjual data Anda,” kata Aparna.

Aparna menambahkan, semua video conference yang diadakan di Zoom tidak dipantau atau disimpan oleh aplikasi. Memang, terdapat opsi untuk menyimpan video conference, namun mereka memastikan bahwa video yang tersimpan pun akan aman dan tidak diakses oleh pihak manapun.

“Kami tidak menggunakan data yang kami peroleh dari penggunaan Anda atas layanan kami, termasuk rapat Anda, untuk iklan apa pun,” tuturnya.

Meski demikian, ia mengakui bahwa Zoom menggunakan data pengguna untuk kebutuhan pemasaran. Tapi, tindakan tersebut dilakukan atas izin dari pengguna, dan pengguna juga punya hak untuk menyetujui atau menolak akses data.

“Kami menggunakan data yang kami peroleh dari Anda ketika Anda mengunjungi situs web pemasaran kami, seperti zoom.us dan zoom.com. Anda memiliki kendali atas pengaturan cookie Anda sendiri ketika mengunjungi situs web pemasaran kami,” tutup Aparna.

{Baca juga: 5 Aplikasi Video Conference untuk Kerja dari Rumah, Gratis!}

Sebelumnya, tersiar kabar kalau aplikasi Zoom untuk iOS diam-diam membagikan data pengguna kepada Facebook. Mereka mengirimkan informasi tentang model perangkat pengguna, zona waktu, kota, dan operator telepon yang pengguna pakai ke Facebook. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Xiaomi Mi Band 5: Bisa Remote Control Kamera dan NFC

Telset.id – Xiaomi Mi Band 5, pelacak kebugaran atau fitness tracker generasi terbaru dari Xiaomi akan diluncurkan pada 11...

Razer Blade 15 Studio Edition: Spesifikasi Upgrade dengan Intel 10th Gen

Telset.id - Razer dikenal kerap menghadirkan perangkat PC gaming yang mumpuni. Meski demikian, mereka ternyata juga punya produk untuk...

7 Earbuds TWS Terbaik 2020, Harga Mulai Ratusan Ribu

Telset.id - Earphone berjenis TWS (True Wireless Stereo) kini makin marak beredar di pasaran. Membuat pengguna memiliki banyak pilihan...

China Siapkan “Istana Surgawi” untuk Saingi ISS

Telset.id, Jakarta  - China akan membangun "Istana Surgawi" di laboratorium sains mereka, yang akan jadi pesaing Stasiun Ruang Angkasa...

Apple Watch Series 6 Gunakan Panel Layar Versi lama

Telset.id - Di tahun 2020 ini, Apple dikabarkan akan segera meluncurkan Apple Watch Series 6. Tentunya, publik juga semakin...
- Advertisement -