Menjajal Kemampuan Ultra Dark Mode di Kamera Oppo Reno2

Telset.id, Jakarta – Foto malam masih menjadi daya tarik yang disuguhkan brand smartphone yang dijual saat ini, termasuk di Indonesia. Berbagai merek mengusung nama yang berbeda untuk fitur night mode mereka. Seperti Oppo, yang menjagokan “Ultra Dark Mode” untuk Oppo Reno2.

Ultra Dark Mode merupakan bagian dari fitur Night Mode di Oppo Reno2. Fitur ini akan secara otomatis aktif apabila intensitas cahaya pengambilan foto berada di bawah kisaran 5 Lux.

Jika Anda kurang familiar dengan satuan Lux, itu merupakan satuan untuk ukuran intensitas cahaya yang dirasakan oleh mata manusia.

Bila dicontohkan, cahaya di bawah 5 Lux merupakan intensitas cahaya pada lingkungan gelap di dalam ruangan dengan pencahayaan yang hanya berasal dari lilin.

{Baca juga: Soloop, Aplikasi Editing Video Khusus untuk Oppo Reno2}

Dalam proses pengambilan gambar, Ultra Dark Mode membutuhkan sokongan secara software dan hardware. Dijelaskan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, dukungan secara software berupa algoritma pengambilan gambar yang dapat meningkatkan kualitas foto malam dengan baik.

Sedangkan secara hardware, fitur ini didukung oleh Neural processing Unit (NPU) yang terdapat pada SoC Snapdragon 730G yang menjadi dapur pacu utama Oppo Reno2. NPU ini disisipkan teknologi bernama “Super AI Noise Reduction” yang bertugas untuk mengurangi noise pada foto malam yang diambil.

Lantas, bagaimana kualitas foto malam yang diambil oleh kamera Oppo Reno2 dengan dukungan fitur Night Mode dan Ultra Dark Mode? Well, secara keseluruhan, smartphone ini terbilang mampu menangkap foto malam dengan baik di kondisi cahaya yang cukup mendukung.

Misalnya saja, saat kami mengambil gambar di kawasan Central Park, Jakarta. Dibantu dengan kilauan warna-warni lampu di taman, kamera 48MP bersensor Sony IMX586 milik Reno2 dapat dengan mudah menangkap foto malam yang berkualitas, dengan komposisi warna dan detail yang bagus. Berikut beberapa hasil fotonya:

Night Mode Oppo Reno2

{Baca juga: Menguji Performa Oppo Reno2 Pakai 3 Aplikasi Benchmark, Hasilnya?}

Akan tetapi, ketika memotret kondisi malam dengan intensitas cahaya yang tidak mendukung, kamera Oppo Reno2 cukup kewalahan untuk menghasilkan foto malam dengan detail yang baik. Misalnya, ketika kami memotret kondisi malam di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur.

Otomatis, Ultra Dark Mode akan aktif ketika kami mengambil gambar di kondisi minim cahaya. Beberapa foto yang dihasilkan cukup baik kualitas warna, detail dan pencahayaannya. Tapi, ada juga beberapa foto yang terlihat kurang maksimal hasilnya, dengan kualitas detail cukup menurun. Berikut, beberapa hasil fotonya:

Ultra Dark Mode Oppo Reno2

Oppo Reno2 sendiri mengusung spesifikasi yang terbilang handal. Smartphone ini menggunakan layar berjenis AMOLED berukuran 6,5 inci beresolusi Full HD+ dan aspek rasio 20 : 9.

Layarnya telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 6, sementara body belakangnya yang berbahan dasar kaca, dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Reno2 punya dapur pacu yang powerful berkat digunakannya prosesor Snapdragon 730G (8nm), RAM 8GB, memori internal 256GB UFS 2.1, dan baterai berkapasitas 4,000 mAh dengan dukungan VOOC 3.0.

Sementara kameranya, Reno2 punya empat kamera belakang dengan konfigurasi lensa utama 48MP dengan sensor Sony IMX586, lensa telephoto 13MP dengan dukungan 2x optical-zoom dan 5x hybrid-zoom, lensa Ultrawide Macro 8MP serta lensa Monokrom 2MP. Sementara kamera depan beresolusi 16MP.

Di Indonesia, harga Oppo Reno2 mencapai Rp 7,9 jutaan, dan sudah dijual perdana pada 31 Oktober lalu. (FHP)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0