Bos YouTube Batasi Anak-anaknya Akses YouTube Kids, Kenapa?

Telset.id, Jakarta  – CEO YouTube, Susan Wojcicki, mengaku memperbolehkan anak-anaknya mengakses layanan streaming. Namun demikian, ia membatasi akses mereka ke layanan itu. Pun meski layanan itu adalah YouTube Kids.

Dilansir New York Post, seperti dikutip Telset.id, Rabu (4/12/2019), Susan mengizinkan anak-anaknya untuk menggunakan YouTube sehingga memungkinkan untuk menggunakan YouTube Kids saja.

“Saya mengizinkan anak-anak untuk menggunakan YouTube Kids. Kendati demikian, saya membatasi waktunya. Kenapa? Sebab saya pikir terlalu banyak hal tidak baik yang ada di sana,” terang Susan.

{Baca juga: Darurat, Dokter Ini Belajar Prosedur Bedah via YouTube}

Dalam beberapa tahun terakhir, YouTube mendapat kecaman karena mempromosikan video yang tidak pantas dan kadang-kadang mengganggu kehidupan anak-anak melalui sistem algoritmanya.

Alhasil, YouTube Kids pun diluncurkan pada April 2019 lalu. Tujuannya untuk memberikan pengalaman yang dikuratori khusus anak-anak. Dengan begitu, anak-anak bakal terhindar dari kontan-konten dewasa.

Pada 2017 silam, YouTube menghasilkan banyak uang dari video anak-anak berpakaian minim yang telah menarik banyak komentar cabul. YouTube akan menjalankan iklan di video-video tersebut.

Pengiklan seperti Adidas, Mars, dan Hewlett-Packard kemudian memutuskan untuk menarik iklan dari YouTube. Layanan streaming video ini lantas mencoba membatasi pencarian yang menampilkan video anak-anak.

{Baca juga: Kini, Orangtua Bisa Pilih Konten di YouTube Kids}

Sebelumnya, YouTube Kids juga diketahui telah memperkenalkan cara kontrol baru bagi orangtua di layanan ini. Kontrol baru tersebut dapat membatasi YouTube Kids hanya untuk menampilkan video yang dipilih sendiri, bukan yang dikurasi secara algoritma.

Ketika orangtua menonaktifkan pencarian di profil anak, opsi baru”hanya konten yang disetujui” dapat diaktifkan. Artinya, orangtua dapat mematikan pencarian serta membatasi video yang direkomendasikan ke orang-orang.

Ada juga cara tambahan untuk menyesuaikan di bagian “hanya konten yang disetujui”. Orangtua dapat memilih koleksi video yang dibangun oleh YouTube sendiri dan merek seperti Sesame Workshop dan PBS Kids. [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Kacau! AMD Kirim Ryzen 5 3600 dengan Kemasan yang Salah

Telset.id, Jakarta - Konsumen yang membeli AMD Ryzen 5 3600 baru saja mendapatkan pengalaman yang unik dan bikin bingung....

30 Ribu Gamers Siap Berlaga di Gopay Arena Championship

Telset.id, Jakarta - Kompetisi eSport berskala nasional, GoPay Arena Championship (GAC) resmi dibuka pada tanggal 15 Juni 2020. Selama...

Yeayy! Video Call di Line Bisa Sampai 500 Orang

Telset.id, Jakarta - Line mengumumkan pembaruan untuk fitur panggilan grup di aplikasi, baik audio maupun video. Kini, pengguna Line...

Amazon Akui Salah Minta Karyawan Hapus TikTok

Telset.id, Jakarta  - Amazon mengaku salah telah meminta kepada seluruh karyawan untuk menghapus aplikasi video pendek TikTok dari smartphone....

Siap-siap, Iklan di YouTube Bakal Semakin Mengganggu

Telset.id, Jakarta  - Kabar menyebut bahwa iklan di YouTube bakal semakin mengganggu. YouTube mengatakan bahwa iklan jenis paruh putar...
- Advertisement -