Review ASUS ROG Phone II: Spek Gahar, Main Game Puas!

Tes Kinerja

Membahas soal performanya, dalam review ASUS ROG Phone II ini kami menggunakan tiga aplikasi benchmark, yaitu AnTuTu Benchmark versi 8 dan 3DMark untuk mengetahui performa GPU dan CPU, serta PCMark untuk mengetahui kemampuannya ketika digunakan untuk bekerja dan sehari-hari. Pengujian dilakukan dengan mode XMode.

XMode adalah fitur untuk memaksimalkan clockspeed pada prosesor sehingga performa yang dijalankan dalam keadaan paling maksimal. Dengan mengaktifkan XMode  maka clockspeed CPU di SoC Snapdragon 855+ akan diatur ke angka maksimalnya yaitu 2,96GHz.

{Baca juga: 2 Smartphone Gaming Ini Siap Tantang Asus ROG Phone 2}

Namun pengguna masih bisa melakukan aktivitas “Overclock” yang lebih maksimal, dengan menu “Hardcore Tuning” yang ada pada XMode di Armour Crate. Tapi bagi anda yang kurang mengerti, cukup centang “As System” saja, sebenarnya kemampuan smartphone ini juga sudah sangat maksimal.

XMode review ROG Phone II

Berdasarkan pengujian review kami di AnTuTu Benchmark ROG Phone II mendapatkan angka yang terbilang sangat tinggi yaitu mencapai 483.114. Angka ini tentunya telah melampaui skor yang dimiliki oleh para rivalnya yang sama-sama telah menggunakan Snapdragon 855+.

Sedangkan untuk 3DMark, 3DMark, smartphone ini masing-masing mencatatkan skor 86.801 poin untuk Ice Storm, Max untuk Ice Storm Extreme, 8.199 poin untuk Sling Shot, dan 3.868 poin untuk Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.1 serta 4444 poin untuk Sling Shot Extreme Vulkan.

Dari hasil tes grafis menggunakan aplikasi 3DMark tersebut juga menunjukan bahwa performa ASUS ROG Phone II masih menjadi jawara dibandingkan smartphone gaming rivalnya.

Dan pada aplikasi benchmark PCMark Work 2.0 Performance, smartphone gaming ini memberikan hasil yang terbilang sangat tinggi. ROG Phone II mencatatkan angka sebesar 12874 poin. Tentunya lagi-lagi ROG Phone 2 masih memimpin dibandingkan dengan rival smartphone gaming lainnya.

Selain menjalankan benchmark untuk pengujian review ROG Phone II, tentunya kami juga mencoba langsung smartphone gaming Asus ini untuk bermain game. Adapun game-game yang kami coba antara lain yaitu PUBG Mobile, COD Mobile dan juga F1.

Kami menjalankan game ini dengan mode X Performance yang memaksimalkan kemampuan prosesor di clock speed tertinggi.

PUBG Mobile review ROG Phone II

Untuk bermain game PUBG Mobile, secara default smartphone ini tentunya bisa menjalankan game dengan kualitas gambar tertinggi yaitu HDR, dengan frame rate tertinggi yaitu Extreme.

Tidak ada kendala berarti saat menjalankan game ini, dan ASUS ROG Phone II mampu memberikan refresh rate 60FPS dengan sangat stabil. Hal yang sama juga dapat kita rasakan saat bermain COD Mobile. Meskipun game dijalankan di setting grafis paling tinggi, tetapi smartphone ini tidak mengalami lag sama sekalipun.

CoD Mobile review ROG Phone II

Meski demikian peningkatan pastinya juga tetap terjadi ketika bermain game. Apalagi unit yang kami coba masih belum dilengkapi dengan aksesori Aero Active Cooler II, sehingga pembuangan panas masih lamban. Saat bermain dengan performa tinggi, ponsel ini bisa mencapai suhu sekitar 40 derajat celcius pada titik tertentu.

Namun hal tersebut juga tidak mengganggu kinerja perangkat, apalagi menyebabkan lagging. Smartphone juga masih tetap nyaman digenggam berkat AeroCase yang memberikan grip nyaman bagi pengguna tanpa menghalangi penyebaran panas pada smartphone.

Baterai

Di review ROG Phone II ini kami juga menguji kemampuan baterai perangkat. ROG Phone II dibekali dengan baterai yang sangat besar yaitu 6000mAh. Tentu membuat kita penasaran seberapa jauh kemampuan daya tahan baterai serta pengisian daya pada smartphone yang satu ini.

Battery review ROG Phone II

Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark, ROG Phone II mencatatkan waktu 11 jam 15 menit. Sementara saat kami menggunakannya sebagai daily driver dengan estimasi main game secara total kurang lebih 2 jam, mampu bertahan selama 9 jam 57 menit dengan baterai tersisa 5%.

Sedangkan untuk kecepatan charging, smartphone ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi baterai dari kondisi 5% hingga 100%. Terbilang cukup cepat, karena pengisian dilakukan menggunakan charger 18W, untuk baterai berkapasitas 6000mAh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Susah “Move On”, Huawei Ingin Balikan dengan Google

Telset.id, Jakarta - Bos Huawei, Richard Yu menyatakan bahwa pihaknya masih memendam keinginan untuk dapat kembali menggunakan lisensi Google...

Bukan Ponsel Flagship, LG G Series akan Ganti Nama

Telset.id, Jakarta - LG G series sejatinya smartphone yang menjadi andalan LG. Namun menurut informasi dari sumber di Korea Selatan...

Ada 2, Begini Cara Aktifkan Fitur OSIE di Oppo Reno3

Telset.id, Jakarta - Oppo memperkenalkan teknologi bertajuk OSIE di badan Oppo Reno3. OSIE sendiri, yang merupakan akronim dari Oppo...

Huawei P40 Pro jadi Smartphone Kamera Terbaik Versi DxOMark

Telset.id, Jakarta - Huawei P40 Pro dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik saat ini oleh DxOMark. Huawei P40 Pro mendapatkan skor...

Apple Watch Anyar Bakal Punya Fitur Blood Oxygen

Telset.id, Jakarta - Apple digadang-gadang tengah menggarap Apple Watch generasi ke-enam. Salah satu penambahan fitur yang ada pada smartwatch...
- Advertisement -