iPhone 11 dan 11 Pro Dicemplungkan ke Air Laut, Selamat?

Telset.id, Jakarta – iPhone 11, iPhone 11 Pro dan Pro Max merupakan trio iPhone terbaru yang memiliki sertifikat IP68. Itu berarti, ketiga iPhone 11 tersebut mampu tahan air tawar dengan kedalaman 2 Meter selama 30 Menit.

Tapi, bagaimana jadinya kalau iPhone 11 dan iPhone 11 Pro dicemplungkan ke dalam air laut yang berpotensi membuat komponen smartphone menjadi karat?

Well, baru-baru ini, seperti dilansir Telset.id dari CNET pada Kamis (26/12/2019), kedua iPhone itu diceburkan ke dalam air laut di kedalaman yang berbeda menggunakan drone.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Pertama di kedalaman 13 kaki atau 4 meter, lalu 26 kaki atau 8 meter dan yang paling dalam adalah 39 kaki atau 12 meter. Masing-masing kedalaman, kedua iPhone itu ditenggelamkan selama 30 menit.

Bagaimana hasilnya? Cukup mengejutkan. iPhone 11 dan iPhone 11 Pro masih tahan air laut dan mampu bekerja dengan optimal.

Meski demikian, saat pengujian di kondisi terdalam sempat mengalami penurunan fungsi terutama pada speaker. Tapi, setelah perangkat dikeringkan semua berjalan normal.

{Baca juga: Edan! Kamera iPhone 11 Pro Diadu Kamera TV Seharga Rp 3,5 Miliar}

Tim penguji dari CNET juga menunggu hingga tiga hari untuk mengetahui apakah iPhone tersebut mengalami kerusakan atau tidak. Sebab, keduanya ditenggelamkan di air garam, yang bisa jadi akan mengalami karat setelah beberapa hari.

{Baca juga: Apple Fanboy Antre dari Subuh Demi iPhone 11 Pro Resmi}

Tapi ternyata, iPhone 11 dan iPhone 11 Pro benar-benar masih dapat bekerja dengan baik. Beberapa aspek yang diuji seperti touch screen, kamera, tombol, speaker/microphone, dan charging, semuanya masih normal.

CNET pun memberikan peringatan kepada pengguna. Meskipun hasil pengujian yang dilakukan memperlihatkan iPhone 11 dan 11 Pro dapat bertahan di air laut hingga kedalaman 12 meter, tapi hal ini juga tidak perlu ditiru oleh para pengguna. Selengkapnya, simak video berikut ini:

(IR/FHP)

SourceCNET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lokasi Sengketa Krimea, Kashmir dll Tampil di Google Maps

Telset.id, Jakarta - Akhir tahun lalu, Apple dan Google berada di pusaran kontroversi ketika menyerah kepada tuntutan Rusia untuk...

Perhatian! Air Purifier Tidak Bisa Cegah Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Wabah virus Corona menyebabkan maraknya penggunaan air purifier. Harapannya, air purifier dapat membuat kualitas udara di dalam...

Sah! Bayar SPP Pakai GoPay Bukan Cuma Candaan Warganet

Telset.id, Jakarta - Ketika mantan bos Gojek, Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia, warganet mengunggah candaan...

Angkatan Darat AS Manfaatkan Gamers untuk Bikin Robot Militer

Telset.id, Jakarta - Untuk mengembangkan robot militer, Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) pun mempelajari otak para gamers ketika bermain game. Mereka mempelajari...

Dua Profesor Ini Ciptakan Gelang Ultrasonik “Pengacau” Amazon Echo

Telset.id, Jakarta - Speaker pintar macam Amazon Echo memiliki mikrofon yang selalu menyala agar bisa merespon dengan cepat saat diberi...
- Advertisement -
X
X