Review Realme 6: Harga Rp 3 Jutaan, Performa Sultan

Spesifikasi

Untuk spesifikasi layarnya, realme 6 memiliki ukuran display 6,5 inci dengan teknologi yang disebut Ultra Smooth Display. Layar realme 6 telah mendukung refresh rate hingga 90Hz, mirip seperti realme X2 Pro yang merupakan seri flagship dari realme. Tentunya visual pada layar menjadi terlihat menjadi lebih mulus jika dibandingkan smartphone yang masih menggunakan layar 60Hz.

Layar ini juga memiliki rasio 20:9, dengan resolusi FHD+ 2400x1080P, dan rasio screen-to-body 90,6%. Tingkat kecerahannya 480nits, membuatnya memiliki visibilitas yang cukup baik bahkan di lingkup yang terang sekalipun. Terdapat pula fitur OSIE (Object & Semantic Images & Eye-tracking), dimana fitur ini akan meningkatkan kualitas gambar pada aplikasi-aplikasi pendukung.

{Baca juga: Resmi Diperkenalkan, Ini Harga dan Spesifikasi Realme C3}

Pada bagian dapur pacunya, realme 6 menggunakan SoC MediaTek Helio G90T , yang mana SoC ini dirancang khusus untuk pengalaman gaming smartphone. SoC ini difabrikasi dengan proses 12nm, dengan dual core Cortex-A76 2.05GHz, kinerja tinggi serta enam core Cortex-A55 2GHz berefisiensi tinggi, yang juga dipasangkan dengan GPU 800MHz Mali-G76.

Di bagian memori, realme 6 memiliki 2 varian memori, 4GB + 128GB dan 8GB + 128GB. Varian yang kami uji disini yaitu dengan RAM 8GB dan internal storage 128GB. realme 6 juga dilengkapi dengan slot 3-kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD dengan kapasitas hingga 256GB.

Untuk fitur kameranya, realme 6 menawarkan set-up quad camera ultra-clear terbaru, terdiri dari ultra wide-angle 8MP + kamera utama 64MP + 2MP B&W serta 2MP lensa makro.

Untuk ultra wide angle memiliki sudut 119° dengan aperture F/2.3. Sensor Samsung GW1 64MP 1/1,72 inci yang dibenamkan sebagai sensor utama memiliki aperture yang besar f/1,8, dengan lensa 6P. Sensor 2MP B&W akan memberikan ketajaman gambar lebih baik saat mode potrait. Lalu lensa macro memiliki jarak 4cm, yang kini telah dilengkapi dengan auto-focus.

Beragam fitur yang dihadirkan pada kamera realme 6 antara lain Ultra 64MP Mode, Nightscape 3.0, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion, dan Bokeh Effect Control.

Sementara pada kamera selfienya, realme 6 membekali diri dengan sensor 16MP dengan aperture F/2.0. Beberapa fitur untuk kamera selfie seperti AI Smart Beauty, Bokeh dan lain-lain.

Dengan 30W Flash Charge yang biasa ada pada segmen kelas atas, digabungkan dengan kapasitas baterai 4300mAh. Menariknya, realme 6 juga mendukung pengisian daya 15W PD, menjadikannya lebih fleksibel. Namun perlu diingat, jika menggunakan charger 15W akan membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang menggunakan charger bawaan 30W.

Untuk sensornya, realme 6 telah memiliki komponen sensor yang lengkap mulai dari magnetic Induction Sensor, Light Sensor, Proximity sensor, Gyroscope dan Accelerometer. Sedangkan untuk konektivitasnya, realme 6 memiliki jaringan LTE, Wi-fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5 GHz)dan Bluetooth 5.0. Sayangnya smartphone yang satu ini belum dilengkapi dengan teknologi NFC.

Pada paket penjualannya, realme 6 dibekali dengan adaptor 30W Flash Charger, USB Type-C Cable, Protect Case, Protect Film (sudah terpasang), SIM Ejector, Buku Panduan dan Kartu Garansi.

Software

realme 6 datang dengan menggunakan antarmuka terbaru besutan realme yaitu realme UI, yang menggunakan basis sistem operasi Android 10. realme 6 menghadirkan lebih banyak fitur terbaru untuk smartphone dengan harga Rp. 3 jutaan ini.

Seperti misalnya kategorisasi foto dan video pada Gallery dengan pengelompokan hingga 84 label, personalisasi video dengan sleek template, realme Share, Game Space, dan lain-lain.

{Baca juga: Tanpa Color OS, Realme C3 Jadi Debut “Realme UI”}

Anda yang kesulitan fokus dalam padatnya rutinitas sehari-hari, bisa menggunakan fitur Focus Mode. Mengaktifkan fitur tersebut akan memblokir notifikasi karena perangkat akan memainkan musik yang menenangkan untuk membantu Anda rileks atau meditasi. Tersedia pilihan waktu untuk mengaktifkan mode ini. Focus Mode dapat ditemukan pada laci notifikasi atau dalam pilihan menu Digital Wellbeing.

Performa

Untuk review realme 6 ini, seperti biasa kami menggunakan tiga aplikasi benchmarking, yakni AnTuTu Benchmark, 3DMark, dan PCMark untuk mengetahui performanya secara angka. Ketiga benchmarking ini merepresentasikan kebutuhan berbeda.

AnTuTu 8

AnTuTu 8 adalah versi terbaru dari aplikasi benchmarking AnTuTu. Benchmark ini memberikan simulasi performa smartphone dari empat aspek antara lain CPU, GPU, RAM dan juga User Experience.

Dari hasil pengujian yang kami lakukan, realme 6 mencatat skor yang sangat tinggi, yaitu 288.808. Skor ini bahkan sudah mengalahkan smartphone lain dengan chipset Snapdragon 730G yang harganya berada jauh diatas.

3DMark Sling Shot

3DMark adalah aplikasi benchmarking yang digunakan untuk menguji kinerja grafis (GPU) pada perangkat smartphone. Untuk pengujian yang kami lakukan menggunakan simulasi 3DMark Ice Storm Sling Shot.

Dari hasil pengujian yang kami lakukan, realme mencetak skor sebesar 3581, yang mana angka ini juga lebih tinggi dari smartphone lain dengan chipset sekelas.

PCMark 2.0

PCMark adalah aplikasi benchmarking yang akan menampilkan skor untuk mewakili kinerja smartphone dalam penggunaan sehari-hari. Seperti misalnya browsing, edit foto dan video, texting, serta juga penghitungan.

Hasilnya, realme 6 mencatatkan skor PCMark 2.0 sebesar 10601, yang mana ini juga memperlihatkan bahwa untuk pemakaian sehari-hari, performa realme 6 memang juga sangat unggul.

Dari tiga benchmark tersebut, tentunya memberikan bukti bahwa untuk urusan performa, SoC besutan MediaTek memang sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Baik performa CPU maupun GPUnya terbilang sangat tinggi, dan sangat memadai untuk segala kebutuhan termasuk bermain game dengan grafis tinggi.

Baterai

Baterai realme 6 memiliki kapasitas 4300mAh, yang mana perangkat ini juga didukung dengan pengisian daya super cepat 30W Flash Charge. Diklaim, perangkat ini dapat diisi dengan hanya membutuhkan waktu satu jam saja dari kondisi kosong hingga penuh. Kami pun melakukan pengujian tersebut dan terbukti terisi penuh dalam sekitar 60 menit. Dan hanya dalam 30 menit, dapat mengisi hampir 70%.

Teknologi 30W Flash Charge ini juga bahkan dapat digunakan saat bermain game berat dimana perangkat dapat diisi hingga 62% hanya dalam 60 menit. realme menjamin pengguna tetap aman mengisi daya sambil menggunakan smartphone karena perangkat ini telah dibekali dengan 5 perlindungan daya.

{Baca juga: Review Realme 5 Pro, “Si Serba Cepat” dengan Quad Camera}

Sedangkan untuk daya tahan baterainya, realme 6 kami uji dengan memutar video secara playback. Hasilnya smartphone ini dapat bertahan cukup lama, yaitu sekitar 20 jam, hampir seharian. Sedangkan untuk menggunakan aplikasi PCMark, smartphone ini mampu bertahan selama sekitar 9 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -