Resmi Dirilis, Ini Dia Fitur Baru di iOS 13

Telset.id, Jakarta – Apple resmi mengumumkan iOS 13 di gelaran Apple Worldwide Developers Conference (WWDC 2019) pada Senin (03/06/2019) waktu setempat. Sistem operasi tersebut membawa beberapa fitur baru dan peningkatan kemampuan. Lantas, fitur baru apa saja yang dibawa iOS 13?

Dilansir Telset.id dari The Verge pada Selasa (04/06/2019), di acara WWDC 2019, Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi mengatakan bahwa iOS 13 merupakan rilisan terbesar untuk iOS, dan akan menawarkan berbagai peningkatan pada sistem operasi.

Misalnya, iOS 13 akhirnya menawarkan dark mode atau mode gelap untuk semua aplikasi pihak pertama Apple. Bahkan notifikasi serta dok mendapatkan rona gelap baru yang bisa digunakan.

Apple juga meningkatkan kemampuan pada keyboard mereka. Apple menambahkan fitur swipe yang membuat pengguna lebih cepat dalam mengetik. Fitur ini mirip dengan Swiftkey, Swype atau Gboard yang telah lama muncul di perangkat Android.

{Baca juga: Undangan Beredar, Apple Siap Rilis iOS 13 di WWDC 2019}

Kemudian ada juga penambahan beberapa fitur di aplikasi Remainder di iOS 13, seperti fitur “Today”, “Scheduled”, “Flagged”, dan “All”. Serta ada juga opsi pemfilteran untuk menyortir tugas pengguna.

Apple juga mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) sehingga dapat menyarankan oengguna kapan ingin diingatkan, dan menandai kontak.

Aplikasi Apple Maps di iOS 13 juga mendapat pembaruan. Apple menambahkan data peta yang lebih komprehensif dan mode baru yang sepintas mirip dengan Google Street View. Pembaruan ini akan diluncurkan di Amerika Serikat pada akhir 2019 dan secara global pada 2020.

Mengikuti jejak WhatsApp, pengguna dimungkinkan menampilkan foto profil dan nama. Pengguna bisa berbagi nama dan foto profil tersebut ke pengguna Message lain. Menariknya, pengguna bisa menggunakan Memoji untuk foto profile dan mengirim stiker emoji pada aplikasi pesan pihak ketiga.

{Baca juga: Ini 6 Seri iPhone dan iPad yang Gak Kebagian iOS 13}

Tidak ketinggalan Apple juga melakukan peningkatan privasi di iOS 13. Pengguna dapat memilih untuk memberikan data lokasi ke pada aplikasi untuk mencegah mereka dimata-matai. Pengguna bisa login menggunakan Face ID dan membuat akun baru tanpa membeberkan data personal.

iOS 13 versi developer tidak tersedia saat ini, sementara public beta baru ada pada akhir Juni. Untuk versi finalnya akan tersedia beberapa bulan lagi di iPhone 6s ke atas. Itu artinya iPhone 6 dan 5s tidak mendapatkan update ini. [NM/HBS]

Sumber: The Verge

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here