Fatal! Kecanduan Gadget Bisa Mengubah Bentuk Otak manusia

Telset.id, Jakarta – Kecanduan gadget terbukti memberikan dampak buruk bagi fisik manusia. Penelitian terbaru menyebut jika kecanduan HP pintar mampu mengubah bentuk otak manusia.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Senin (24/02/2020), peneliti dari Universitas Heidelberg, Jerman, membuktikan dampak buruk kecanduan gadget atau HP pintar lewat survei menggunakan mesin MRI Scan.

Ada 48 orang yang disurvei, di mana 22 orang di antaranya masuk dalam kategori kecanduan smartphone.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Para peneliti menyimpulkan bahwa dampak buruk kecanduan HP mengakibatkan bentuk fisik otak berubah. Peneliti bahkan mengatakan bahwa bentuk otak dari mereka yang kecanduan gadget mirip seperti bentuk otak para pecandu narkoba.

Penelitan ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi khususnya smartphone dapat memberikan efek buruk bagi otak. Kecanduan yang banyak terjadi mampu membuat struktur otak manusia layaknya pecandu narkoba.

“Mengingat penggunaannya yang meluas dan popularitasnya yang meningkat, penelitian ini mempertanyakan ketidakberesan smartphone, setidaknya pada individu yang mungkin berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan perilaku adiktif terkait smartphone.” tulis peneliti.

Kecanduan gadget, khususnya smartphone bukan hal baru tetapi temuan ini memang mengkhawatirkan. Perusahaan-perusahaan seperti Apple dan Google telah memperkenalkan fitur-fitur pada sistem operasi agar pengguna tidak terlalu lama menggunakan gadget.

{Baca juga: 7 Aplikasi untuk Bantu Kurangi Kecanduan Smartphone}

Dampak kecanduan gadget bagi otak sebenarnya sudah terjadi pada Juli 2019 lalu.  Seorang bocah laki-laki berusia 13 tahun mengalami cacat mental karena terlalu sering menggunakan smartphone. Dia mulai tak terkendali, membenturkan kepalanya di dinding dan sempat tak mengenali anggota keluarganya.

Dilansir Telset.id dari World of Buzz pada Jumat (05/07/2019) peristiwa ini terjadi di Zhejiang, China. Tahun lalu bocah tersebut diberikan smartphone oleh orangtuanya. Dari sinilah awal semua masalah.

{Baca juga: Kecanduan Smartphone, Bocah Ini Jadi Cacat Mental}

Tujuan awalnya agar bisa berkomunikasi, karena kedua orangtuanya sibuk bekerja. Namun bocah itu justru kecanduan smartphone dan bermain hampir setiap hari dan sampai tengah malam.

Bocah tersebut mengalami masalah kesehatan. Sebulan yang lalu, di sekolah bocah tiba-tiba menjadi gila dan mulai membenturkan kepalanya tanpa henti ke dinding.

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI