Review Galaxy Watch Active 2: Kolaborasi Style dan Teknologi

Telset.id – Samsung memboyong seri smartwatch terbarunya ke Indonesia, Samsung Galaxy Watch Active 2. Menurut Samsung, arloji pintar ini hasil kolaborasi style dan teknologi jempolan. Itu sebabnya diklaim cocok dengan gaya hidup anak milenial. Nah, kami akan coba membuktikannya lewat review Galaxy Watch Active 2 ini.

Generasi milenial dan teknologi memang menjadi satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Terlebih, berbagai kegiatan yang dilakukan sudah melibatkan berbagai teknologi. Tak heran jika generasi milenial mendambakan perangkat teknologi yang bisa selalu menunjang kegiatan mereka.

{Baca juga: Smartwatch Millenial, Samsung Galaxy Watch Active2 Dijual di Indonesia}

Nah, Samsung Galaxy Watch Active 2 ini hadir untuk melengkapi keberadaan smartphone. Selain bisa menunjang style Anda dalam berbusana, jam tangan pintar ini juga menawarkan deretan fitur canggih yang pastinya sangat berguna dan membuat Anda tampil beda.

Itu sebabnya jam pintar ini diklaim sebagai kolaborasi style dan teknologi. Sekilas kalau dilihat, nampaknya seperti itu. Tapi kita tetap harus mengujinya terlebih dahulu dalam review kali ini.

Memang, apa saja sih yang ditawarkan Samsung lewat jam pintarnya? Yuk cari tahu jawabannya di review Galaxy Watch Active 2 dari Telset.id berikut ini!

Desain

kolaborasi style dan teknologi

Pertama-tama di Review Galaxy Watch Active 2 ini kita akan membicarakan soal desainnya. Karena rasanya agak kurang pas kalau tidak membahas soal desainnya terlebih dulu.

Oh, iya, sebelumnya, smartwatch ini punya dua ukuran yang ditawarkan, yakni model 40mm dan 44mm. Nah, yang kami review kali ini adalah model 40mm.

Pada model 40mm ini memiliki layar sentuh Circular Super AMOLED berukuran 1,2 inci dengan resolusi 360 x 360. Untuk membuatnya tidak mudah tergores, Samsung sudah melapisi layarnya dengan Corning Gorilla Glass DX+.

{Baca juga: Resmi Dirilis, Samsung Galaxy Watch Active 2 Punya Sensor ECG}

Untuk navigasinya, bisa dilakukan melalui layar sentuh dan tombol yang berada di tepian jam tangan. Saat melakukan navigasi ini, Anda akan bisa merasakan langsung kualitas yang Samsung tawarkan pada Galaxy Watch Active 2. Jelas bahwa Samsung tidak asal mendesain arloji pintarnya.

Pada bodi Galaxy Watch Active 2 ini sudah tertanam sebuah speaker. Melalui speaker ini pengguna dapat mendengarkan musik langsung melalui jam tangan. Kalau dipikir-pikir, agak aneh juga sebenarnya jika Anda mendengarkan lagu lewat jam tangan. Ya kan?!

kolaborasi style dan teknologi

Sebagai informasi tambahan, Galaxy Watch Active 2 sudah mendukung beragam format audio, seperti MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, WMA, AMR, dan AWB.

Mengingat ini merupakan sebuah smartwatch, tentu Anda dapat dengan mudah mengganti tampilannya jika bosan. Oke juga sih, karena Anda bisa menyesuaikan dengan pakaian yang dipakai. Mungkin ini yang disebut Samsung sebagai kolaborasi style dan teknologi.

{Baca juga: Suka Gonta-ganti Outfit? Fitur Galaxy Watch Active2 Ini Cocok Buat Kamu}

Selain dari stok tampilan yang ada, pengguna juga bisa mengunduh tema tambahan yang sudah disediakan oleh Samsung dengan jumlah yang cukup banyak.

Menariknya, Galaxy Watch Active 2 memiliki sebuah fitur yang disebut Watch Face. Cukup dengan mengambil gambar pakaian yang Anda kenakan, fitur ini akan langsung menyesuaikan tampilan dari jam cerdar ini dengan outift yang tengah Anda kenakan saat itu. Seru kan?!

kolaborasi style dan teknologi

Seperti di seri smartwatch Samsung sebelumnya, raksasa elektronik Korea Selatan ini juga menyediakan varian strap lainnya yang sesuai dengan selera. Sayangnya, strap tambahan ini dijual secara terpisah. Jadi Anda perlu merogoh kocek tambahan untuk mendapatkannya.

Kami cukup suka dengan desain simpel dan stylish yang dimiliki Galaxy Watch Active 2. Tampilannya tidak terlihat mencolok, tetap nampak seperti jam tangan pada umumnya. Namun dibalik kesan kalem di luar, tersimpan segudang fitur pintar di bagian dalamnya.

Spesifikasi

Mengintip ke bagian dalamnya, arloji pintar ini mengandalkan prosesor dual-core Exynos 9110 berkecepatan 1,15 GHz. Kinerjanya dibantu dengan adanya RAM 768MB dan memori internal sebesar 4GB. Sistem operasinya menggunakan Tizen berbasis Wearable OS 4.0.

Untuk urusan sumber daya, tertanam baterai berkapasitas 247 mAh. Berdasarkan pantauan estimasi dari aplikasi Galaxy Wear, dalam kondisi 98% dan terkoneksi dengan smartphone, jam tangan bisa tetap menyala selama sekitar 1 hari 19 jam.

Mengenai durasi lama proses pengisian dayanya, kami menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk membuat baterai Galaxy Watch Active 2 terisi hingga penuh.

Sebagai catatan, Samsung tidak menyediakan adaptor untuk pengisian daya. Sehingga saat butuh ngecas, Anda diharuskan mencolokannya ke komputer atau laptop Anda.

Dari segi konektivitas, Galaxy Active Watch 2 terbilang komplit. Mulai dari Bluetooth 5.0, WiFi, GPS, hingga NFC, ada di dalam smartwatch satu ini. Sementara untuk sensornya sudah dilengkapi accelerometer, gyro, barometer, HRM, dan Ambient Light.

{Baca juga: Samsung Perkenalkan Galaxy Watch Active2 Edisi Under Armour}

Jam tangan pintar ini juga sudah mengantongi sertifikasi militer MIL-STD-810G dari segi durabilitas. Juga masih ada sertifikasi 5ATM dan IP68 yang menjadi jaminan bahwa jam tangan ini tahan air dan debu. Samsung mengklaim, Galaxy Watch Active 2 dapat bertahan di kedalaman air hingga durasi 30 menit.

Fitur

Galaxy Watch Active 2 mengandalkan koneksi Bluetooth untuk terintegrasi dengan smartphone. Pada proses pairing pertama kali, Anda diharuskan terlebih dahulu meng-install aplikasi Galaxy Wear. Setelah itu bisa langsung terkoneksi? Eits, nanti dulu, belum selesai.

Kami mencatat, setelah Galaxy Wear terinstall dan proses pairing dimulai, Anda diharuskan mengunduh lagi tiga aplikasi tambahan yang ada di Google Play Store. Mulai dari aplikasi Watch Active 2 Plugin, Samsung Accessory Service, dan Samsung Health.

Setelah ketiganya selesai diunduh, baru Anda bisa melakukan pairing. Meski sedikit ribet, tapi semua aplikasi ini di-install untuk membuat Galaxy Watch Active 2 jadi lebih maksimal saat terkoneksi dengan smartphone. Tenang, untuk proses pairing selanjutnya bisa dilakukan dengan cepat kok.

Semua proses pengaturan dan personalisasi Galaxy Watch Active 2 bisa Anda lakukan melalui aplikasi Galaxy Wearable.

Setelah terintegrasi, Anda bisa melakukan banyak hal melalui smartwatch. Seperti menerima notifikasi dari aplikasi chatting atau sosial media, melakukan dan menerima panggilan, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

Ada satu fitur hiburan unik yang ada di Galaxy Watch Active 2. Yakni, Anda bisa menonton YouTube langsung di layar smartwatch ini. Meski demikian, Anda harus menurunkan tingkat kenyamanan saat menonton YouTube di perangkat ini. Sebab, ukuran layarnya yang kecil terasa kurang memadai untuk menikmati tayangan YouTube.

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, Galaxy Watch Active 2 sudah dijejali dengan banyak fitur menarik. Pertama, tentu saja fitur yang jamak ditemui di sebuah smartwatch, fitur kesehatan.

Galaxy Watch Active 2 telah disematkan sebuah sensor pada bagian belakangnya, yang berguna untuk memantau detak jantung penggunanya. Saat ritme jantung terpantau berjalan tidak normal, smartwatch akan memunculkan notifikasi peringatan.

Tidak hanya itu saja, arloji pintar ini juga dapat memantau tingkat stres penggunanya. Smartwatch akan menganjurkan penggunanya untuk melakukan latihan pernafasan untuk membuatnya lebih tenang.

Kami menganjurkan untuk menggunakan jam ini dengan pas di pergelangan tangan, tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Tujuannya, agar sensor bisa membaca kondisi kesehatan Anda dengan lebih akurat.

Selain fitur kesehatan, Galaxy Watch Active 2 juga dibekali dengan fitur pelacak kebugaran. Jam pintar ini dapat memonitor pergerakan dan memantau aktivitas fisik penggunanya.

Terdapat tujuh jenis olahraga yang dapat diaktifkan secara otomatis, yaitu berjalan, lari, bersepeda, renang, rowing, elliptical, serta latihan dinamis.

Sedangkan untuk yang gemar berlari atau jogging, ada sebuah fitur yang bernama Running Coach. Lewat fitur ini, smartwatch dapat memberi pengguna selama berolahraga secara real time. Mirip-mirip dengan memiliki trainer pribadi.

Hasil dari aktifitas olahraga yang dilakukan akan terekam dan bisa dipantau langsung melalui aplikasi Samsung Health, yang sudah di-install di smartphone.

Udah segitu aja? Pastinya belum. Ada satu lagi fitur menarik yang harus Anda tahu. Galaxy Watch Active 2 ternyata bisa beralih fungsi sebagai translator. Fitur ini memungkinkan perangkat smartwatch untuk membantu menerjemahkan sekitar 15 bahasa yang berbeda di seluruh dunia. Sayangnya kami belum sempat mencoba fitur ini secara langsung.

Kesimpulan

Begini jadinya kalau style dan teknologi dijadikan satu. Selain bisa menunjang gaya penggunanya, beragam teknologi yang ada di Galaxy Watch Active 2 juga bisa sangat bermanfaat. Sebuah smartwatch paket lengkap dari Samsung.

Buat Anda yang ingin menggunakan smartwatch tapi tidak mau terlalu mencolok, Galaxy Watch Active 2 sangat bisa dijadikan pilihan. Ditambah sederet fitur kesehatan, kebugaran, dan hiburan yang dibenamkan, membuatnya layak untuk diperhitungkan.

Bagaimana dengan harganya? Samsung Galaxy Watch Active2 40mm bisa Anda bawa pulang setelah menebusnya dengan banderol harga Rp 4,1 jutaan. Mahal memang, tapi menurut kami cukup sepadan dengan yang Anda dapatkan.

Nah, itu tadi ulasan review Samsung Galaxy Watch Active2. Setelah mengopreknya lebih dalam, kami satu pemikiran dengan Samsung yang mengatakan arloji pintar ini merupakan kolaborasi style dan teknologi.

Bagi Anda yang punya rencana untuk membeli smartwatch, kami rekomendasikan untuk membeli perangkat jam pintar yang satu ini. Tertarik untuk meminangnya? Keputusan tetap di tangan Anda (HLM/HBS)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Makin Populer, Layanan Streaming Kuasai Pendapatan Industri Musik

Telset.id, Jakarta - Selama bertahun-tahun, industri musik masyarakat telah berubah. Dulu, orang-orang mendengarkan musik di vinyl, kemudian pindah ke...

Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Batal Gegara Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Virus Corona tidak hanya memengaruhi bisnis dan perjalanan, tetapi juga memaksa perusahaan untuk membatalkan berbagai acara....

Challenge #PakePerasaan Viral di TikTok, Seperti Apa?

Telset.id, Jakarta - Ada beragam cara untuk mengungkapkan isi hati ke orang-orang yang kita sayangi. Salah satunya melalui media sosial,...

5 Aksesoris Kamera Smartphone Terbaik, Dijamin Foto Makin Ciamik!

Telset.id - Kualitas kamera sudah menjadi salah satu perhatian utama para produsen smartphone masa kini. Makin canggihnya kualitas kamera...

Kominfo Pantau Hoaks RUU Cipta Kerja di Media Sosial

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate mengaatakan pihaknya akan memantau isu-su terkait RUU Cipta Kerja di media sosial...
- Advertisement -