Ini Prestasi yang Dibanggakan Rudiantara Selama Jadi Menkominfo

Telset.id, Jakarta Menkominfo Rudiantara menjelaskan berbagai prestasi yang diraihnya selama menjadi orang nomor satu di Kementerian Kominfo sejak tahun 2014 hingga 2019. Beberapa prestasi yang dibanggakannya seperti peluncuran jaringan 4G, Registrasi Prabayar, Palapa Ring, dan lahirnya Unicorn.

Dari segi infrastruktur, prestasi pertama yang diraihnya adalah peluncuran jaringan 4G di Indonesia. Ia mengatakan, kala itu, Indonesia diprediksi baru memiliki jaringan 4G pada tahun 2016 ataupun 2017.

{Baca juga: Rudiantara Curhat ke Jokowi Soal Kendala Proyek Palapa Ring}

Tetapi lewat kerjasama dengan operator telekomunikasi, Rudiantara berhasil menggeber kehadiran 4G di Indonesia menjadi lebih cepat. Jaringan seluler generasi keempat itu akhirnya bisa diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir tahun 2015.

“Waktu itu banyak yang memperkirakan 4G baru akan hadir di Indonesia paling cepat tahun 2016 atau 2017. Tapi alhamdulilah, lewat kerjasama temen-temen operator pada saat refarming mereka mau pindah tempat frekuensinya, maka jaringan 4G bisa digelar pada akhir 2015,” ujar Rudiantara di acara “Syukuran 5 Tahun Bersama Chief RA” di Rumah Dinas Menteri Kominfo, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Pencapaian lain yang berhasil dilakukan adalah kebijakan registrasi prabayar. Menurutnya, rencana peraturan tersebut sebenarnya sudah ada sejak tahun 2006. Namun karena satu dan lain hal, aturan tersebut masih jalan ditempat.

Baru ketika dirinya menjadi menteri, maka aturan registrasi prabayar ditetapkan lewat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

{Baca juga: Jokowi Resmikan Palapa Ring, Hubungkan 514 Kabupaten dan Kota}

“Kebijakan bukan hanya untuk industri seluler tapi pihak keamanan dan penegak hukum lebih senang karena mudah dilacak,” ujar menteri yang kerap disapa Chief RA itu.

Pencapaian selanjutnya adalah Palapa Ring. Seperti diketahui, proyek ambisius yang sempat terkatung-katung penyelesaiannya itu akhirnya telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 14 Oktober 2019.

Rudiantara mengaku sempat khawatir penyelesaiannya akan kembali tertunda, karena pembangunan Palapa Ring Paket Timur sudah melewati target waktu.

“Paket Timur sempat terlambat, tapi Paket Barat dan Tengah tepat waktu. Masalahnya kondisi di Papua itu luar biasa menjadi tantangan,” jelas Menkominfo.

{Baca juga: Menkominfo: Startup dan Unicorn Kunci Ekonomi Digital Nasional}

Terakhir adalah aspek ekosistem digital. Target bisa melahirkan 5 unicorn sebenarnya tidak tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Tetapi dirinya amat bersyukur karena target tersebut bisa tercapai.

“Unicorn kita sudah lima, salah satunya bahkan sudah decacorn, saya berharap hingga akhir tahun ini ada satu lagi,” tutup Menkominfo Rudiantara. [NM/HBS]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Huawei Mate Xs Resmi Meluncur dengan Kirin 990 5G

Telset.id, Jakarta - Huawei secara resmi mengumumkan smartphone lipat terbarunya, Huawei Mate Xs. Smartphone ini sendiri merupakan versi upgrade...

Berbekal Banyak Fitur Pintar, Honor Magic Earbuds Siap Saingi AirPods

Telset.id, Jakarta - Perangkat True Wireless Stereo (TWS) kian hari kian populer. Dipelopori oleh Apple, kini semakin banyak saja...

Jakarta Diguyur Hujan Semalam Suntuk, Tagar #Banjir Bergema

Telset.id, Jakarta - Hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya semalam suntuk sejak Senin malam (24/02/2020), mengakibatkan banjir di banyak tempat....

Catat! Tanggal Peluncuran Huawei P40 dan P40 Pro Diumumkan

Telset.id, Jakarta - Bos Huawei, Richard Yu mengumumkan tanggal peluncuran smartphone flagship terbaru mereka, Huawei P40 dan Huawei P40 Pro....

Realme X50 Pro Debut, Punya Enam Kamera dan Snapdragon 865

Telset.id, Jakarta - Seri flagship terbaru dari Realme akhirnya meluncur. Adalah Realme X50 Pro yang ditopang spesifikasi kelas atas dan...
- Advertisement -