iPhone 11 dan 11 Pro Dicemplungkan ke Air Laut, Selamat?

Telset.id, Jakarta – iPhone 11, iPhone 11 Pro dan Pro Max merupakan trio iPhone terbaru yang memiliki sertifikat IP68. Itu berarti, ketiga iPhone 11 tersebut mampu tahan air tawar dengan kedalaman 2 Meter selama 30 Menit.

Tapi, bagaimana jadinya kalau iPhone 11 dan iPhone 11 Pro dicemplungkan ke dalam air laut yang berpotensi membuat komponen smartphone menjadi karat?

Well, baru-baru ini, seperti dilansir Telset.id dari CNET pada Kamis (26/12/2019), kedua iPhone itu diceburkan ke dalam air laut di kedalaman yang berbeda menggunakan drone.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Pertama di kedalaman 13 kaki atau 4 meter, lalu 26 kaki atau 8 meter dan yang paling dalam adalah 39 kaki atau 12 meter. Masing-masing kedalaman, kedua iPhone itu ditenggelamkan selama 30 menit.

Bagaimana hasilnya? Cukup mengejutkan. iPhone 11 dan iPhone 11 Pro masih tahan air laut dan mampu bekerja dengan optimal.

Meski demikian, saat pengujian di kondisi terdalam sempat mengalami penurunan fungsi terutama pada speaker. Tapi, setelah perangkat dikeringkan semua berjalan normal.

{Baca juga: Edan! Kamera iPhone 11 Pro Diadu Kamera TV Seharga Rp 3,5 Miliar}

Tim penguji dari CNET juga menunggu hingga tiga hari untuk mengetahui apakah iPhone tersebut mengalami kerusakan atau tidak. Sebab, keduanya ditenggelamkan di air garam, yang bisa jadi akan mengalami karat setelah beberapa hari.

{Baca juga: Apple Fanboy Antre dari Subuh Demi iPhone 11 Pro Resmi}

Tapi ternyata, iPhone 11 dan iPhone 11 Pro benar-benar masih dapat bekerja dengan baik. Beberapa aspek yang diuji seperti touch screen, kamera, tombol, speaker/microphone, dan charging, semuanya masih normal.

CNET pun memberikan peringatan kepada pengguna. Meskipun hasil pengujian yang dilakukan memperlihatkan iPhone 11 dan 11 Pro dapat bertahan di air laut hingga kedalaman 12 meter, tapi hal ini juga tidak perlu ditiru oleh para pengguna. Selengkapnya, simak video berikut ini:

(IR/FHP)

SourceCNET

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI