Cara Mudah Update Aplikasi di iOS 13, Dijamin Works!

Telset.id, Jakarta – iOS 13 memberikan tampilan User Interface (UI) yang berbeda, termasuk pada App Store. Wajar saja, Apple selalu memberikan sedikit perubahan UI pada beberapa aplikasinya demi menghadirkan inovasi baru yang lebih baik dan mudah diakses.

Seperti diketahui, Apple resmi mengumumkan iOS 13 di gelaran Apple Worldwide Developers Conference (WWDC 2019) pada Senin (03/06/2019).

Di iOS 13, App Store sebelumnya memiliki tab terpisah di baris paling bawah, di mana pengguna dapat memeriksa pembaruan aplikasi. Tapi, sekarang, hal itu tak lagi ada.

{Baca juga: Bug Touch ID di iOS 13 Bisa Kacaukan Aplikasi Perbankan]

Cara Perbarui Aplikasi di iOS 13

Cara Perbarui Aplikasi di iOS 13

Jadi, bagaimana cara pengguna update aplikasi? Jika Anda mengajukan pertanyaan tersebut, tim Telset.id mencoba memberi cara mudah bagi pengguna untuk memperbarui aplikasi di iOS 13, dan seterusnya. Silakan simak ya!

  • Buka App Store.
  • Ketuk foto profil Anda di sudut kanan atas layar aplikasi.
  • Gulir ke bawah, dan Anda akan menemukan daftar aplikasi di perangkat yang telah diperbarui atau sedang menunggu pembaruan.
  • Untuk memeriksa apakah Anda melewatkan pembaruan, tarik layar ke bawah dari atas.
  • Ketuk Update All untuk memperbarui aplikasi baru yang belum diperbarui secara otomatis.

Kalau perlu memperbarui aplikasi sekarang, Anda dapat mengikuti metode di atas untuk pembaruan secara manual. Nah, apabila ternyata belum mengaktifkan pembaruan aplikasi otomatis, Telset.id punya tips lain bagi Anda.

Cara Aktifkan Pembaruan Aplikasi Otomatis di iOS

Cara Perbarui Aplikasi di iOS 13

  • Luncurkan Settings.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi iTunes & App Store.
  • Di bawah Automatic Downloads, pastikan sakelar di App Updates menyala (harus berwarna hijau jika aktif).

13 Fitur Baru yang hadir di iOS 13

Saat digulirkan di ajang Apple Worldwide Developers Conference (WWDC 2019) pada 3 Juni 2019 lalu, iOS 13 diklaim sebagai update iOS terbesar, karena banyak menghadirkan peningkatan dan fitur baru.

{Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Dia Fitur Baru di iOS 13}

Lantas, fitur baru apa saja yang dibawa iOS 13? Berikut 13 fitur baru yang hadir pada iOS 13:

1. Peningkatan Performa

Salah satu yang sangat diharapkan para pengguna iOS akhirnya diwujudkan Apple dalam update software ini. Apple memberikan peningkatan performa pada iOS 13, terutama untuk perangkat lawas.

Dalam pembaruan iOS 13 ini, Apple memastkan Face ID akan dapat membuka kunci ponsel 30 persen lebih cepat dari sebelumnya. Selain itu, aplikasi akan bisa dibuka dua kali lebih cepat dibandingkan iOS sebelumnya.

2. Dark Mode

Fitur Dark Mode sudah lama dinantikan, dan akhirnya hadir pada iOS 13. Kehadiran fitur ini disebut menjadi pembaruan visual paling besar yang dibuat Apple, sejak iOS pertama kali diperkenalkan.

Anda akan bisa mendapati fitur dark mode di semua aplikasi milik Apple, bahkan dock notifikasi juga akan menyesuaikan dengan mode gelap.

3. Keyboard Swipe Terbaru

Apple sebenarnya selalu menawarkan dukungan keyboard milik pihak ketiga di iOS selama bertahun-tahun, namun kali ini Apple juga menghadirkan fitur baru pada keyboard standarnya.

Fitur baru tersebut adalah swipe atau geser, mirip pada keyboard SwiftKey, Swype, atau Gboard yang sudah lama ada di iOS. Apple memberi nama keyboard swipe ini adalah “Quick Path”.

Apple juga menghadirkan fitur Text Selection dengan memberikan peningkatan kemampuan baru, seperti intelligent text selection, untuk memilih alamat, nomor telepon, hingga e-mail.

4. Mode Wi-Fi dan Bluetooth di Control Center

Dengan fitu ini, pengguna bisa memilih jaringan Wi-Fi atau koneksi Bluetooth secara langsung dari Control Center. Anda hanya perlu menekan agak lama tombol Wi-Fi atau Bluetooth, maka akan muncul pilihan jaringan atau koneksi yang tersedia.

Apple juga menambahkan fitur Family Hotspot Sharing, yang memungkinkan anggota keluarga secara otomatis dapat terhubung dengan hotspot iPhone Anda. Fitur ini juga ada di perangkat Mac ataupun iPod.

5. Reminder

Pembaruan Reminder sempat akan dihadirkan di iOS sebelumnya tapi entah kenapa batal dihadirkan. Setelah sempat tertunda, Apple akhirnya memperbarui fitur Reminder pada iOS 13.

Dalam pembaruan iOS 13 ini, Apple menambahkan fungsi “Today”, “Scheduled”, “Flagged”, dan “All” sebagai opsi penyaringan untuk menyortir tugas. Selain itu, Reminder juga terintegrasi AI, sehingga memudahkan pengguna saat mengetik

6. Update Apple Mail, Notes, dan Safari

Apple memberikan peningkatan dan memperbarui beberapa aplikasi intinya di iOS 13. Seperti Apple Mail yang kini diatur untuk mendapatkan pemformatan desktop baru. Begitu juga browser Safari mendapatkan preferensi per situs web.

Selain itu Apple juga memberikan peningkatan pada fitur Notes, yang mendapatkan tampilan galeri baru, untuk melihat semua catatan yang dibuat pengguna sekaligus.

7. Apple Maps

Apple Maps menjadi fitur yang mendapatkan peningkatan di update iOS 13. Dalam pembaruan ini, Apple menyebutkan bahwa mereka telah membangun ulang aplikasi pemetaannya dari awal.

Apple Maps diklaim memiliki data peta yang lebih komprehensif dan mode baru yang mirip dengan Google Street View. Maps baru ini akan tersedia di kota-kota terpilih dan mulai digulirkan secara global pada 2020.

8. Peningkatan Apple Music

Apple Music juga mendapatkan update di iOS 13. Apple merombak aplikasi ini dengan menambahkan beberapa fitur baru, termasuk tombol khusus untuk lirik lagu dan tombol untuk melihat apa yang akan diputar selanjutnya.

Pengguna juga akan bisa memutar musik lebih mudah meski sedang membuka aplikasi lain di perangkat. Hal itu dapat dilakukan karena pengguna hanya perlu memerintah Siri untuk memutar musik, tanpa harus membuka aplikasi musik atau podcasts.

9. Privasi (Sign in with Apple)

Privasi selalu mendapat perhatian lebih dari Apple. Dalam update iOS 13 ini, fitur privasi mendapat porsi peningkatan yang besar. Pengguna bisa memilih untuk memberikan data lokasi mereka ke aplikasi “sekali saja”, untuk mencegahnya terus melakukan ping lokasi ketika pengguna memakai perangkat.

Apple juga menghadirkan fitur “Sign in with Apple”, yang akan tersedia bagi pengembang masuk ke aplikasi dan layanan. Pengguna akan bisa masuk ke Face ID dan membuat akun baru untuk layanan tanpa harus memberikan informasi pribadi apapun.

Di pembaruan ini, akun Apple juga secara otomatis dapat membuat alamat email baru per aplikasi. Hal ini berguna untuk mencegah aplikasi mendapatkan akses ke email pengguna, atau mengirimkan pesan spam.

Fitur privasi iOS 13 lainnya adalah penyaring panggilan, dimana pengguna bisa menggunakannya untuk memblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Fitur ini bisa Anda temui di menu Settings > Silence unknown callers.

10. Profile Picture iMessage

Jika Anda lihat iMessage di iOS 13, kini mirip seperti tampilan gambar profil dan nama display yang ada di WhatsApp dan Facebook Messenger. Anda kini dapat berbagi nama dan foto dengan pengguna iMessage lainnya.

Maneriknya, Anda juga bisa menggunakan Memoji untuk gambar profil. Apple juga menambahkan berbagai opsi untuk mengkustomisasi Memoji untuk dijadikan stiker iMessage. Paket stiker dari Memoji ini juga bisa digunakan pada aplikasi lain seperti Mail hingga aplikasi pihak ketiga lainnya.

11. Tool Baru untuk Edit Foto dan Video

Apple memberikan tampilan antarmuka baru pada fitur edit foto dan video di iOS 13. Anda kini bisa mengedit berbagai kategori, misalnya highlight, shadow, contrast, saturation, white balance, sharpness, definition, vignette, dan lainnya.

Tak hanya itu, aplikasi Photos juga mendapatkan antarmuka baru dengan memanfaatkan machine learning untuk menghapus beberapa foto yang sama. Jadi tak perlu manual satu-satu menghapusnya.

12. Find My

Dalam pembaruan kali ini, Apple menggabungkan fitur Find My Friends dan Find My iPhone menjadi satu dengan nama Find My. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melacak keberadaan teman-teman atau keluarga, dan perangkat yang hilang dalam waktu bersamaan.

Aplikasi Find My juga bisa melacak perangkat yang hilang meski dalam keaddan offline, dengan mengirimkan sinyal Bluetooth yang aman ke perangkat Apple lainnya untuk mengirim umpan balik ke pengguna. Anda tak perlu khawatir, karena semuanya terenkrpsi dan tidak akan memengaruhi data, daya baterai, atau privasi.

13. Penyimpanan Eksternal

Pada pembaruan iOS 13 ini, Apple juga memberikan peningkatan pada penyimpanan eksternal perangkatnya. Anda kini bisa menarik file dari kartu SD dan USB flash drive untuk diimpor ke aplikasi Files.

Nah, itu tadi cara untuk memperbarui aplikasi di iOS 13 dan juga fitur-fitur baru yang diboyong iOS 13. Apakah Anda sudah update perangkat Anda? Kalau sudah, Anda bisa langsung mencobanya. [SN/HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI