Bos YouTube Batasi Anak-anaknya Akses YouTube Kids, Kenapa?

Telset.id, Jakarta  – CEO YouTube, Susan Wojcicki, mengaku memperbolehkan anak-anaknya mengakses layanan streaming. Namun demikian, ia membatasi akses mereka ke layanan itu. Pun meski layanan itu adalah YouTube Kids.

Dilansir New York Post, seperti dikutip Telset.id, Rabu (4/12/2019), Susan mengizinkan anak-anaknya untuk menggunakan YouTube sehingga memungkinkan untuk menggunakan YouTube Kids saja.

“Saya mengizinkan anak-anak untuk menggunakan YouTube Kids. Kendati demikian, saya membatasi waktunya. Kenapa? Sebab saya pikir terlalu banyak hal tidak baik yang ada di sana,” terang Susan.

{Baca juga: Darurat, Dokter Ini Belajar Prosedur Bedah via YouTube}

Dalam beberapa tahun terakhir, YouTube mendapat kecaman karena mempromosikan video yang tidak pantas dan kadang-kadang mengganggu kehidupan anak-anak melalui sistem algoritmanya.

Alhasil, YouTube Kids pun diluncurkan pada April 2019 lalu. Tujuannya untuk memberikan pengalaman yang dikuratori khusus anak-anak. Dengan begitu, anak-anak bakal terhindar dari kontan-konten dewasa.

Pada 2017 silam, YouTube menghasilkan banyak uang dari video anak-anak berpakaian minim yang telah menarik banyak komentar cabul. YouTube akan menjalankan iklan di video-video tersebut.

Pengiklan seperti Adidas, Mars, dan Hewlett-Packard kemudian memutuskan untuk menarik iklan dari YouTube. Layanan streaming video ini lantas mencoba membatasi pencarian yang menampilkan video anak-anak.

{Baca juga: Kini, Orangtua Bisa Pilih Konten di YouTube Kids}

Sebelumnya, YouTube Kids juga diketahui telah memperkenalkan cara kontrol baru bagi orangtua di layanan ini. Kontrol baru tersebut dapat membatasi YouTube Kids hanya untuk menampilkan video yang dipilih sendiri, bukan yang dikurasi secara algoritma.

Ketika orangtua menonaktifkan pencarian di profil anak, opsi baru”hanya konten yang disetujui” dapat diaktifkan. Artinya, orangtua dapat mematikan pencarian serta membatasi video yang direkomendasikan ke orang-orang.

Ada juga cara tambahan untuk menyesuaikan di bagian “hanya konten yang disetujui”. Orangtua dapat memilih koleksi video yang dibangun oleh YouTube sendiri dan merek seperti Sesame Workshop dan PBS Kids. [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Sah! Poco Resmi Pisah dari Xiaomi, Siapkan Poco F2

Telset.id, Jakarta - Setelah di tahun 2018 sempat disebut sebagai sub-brand Xiaomi, kini Poco akhirnya benar-benar resmi berpisah. Kabar...

Season 3 CoD Mobile Bawa Arena dan Mode Permainan Baru

Telset.id, Jakarta - Dirilis pada bulan Oktober 2019, game FPS Call of Duty Mobile terus melanjutkan kesuksesannya. Kini CoD...

Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Begini Caranya!

Telset.id,  Jakarta - Sebagian dari kita mungkin pernah dibuat penasaran oleh pesan WhatsApp yang tiba-tiba dihapus oleh pengirim, bahkan...

Louis Vuitton Garap Earphone TWS, Harganya Rp 14,8 Juta

Telset.id,  Jakarta - Earphone sepertinya tidak lagi  sekedar menjadi produk audio ataupun gadget. Lebih dari itu,  ini juga sudah...

Teknologi Layar Baru OnePlus Bisa Ubah 30FPS Ke 120FPS

Telset.id,  Jakarta - Smartphone dengan refresh rate layar tinggi akhir-akhir ini menjadi semakin populer. Tak mau ketinggalan, OnePlus pun...
- Advertisement -