Pukul Mundur Corona, Begini Cara Aman Membersihkan Smartphone!

Telset.id, Jakarta – Di tengah merebaknya virus Corona, kebersihan menjadi hal terpenting. Bukan saja untuk lingkungan ataupun tangan kita, tetapi juga barang lainnya yang ada di sekitar. Smartphone dan gadget lainnya, tak terkecuali. Nah, masalahnya sekarang, membersihkan smartphone atau gadget lainnya tak pernah semudah mencuci tangan. Bahkan boleh dibilang gampang-gampang susah, karena bukannya tidak mungkin malah berakhir dengan kerusakan jika sampai salah membersihkannya.

Berikut ini tim Telset.id akan memberikan cara aman membersihkan smartphone atau perangkat gadget agar tak menjadi sarang bakteri dan virus, seperti virus Corona yang sangat mengancam ini. Seperti apa langkah-langkahnya?

Lepaskan Casing

Sebelum membersihkan smartphone atau gadget kita, pastikan kita telah melepaskan aksesoris casingnya terlebih dahulu. Pasalnya aksesoris casing ini bukannya tidak mungkin justru menjadi tempat berkumpulnya debu dan kotoran.

{Baca Juga: 5 Aplikasi Video Conference untuk Kerja dari Rumah, Gratis!}

Casing smartphone bisa dicuci secara terpisah, dengan merendamnya menggunakan air sabun. Jika materialnya berupa plastik silicon, akan lebih mudah dibersihkan. Lain halnya jika itu terbuat dari kulit. Tentu perlu cara khusus untuk membersihkannya agar tidak rusak.

Matikan Daya

Sebelum membersihkan smartphone atau perangkat gadget, pastikan kita telah mematikan dayanya. Hal ini dilakukan guna menghindari konsleting pada komponen apabila tak sengaja terpercik air. Katakanlah bagian-bagian seperti slot USB atau port Jack audio. Apabila smartphone masih menggunakan baterai yang dapat dilepas, lepaskan baterai terlebih dahulu.

Siapkan Kapas/Microfiber dan Cotton Bud 

Siapkan kapas atau microfiber untuk membersihkan permukaan gadget. Kedua material ini memiliki tekstur yang lembut sehingga gadget atau smartphone kesayangan akan tetap aman saat dibersihkan. Sedangkan untuk sudut-sudut yang sulit dijangkau, kita bisa menggunakan cotton bud.

Gunakan Air Sabun

Untuk membersihkan permukaan perangkat, kita dapat menggunakan air sabun. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan air sabun ini harus sangat hati-hati. Jangan sampai air masuk ke bagian dalam komponen.

Cukup basahi kapas/microfiber dengan air dan mulai usap permukaan gadget secara perlahan. Pastikan kapas atau microfiber yang digunakan hanya dalam kondisi basah, dan tidak sampai meneteskan air. Sebab air memiliki sifat konduktor yang dapat menghantarkan listrik.

Nah, lain ceritanya jika smartphone atau gadget tersebut sudah mengantongi sertifikasi ketahanan air IP68, membiarkannya terkena air bukanlah sebuah masalah. Bahkan merendamnya dengan air sabun sekalipun.

Pakai Alkohol?

Alkohol sebenarnya cukup aman untuk membersihkan smartphone atau gadget. Itu karena bahan ini bersifat non elektolit. Perangkat tidak akan mengalami konsleting jika dibersihkan menggunakan alkohol. Tapi, meskipun alkohol tidak berbahaya untuk komponen kelistrikan, alkohol cukup keras untuk material lain seperti plastik dan sebagainya.

{Baca Juga: Mau Pantau Penyebaran Virus Corona? Cek di Website Ini!}

Jadi untuk penggunaan alkohol dalam membersihkan smartphone, boleh-boleh saja asal tidak berlebihan. Cukup basahkan kapas atau lap kain menggunakan alkohol, lalu lap bagian permukaan perangkat. Hindari penggunaan pada permukaan lensa kamera dan juga sensor pemindai sidik jari, karena sifat alkohol yang keras bisa merusak permukaan lensa kamera pada gadget.

Keringkan

Jika kita menggunakan air sabun saat membersihkan smartphone, pastikan kondisinya sudah benar-benar kering sebelum dinyalakan kembali. Sebab jika ada bagian yang basah, terutama pada bagian komponen, akan mengakibatkan konselting dan perangkat berpotensi mengalami kerusakan.

Atau jika ingin lebih yakin, kita bisa menggunakan kipas atau hairdryer untuk mengeringkan perangkat. Tapi perlu diperhatikan, untuk mengeringkannya juga tidak perlu dengan jarak yang dekat dan panas yang tinggi. Sebab panas berlebihan dari hairdryer juga dapat merusak perangkat.

Gunakan Sinar UV

Untuk lebih praktis dalam membersihkan smartphone dan perangkat gadget lainnya dari bakteri dan virus, bisa menggunakan sinar UV. Tapi cara ini tentu akan sedikit mahal dan tidak semua orang punya peralatan yang memadai.

Meski begitu, beberapa vendor smartphone adakalanya telah menyediakan layanan bersih-bersih smartphone menggunakan sinar UV. Salah satunya adalah Samsung. Guna memerangi virus Corona, perusahaan asal Korea Selatan ini memberikan layanan bersih-bersih smartphone gratis bagi para penggunanya. [IR/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -