Review ASUS ROG Phone II: Spek Gahar, Main Game Puas!

Spesifikasi

ASUS ROG Phone II pastinya tidak mau jadi yang kedua untuk urusan spesifikasi, apalagi aspek-aspek yang akan sangat dibutuhkan oleh para gamers. Untuk smartphone gaming, para gamers biasanya membutuhkan layar yang responsive serta performa yang paling kencang.

Layar ROG Phone II sudah menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+, yang juga didukung dengan teknologi DCI-P3. Warna yang dihasilkan tentunya sangat baik, karena DCI-P3 adalah standar untuk kualitas warna yang mirip dengan di studio film.

Refresh Rate Layar review ROG Phone II

Responstivitasnya juga sangat tinggi, karena ROG Phone II adalah smartphone pertama di dunia yang sudah mendukung refresh rate 120Hz. Sedangkan touch response-nya mencapai 240Hz.

Pastinya pengguna tak perlu lagi khawatir mengalami delay input yang akan mengganggu saat bermain game. Apalagi untuk game action, bagi gamers sepersekian detik saja, nyawa taruhannya.

ROG Phone II juga punya dapur pacu yang paling jempolan untuk tahun 2019. Bisa dibilang ini adalah smartphone gaming Asus paling powerful di tahun 2019.

Dibekali dengan chipset Snapdragon 855 Plus Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485 + GPU Adreno 640MHz), ponsel ini tentu tak perlu lagi diragukan performanya baik untuk urusan CPU maupun grafis.

Performa tentu tak cuma dipengaruhi oleh chipset yang digunakan, kecepatan memori juga menentukan. Untuk itu ROG Phone II dibekali dengan RAM LPDDRX 4, dan internal storage berjenis UFS 3.1.

{Baca juga: Telset Editor’s Choice 2019: Best Gaming Smartphone}

Unit yang kami uji menggunakan RAM 8GB dengan internal storage sebesar 128GB. Untuk Indonesia, ROG Phone menyediakan model dengan RAM hingga 12 GB dan internal storage hingga 512 GB.

Beralih ke kamera, meski perangkat ini adalah smartphone gaming, tapi sebenarnya kameranya juga cukup menjanjikan. Karena pada dasarnya smartphone ini menggunakan setup kamera yang sama dengan ASUS Zenfone 6, yaitu dengan sensor IMX586 48MP yang ditambah dengan ultra wide angle 13MP.

Modul Kamera review ROG Phone II

Tapi tentunya kamera di ROG Phone II tidak memiliki desain flip seperti di Zenfone 6. Untuk kamera depan, ROG Phone punya sensor kamera 24MP yang pastinya juga sangat menjanjikan bagi  pengguna.

Ponsel ini juga datang dengan upgrade pada sisi baterai. Dimana kini ROG Phone II menggunakan baterai dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 6000mAh. Untuk pengisiannya, ASUS membekalinya dengan pengisian 18W. Tapi untuk input maksimal, smartphone ini dapat diisi daya dengan charger hingga 30W (Quick Charge 4.0)

Untuk sistem pendinginannya, ROG Phone II masih menggunakan yang sama dengan seri sebelumnya ROG Phone pertama, yaitu menggunakan teknologi 3D vapor chamber berlapis.

Namun untuk generasi terbaru, seperti yang kita telah bahas di awal, Asus akhirnya benar-benar memberikan lubang ventilasi yang langsung terhubung ke bagian komponen PCB di dalam, untuk pembuangan panas.

Berbeda dengan generasi awal yang hanya menggunakan grill yang tampak berlubang. Terbukti saat melakukan review ROG Phone II, kami tidak merasakan panas yang mengganggu, baik saat menggunakannya untuk aktivitas normal maupun saat bermain game.

Urusan sinyal tentu juga jadi perhatian utama untuk sebuah smartphone gaming. Gak mau donk, lagi asyik-asyik main game tiba-tiba koneksi internet atau wi-fi terputus. ROG Phone II memiliki empat buah antenna wi-fi untuk menjamin koneksi tetap berjalan lancar.

Dukungan Wi-Fi-nya yaitu WLAN 802.11ad yang telah mendukung jaringan 2,4GHz, 5GHz dan juga Wi-Gig dengan frekuensi 60GHz. Sedangkan untuk konektivitas LTE telah dilengkapi dengan dukungan 4×4 MIMO dan Carrier Aggregation. ROG Phone II juga sudah punya NFC, Bluetooth 5.0, dan sistem pemetaan A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS.

Sensor pun tentunya lengkap, mulai dari accelerometer, gyro, proximity, compass, dan ambience light. Upss, hampir terlupa, untuk sensor fingerprint, ROG Phone II juga sudah menggunakan sensor di dalam layar. Responsivitasnya juga sudah sangat baik, pengguna dapat membuka kunci layar dengan cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Susah “Move On”, Huawei Ingin Balikan dengan Google

Telset.id, Jakarta - Bos Huawei, Richard Yu menyatakan bahwa pihaknya masih memendam keinginan untuk dapat kembali menggunakan lisensi Google...

Bukan Ponsel Flagship, LG G Series akan Ganti Nama

Telset.id, Jakarta - LG G series sejatinya smartphone yang menjadi andalan LG. Namun menurut informasi dari sumber di Korea Selatan...

Ada 2, Begini Cara Aktifkan Fitur OSIE di Oppo Reno3

Telset.id, Jakarta - Oppo memperkenalkan teknologi bertajuk OSIE di badan Oppo Reno3. OSIE sendiri, yang merupakan akronim dari Oppo...

Huawei P40 Pro jadi Smartphone Kamera Terbaik Versi DxOMark

Telset.id, Jakarta - Huawei P40 Pro dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik saat ini oleh DxOMark. Huawei P40 Pro mendapatkan skor...

Apple Watch Anyar Bakal Punya Fitur Blood Oxygen

Telset.id, Jakarta - Apple digadang-gadang tengah menggarap Apple Watch generasi ke-enam. Salah satu penambahan fitur yang ada pada smartwatch...
- Advertisement -