Review Redmi Note 8 Pro: Comeback Sempurna dari Xiaomi

Desain

Tangguh, elegan, dan bergaya premium, merupakan tiga konsep desain yang Xiaomi aplikasikan pada Redmi Note 8 Pro. Seperti Redmi Note 7, kesan pertama saat menggunakan smartphone ini adalah build quality yang bagus nan tangguh.

Bagaimana tidak, smartphone ini punya frame dan body secara keseluruhan yang terbilang kuat. Redmi Note 8 punya body yang keseluruhannya terbuat dari kaca. 

Layarnya yang berukuran 6,53 inci beresolusi maksimal Full HD+, telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5. Begitu juga dengan body belakangnya yang dilapisi oleh Gorilla Glass yang sama. 

Body itu disatukan dalam frame berbahan dasar plastik berkualitas. Apabila Anda khawatir dengan kemampuan dan kualitas frame ini, sebaiknya buang jauh-jauh rasa khawatir tersebut.

Sebagai permulaan, frame plastik ini menjadi salah satu komponen terberat yang membuat bobot Note 8 Pro menjadi sekitar 200 gram. Jika dibandingkan, bobotnya sedikit lebih berat daripada iPhone 11 maupun Samsung Galaxy Note 10+.

Kemudian, Xiaomi pun telah menguji daya tahan smartphone menengahnya ini dengan cara yang ekstrem. Xiaomi tega membiarkan Redmi Note 8 Pro diinjak oleh seorang atlet angkat besi yang mengangkat beban 90 kg. Tanpa adanya kerusakan yang berarti, smartphone tersebut masih berfungsi normal.

Dan jujur, selama kami menggunakannya sebagai daily driver dan unit review, kami telah menjatuhkannya beberapa kali ke lantai. Dengan rasa khawatir, rupanya smartphone ini masih aman dari goresan bahkan retakan sekalipun pada body-nya.

Masih membahas soal ketahanan. Xiaomi memberikan segel kedap air pada bagian tombol dan port Note 8 Pro. Tapi bukan berarti smartphone ini tahan air, melainkan cuma tahan percikan air saja. Jadi, jangan pernah bawa smartphone tersebut untuk berenang.

Kita tidak usahlah membahas bagian depan smartphone ini. Sebab, desainnya terkesan mainstream dengan smartphone lain di kelasnya. Notch lagi, lagi-lagi notch. Meskipun, kini bezel-nya tampil lebih tipis daripada smartphone berponi mini lain di kelasnya.

Yang jadi fokus kami justru bagian belakangnya. Kami rasa, Xiaomi mengemas body smartphone ini dengan konsep desain simetris. Terlihat jelas dari posisi kamera, sensor sidik jari, logo Redmi, sampai pusat warna gradasi Forest Green yang kami gunakan sekarang.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Berbicara soal warna Forest Green, warna ini disebut Xiaomi sebagai warna baru bagi Redmi. Forest Green merupakan hasil perpaduan antara warna hijau tua di kiri dan kanan, serta warna hitam pekat di bagian tengahnya. 

Dipadukan dengan desain simetris tadi, alhasil Redmi Note 8 Pro layak disebut sebagai smartphone menengah yang elegan dan tampak premium.

Akan tetapi, di balik bagusnya desain dan build quality Redmi Note 8 Pro, ada kekurangan yang kami rasakan. Kekurangan pertama, frame kamera yang sangat menonjol. 

{Baca juga: Sadisnya “Penyiksaan” Redmi Note 8 Pro oleh Atlet Angkat Besi}

Akibatnya, frame kamera otomatis menjadi penopang body Note 8 Pro ketika disimpan di atas meja atau alas lainnya. Saking menonjolnya, ketika kami menggunakan softcase pun, frame tersebut masih terlihat timbul. 

Entah apa yang dipikirkan Xiaomi, sampai-sampai menaruh sensor sidik jari pada frame kamera yang menonjol. Dan itu, adalah kekurangan kedua. 

Ketika pertama kali menggunakannya, kami lebih sering menyentuh area body dibanding menempelkan jari pada sensor yang menonjol tersebut. Dan, butuh waktu untuk membiasakan diri agar tidak mengulang kesalahan konyol tadi.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Jokowi Kirim Draf RUU Perlindungan Data Pribadi ke DPR

Telset.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan draf Rancangan Undang-undang atau RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP)...

Tips Lindungi Mata dengan Pasang Blue Light Filter di Android

Telset.id - Banyak dari Anda yang pastinya menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar smartphone. Tapi, tahukah Anda bahwa layar smartphone...

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Instagram, Gratis!

Telset.id - Satu hal yang wajib dilakukan sebelum upload foto di Instagram adalah, edit foto terlebih dahulu. Di Instagram memang...

Apple iMac Mendatang Punya Desain Mirip “Selembar Kaca”

Telset.id, Jakarta - Apple mempertahankan desain iMac selama bertahun-tahun. Namun, pada masa mendatang, Apple tak ingin iMac terbaru tampil...

Film LGBTQ Lindungi Sumber Anonim dengan “Wajah Ganda”

Telset.id, Jakarta  - Film dokumenter 'Welcome to Chechnya' baru yang ditayangkan di Sundance Film Festival menampilkan sesuatu yang berbeda....
- Advertisement -