7 Aplikasi untuk Bantu Kurangi Kecanduan Smartphone

Telset.idSmartphone seakan sudah menjadi sebuah candu. Mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga kembali tidur pada malam hari, smartphone menjadi barang yang selalu kita gunakan. Untungnya ada aplikasi yang bisa membantu kurangi kecanduan smartphone.

Hadirnya smartphone memang menawarkan begitu banyak kemudahan. Tidak hanya menjadi alat untuk berkomunikasi, smartphone telah dilengkapi beragam fitur menarik untuk penggunanya.

Sayangnya, beragam fitur ini justru membuat pengguna terlena dan menghabiskan banyak waktu dengan smartphone. Bahkan pada beberapa kasus, seseorang merasa begitu gelisah jika tidak menggunakan smartphone sebentar saja.

{Baca Juga: 10 Game PS1 Terbaik dan Legendaris, Serunya Bikin Kangen!}

Disadari atau tidak, ini yang disebut dengan kecanduan smartphone. Tentu kebiasaan kurang baik ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena bisa mengganggu produktivitas lain di dunia nyata.

Maka dari itu, kali ini Telset.id akan membagikan daftar aplikasi untuk membantu kurangi kecanduan smartphone. Ada aplikasi apa saja? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

Dessert Island

Download: Android

Bukan, ini bukanlah sebuah game. Dessert Island merupakan sebuah aplikasi launcher yang dikembangkan oleh tim Google Creative Labs. Aplikasi launcher ini dibuat untuk membantu Anda mengurangi efek kecanduan pada smartphone.

Aplikasi launcher ini bekerja dengan cara membatasi jumlah aplikasi yang bisa Anda akses. Saat mengaktifkan Dessert Island sebagai launcher smartphone, Anda diharuskan untuk memilih 7 aplikasi yang menurut Anda sangat penting yang ada di smartphone Anda.

{Baca Juga: 8 Aplikasi Traveling yang Wajib Diinstall Traveler}

Setelah memilih 7 aplikasi, maka hanya 7 aplikasi tersebut yang akan ditampilkan di launcher. Harapannya, Anda akan bisa menahan diri dan hanya membuka smartphone saat benar-benar dibutuhkan dan tidak tergoda membuka aplikasi lain yang sebenarnya tidak  begitu dibutuhkan.

 Checky

Download: Android

Checky

Aplikasi selanjutnya yang akan membantu lepas dari kecanduan smartphone adalah Checky. Aplikasi ini membantu Anda memantau seberapa sering Anda menggunakan smartphone.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan memantau seberapa sering Anda mengecek smartphone. Aplikasi Checky akan menampilkan angka yang akan terus bertambah seiring semakin seringnya Anda membuka smartphone.

Diharapkan aplikasi ini dapat berguna menjadi pengingat jika Anda terlalu sering mengakses smartphone.

Forest – Stay Focused

Download: Android | iOS

Forest

Forest merupakan aplikasi yang cukup unik, yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi kecanduan smartphone. Aplikasi ini sengaja dibuat layaknya Anda tengah memainkan sebuah game.

Lewat aplikasi Forest, Anda akan diajak untuk menanam benih hinga menjadi sebuah pohon. Benih ini akan tumbuh subur menjadi pohon jika Anda sanggup menahan godaan untuk tidak menggunakan smartphone.

Sebaliknya, benih atau pohon tersebut akan layu dan mati jika Anda terlalu sering mengakses smartphone Anda. Menarik bukan?

Post Box

Download: Android

Aplikasi Post Box juga dikembangkan oleh tim Google Creative Lab. Serupa dengan Dessert Island, aplikasi ini juga dibuat untuk membantu Anda lepas dari kecanduan pada smartphone.

Salah satu alasan mengapa kita sering membuka smartphone adalah adanya notifikasi yang masuk. Untuk itu, aplikasi ini berfungsi untuk membatasi notifikasi yang masuk.

Sebelumnya, Anda akan bisa menentukan kapan notifikasi-notifikasi yang masuk tersebut akan muncul di smartphone Anda. Diharapkan dengan cara ini Anda tidak akan terdistraksi, dan tidak tergoda untuk membuka smartphone.

Quality Time

Download: Android

Quality Time

Serupa dengan namanya, aplikasi ini mengajak Anda untuk menikmati quality time tanpa terganggu dengan smartphone. Bisa dengan berfokus pada pekerjaan, atau menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang.

Aplikasi ini bisa memantau dan memberikan laporan secara real-time perihal durasi waktu Anda menggunakan smartphone. Aplikasi ini akan memberikan peringatan jika Anda terlalu lama menggunakan gadget.

Anda juga akan bisa bisa mengatur jadwal saat seharusnya tidak menggunakan smartphone terlalu lama. Anda juga bisa membatasi aplikasi mana yang bisa diakses saat jadwal tersebut telah dibuat.

Unlock Clock

Download: Android

Unlock Clock

Unlock clock merupakan sebuah live wallpaper. Tidak hanya menampilkan tanggal dan jam, aplikasi ini juga akan menghitung seberapa sering Anda membuka kunci smartphone setiap harinya.

Menurut pengembangnya, Unlock Clock diharapkan dapat membantu Anda mengurangi durasi pemakaian smartphone. Diharapkan saat hitungan tersebut muncul, Anda teringat bahwa Anda sudah terlalu sering menggunakan smartphone dan mengurungkan niat untuk menggunakannya saat tidak begitu diperlukan.

We Flip

Download: Android

We Flip

Aplikasi We Flip mungkin sangat cocok digunakan saat Anda sedang berkumpul dengan teman-teman. Biasanya saat berkumpul teman-teman, kita justru malah sibuk dengan smartphone masing-masing.

We Flip adalah sebuah game multiplayer yang bisa Anda mainkan bersama teman. Pemenangnya adalah siapa yang paling lama tidak membuka layar smartphone. Jika layar dibuka, maka ia akan kalah.

Saat permainan berakhir, We Flip akan menunjukkan berapa lama durasi Anda tidak mengakses smartphone sama sekali. Seru kan?

Well, bagaimana menurut Anda? Siapa tahu, kalau menggunakan salah satu dari 7 aplikasi tadi, bisa kurangi kecanduan smartphone Anda ya. (HR/MF)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lokasi Sengketa Krimea, Kashmir dll Tampil di Google Maps

Telset.id, Jakarta - Akhir tahun lalu, Apple dan Google berada di pusaran kontroversi ketika menyerah kepada tuntutan Rusia untuk...

Perhatian! Air Purifier Tidak Bisa Cegah Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Wabah virus Corona menyebabkan maraknya penggunaan air purifier. Harapannya, air purifier dapat membuat kualitas udara di dalam...

Sah! Bayar SPP Pakai GoPay Bukan Cuma Candaan Warganet

Telset.id, Jakarta - Ketika mantan bos Gojek, Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia, warganet mengunggah candaan...

Angkatan Darat AS Manfaatkan Gamers untuk Bikin Robot Militer

Telset.id, Jakarta - Untuk mengembangkan robot militer, Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) pun mempelajari otak para gamers ketika bermain game. Mereka mempelajari...

Dua Profesor Ini Ciptakan Gelang Ultrasonik “Pengacau” Amazon Echo

Telset.id, Jakarta - Speaker pintar macam Amazon Echo memiliki mikrofon yang selalu menyala agar bisa merespon dengan cepat saat diberi...
- Advertisement -
X
X