Tips Membersihkan Laptop yang Aman Singkirkan Virus Corona

Telset.id – Siapa sangka, laptop yang biasa kita gunakan untuk bekerja sehari-hari sebenarnya paling banyak menyimpan kotoran alias kuman. Bahkan tanpa disadari, laptop menjadi medium yang cukup beresiko menularkan virus corona yang kini lagi heboh. Tapi tak perlu khawatir, karena kami punya tips membersihkan laptop yang aman.

Menurut hasil penelitian, gadget, termasuk laptop, yang kita gunakan sehari-hari menjadi sarang kuman, bakteri bahkan virus. Maka dari itu, penting bagi kita untuk tahu cara membersihkan perangkat-perangkat kerja kita termasuk laptop.

{Baca juga: Pukul Mundur Corona, Begini Cara Aman Membersihkan Smartphone!}

Apalagi disaat sekarang wabah virus Corona yang sedang mengancam, jangan sampai laptop yang kita gunakan sehari-hari malah menjadi sarang dari penyakit berbahaya tersebut.

Berikut ini Tim Telset.id akan memberikan tips, bagaimana cara yang aman untuk membersihkan laptop. Agar pengguna bisa terhindar dari virus corona yang ‘nempel’, dan laptop juga tetap aman tanpa kerusakan saat dibersihkan.

Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Pastikan Laptop dalam keadaan mati. Selain itu laptop juga sudah tidak terhubung dengan koneksi kabel, seperti Adaptor charger, LAN, dan lain sebagainya
  2. Bila perlu, lepas baterai laptop terlebih dahulu. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah memastikan bahwa laptop tidak lagi terhubung dengan arus daya, baik adaptor maupun baterai. Namun beberapa laptop terbaru memang menggunakan baterai yang tertanam secara non removable.
  3. Siapkan lap microfiber atau kain lembut untuk mengelap permukaan laptop. Jangan menggunakan lap yang kasar karena bisa menimbulkan goresan terutama pada bagian layar.
  4. Gunakan air sabun untuk mengelap bagian permukaan laptop. Namun pastikan jangan sampai terlalu basah saat mengelap permukaan laptop, sehingga tetesannya bisa masuk ke celah-celah pada keyboard ataupun port lainnya,  yang nantinya akan merusak komponen didalam.
  5. Untuk lebih aman, anda bisa menggunakan material lain yang bersifat non elektrolit seperti alkohol 70%. Selain itu, alkohol juga lebih cepat kering sehingga tidak meninggalkan bekas lembab pada permukaan laptop. Namun pastikan juga jangan sampai terlalu basah hingga menimbulkan tetesan.
  6. Gunakan kuas kecil untuk membersihkan sela-sela keyboard. Dengan menggunakan kuas, debu-debu yang bersembunyi akan mudah dibersihkan.
  7. Kalian juga bisa menggunakan blower ataupun penyedot debu khusus laptop, untuk membersihkan debu-debu yang bersembunyi di celah-celah Laptop. Seperti di bagian kipas, dan port-port lainnya.
  8. Setelah selesai membersihkan, pastikan laptop telah dalam keadaan kering sebelum kamu memasang baterai dan menyalakan laptop. Karena jika ada bagian basah, apalagi pada komponen bagian dalam, nantinya akan menyebabkan konsleting.

Itulah tadi tips cara membersihkan laptop yang aman, agar terhindar dari berbagai virus dan bakteri. Selain terjaga dari beragam penyakit berbahaya, kebersihan pada perangkat kerja juga akan memberikan pengaruh mood yang baik saat bekerja.

{Baca juga: 5 Aplikasi Video Conference untuk Kerja dari Rumah, Gratis!}

Sebab kenyamanan dalam bekerja akan meningkat, dan memberikan produktivitas yang lebih baik. Selamat mencoba dan tetap jaga kesehatan. [IR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

5 Headphone Gaming Berkualitas Harga Rp 500 Ribuan

Telset.id - Kamu sedang mencari headphone gaming berkualitas dengan kisaran harga Rp 500 ribuan? Ada cukup banyak pilihan yang...

Biar Gak Dikepoin, Begini Cara Private Akun Instagram

Telset.id - Takut akun Instagram Anda dikepoin orang yang tidak dikenal? Mungkin Anda perlu mengubah akun Anda menjadi private....

Garmin Upgrade 3 Varian Smartwatch “Solar Edition”

Telset.id - Garmin kembali meluncurkan smartwatch terbaru "Solar Edition", yang merupakan upgrade dari versi yang sebelumnya telah hadir, yaitu...

Vivo iQOO Z1x: Spesifikasi Ngegas dengan Fitur Gaming Lengkap

Telset.id - Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya, tepat pada tanggal 9 Juli 2020, Vivo meluncurkan smartphone terbaru...

Duo RedmiBook 16 dan 14 II Dirilis dengan Intel Gen 10

Telset.id, Jakarta - Xiaomi menghadirkan dua laptop terbaru, RedmiBook 16 dan RedmiBook 14 II yang telah dilengkapi dengan prosesor terbaru...
- Advertisement -