Darurat, Dokter Ini Belajar Prosedur Bedah via YouTube

Telset.id, Jakarta  – Seorang dokter mengalami kesulitan saat menggunakan perangkat yang dipakainya karena belum ada pelatihan yang cukup. Uniknya, ia belajar via YouTube untuk mengetahui prosedur bedah dengan perangkat medisnya.

Dokter Justin Barad adalah seorang residen medis. Ia sering menghadapi masalah yang sulit untuk diatasi. Ia diminta untuk menggunakan perangkat tanpa banyak mendapatkan pelatihan.

Tanpa pikir panjang, ia kemudian memanfaatkan YouTube. Barad, yang menyelesaikan pelatihan bedah di UCLA pada 2015 silam, mengatakan bahwa YouTube telah menjadi perlengkapan pendidikan kedokteran.

{Baca juga: Dokter di China Uji Coba Operasi Jarak Jauh dengan 5G}

Ia sering menonton video di YouTube sebelum melakukan prosedur bedah. Kadang-kadang, ia bahkan menonton video di YouTube di ruang bedah ketika dihadapkan dengan operasi yang sangat menantang atau komplikatif.

“Saya tidak kenal satu pun ahli bedah yang belum memiliki pengalaman serupa,” kata Barad, yang sekarang memulai sebuah perusahaan pelatihan bedah bernama Osso VR, seperti dikutip Telset.id dari CNBC, Senin (25/11/2019).

CNBC menemukan puluhan ribu video yang menunjukkan berbagai prosedur medis di YouTube. Beberapa di antaranya telah mendapatkan satu juta penonton. Orang-orang melahirkan bayi dan menyiarkan wajah di video.

Ada pula satu video yang menunjukkan penghapusan katarak putih yang padat. Video tersebut viral dan sekarang memiliki lebih dari 1,7 juta penonton di YouTube. Belum lagi video lain yang juga banyak ditonton oleh pengguna.

Dokter-dokter memang kerap mengunggah video di YouTube untuk mempromosikan diri atau membantu orang lain di lapangan. Seiring waktu berjalan, semakin banyak dokter yang mengunggah video serupa di platform itu.

{Baca juga: Berkat 5G, Dokter Sukses Operasi Jarak Jauh Pasien Parkinson}

Januari 2019, ada lebih dari 20.000 video terkait dengan operasi prostat. Padahal, 10 tahun lalu atau pada 2009, jumlahnya hanya 500 video. Benarkah video di YouTube membantu dokter dalam melakukan prosedur bedah? [SN/HBS]

Sumber: CNBC

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI