Review realme 5: Smartphone Rp 2 Jutaan Terbaik dengan Quad Camera

Telset.id – Apa sih yang Anda harapkan dari sebuah smartphone seharga Rp 2 jutaan? Mungkin, punya spesifikasi yang kuat diajak main game berjam-jam juga patut untuk disyukuri.

Beruntung, ada realme yang menghadirkan smartphone di rentang harga Rp 2 jutaan yang memberikan lebih kepada penggunanya. Mereka baru saja memperkenalkan realme 5, yang punya banyak fitur mumpuni di dalamnya.

Bukan cuma spesifikasi saja, realme 5 menawarkan desain yang kekinian, kemampuan kamera yang mumpuni, dan lainnya.

{Baca juga: Review Realme 5 Pro, “Si Serba Cepat” dengan Quad Camera}

Tentu Anda penasaran seperti apa sih realme 5 ini? Well, kami bakal mengulasnya secara lengkap lewat review realme 5 untuk Anda para pembaca setia. Check this out!

Desain

realme tampaknya sengaja memberikan bahasa desain yang sama pada realme 5 dan realme 5 Pro. Brand ini sepertinya ingin memberikan kesan premium yang ada di versi Pro, pada realme 5 model “standar”.

Pasalnya, realme 5 punya bahasa desain yang hampir sama dengan realme 5 Pro. Smartphone ini tampil menawan dengan desain layar memanjang yang dilengkapi oleh adanya notch atau poni bergaya Dewdrop atau tetesan embun di bagian atasnya.

Body-nya juga dilapisi oleh warna yang tampil gonjreng dengan karakter atau ciri khas ala realme. Body smartphone tersebut punya efek warna holografik, yang jujur saja, menampilkan efek visual yang enak dipandang.

Berdasarkan informasi yang kami terima dari realme, untuk mendapatkan warna holografik tersebut, diperlukan proses yang sangat rumit. Ada beberapa tahap yang harus dilalui, seperti mengukir warna holografik oleh laser lima sumbu, sampai akhirnya mewarnai body melalui sablon tinta dan ditutup dengan lapisan pengerasan cat.

Bentuk dan posisi frame kameranya juga hampir sama persis. Ada frame kamera yang ditempatkan secara vertikal di sisi kiri atas body. Frame itu disandingkan dengan LED Flash di sebelah kanannya.

Ada juga sensor sidik jari di tengah atas body yang dibingkai dengan oleh frame berwarna silver, dan logo realme di sudut kiri bawah body sebagai pelengkapnya.

Karena tadi kami menyebutkan “hampir mirip”, maka ada sedikit perbedaan yang terdapat di realme 5. Jadi, smartphone ini punya body yang lebih bulky atau bongsor dibandingkan versi Pro.

{Baca juga: Realme 5 Pro Resmi Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasinya}

Dari ukuran layar misalnya, smartphone tersebut punya layar berukuran lebih besar, tepatnya 6,5 inci dengan resolusi HD+ dan aspek rasio 20 : 9. Lalu, body-nya yang lebih tebal daripada realme 5 Pro, gara-gara punya baterai dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari smartphone tersebut.

But secara overall, kami suka dengan desain smartphone ini. Selain terlihat menawan, mewah, dan punya karakter, feel saat menggunakannya juga sangat enak. Smartphone ini nyaman untuk digenggam menggunakan satu tangan berkat lengkungan di sisi kiri dan kanan body, yang dinamakan realme sebagai “Desain 3D”.

Spesifikasi

Jangan meremehkan spesifikasi dari smartphone Rp 2 jutaan seperti realme 5. Sebab, smartphone ini punya dapur pacu handal yang kami nilai bisa mendukung segala aktivitas digital para penggunanya.

realme 5 ditopang oleh prosesor octa-core 2.0 GHz Snapdragon 665 AIE (11nm) dan GPU Adreno 610 yang dikombinasikan dengan RAM 3GB/4GB, storage 32GB/64GB/128GB yang bisa ditingkatkan hingga 256GB menggunakan microSD, serta baterai berkapasitas 5,000 mAh.

Kami menguji performanya menggunakan tiga aplikasi benchmark, yakni AnTuTu Benchmark, 3DMark, dan PCMark untuk mengetahui besaran performa yang diberikannya secara angka. Secara keseluruhan, performanya terbilang sangat mumpuni untuk sebuah smartphone Rp 2 jutaan. Berikut tabel perbandingannya:

Yang kami suka bukanlah performa dari prosesor atau dapur pacunya, melainkan baterai yang memberikan tenaga pada realme 5. Bagaimana tidak, realme 5 kami klaim sebagai smartphone yang membuat kami “pegal” untuk menghabiskan baterainya.

Berdasarkan pengujian menggunakan Work 2.0 Battery Life di PCMark, smartphone mampu bertahan hingga 17 jam 41 menit dengan baterai tersisa 17%.

Perolehan tersebut terbilang sangat menakjubkan. Sebab, catatan 17 jam lebih yang diperoleh realme 5 di PCMark, merupakan hasil catatan perpaduan screen on time dengan penggunaan maksimal untuk bekerja. Tentu, hasilnya akan jauh lebih lama kalau digunakan seperti biasa.

{Baca juga: Realme X dan Realme 3 Pro Discontinue, Gegara Realme 5?}

Sayang, lamanya baterai realme 5 habis, juga sejalan dengan lamanya baterai ini penuh saat diisi dayanya. Ya, realme tidak memberikan kemampuan fast charging pada smartphone ini, sehingga pengisian baterai 5,000 mAh akan terasa lama.

Berdasarkan pengujian menggunakan Battery Wear Test di AnTuTu Benchmark, baterai smartphone ini terisi dari 5% sampai 49% dalam waktu 89 menit, dan 5% sampai 100% dalam waktu 272 menit. 

Tapi setidaknya, ada satu sisi positif yang bisa didapatkan pengguna. Mereka hanya perlu ngecas smartphone satu kali sehari, untuk bisa digunakan hingga 2 hari lamanya. 

Kamera

realme 5 pun punya lima kamera sekaligus. Satu kamera depan, dan empat kamera belakang. Wait, smartphone Rp 2 jutaan punya empat kamera? Ya, Anda tidak salah lihat, dan kami pun cukup terkejut dengan hadirnya Quad Camera di realme 5. 

Bisa dibilang, teknologi ini jadi yang pertama di segmen harga Rp 2 jutaan yang ada sekarang. Empat kamera belakang realme 5 sendiri punya konfigurasi dan kemampuan yang bisa diandalkan untuk pemotretan di berbagai kondisi.

Konfigurasi kameranya adalah, 12MP lensa utama dengan aperture f/1.8, 8MP lensa wide-angle aperture f/2.25 dengan jangkauan 119°, lensa makro 2MP aperture f/2.4, dan lensa depth atau portrait 2MP aperture f/2.4. 

Keempat kamera ini sudah didukung oleh teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI). Itu artinya, kamera smartphone tersebut punya kepintaran untuk menyesuaikan pengaturan paling cocok untuk setiap skenario foto yang diambil. 

Selain itu, terdapat juga fitur Chroma Boost yang mampu meningkatkan saturasi warna dan detail gambar pada foto. Fitur Chroma Boost juga didukung oleh teknologi AI, untuk merekonstruksi gambar agar punya detail dan warna yang lebih bagus dan jelas dari biasanya. Berikut beberapa hasil fotonya:

Meski “cuma” Rp 2 jutaan, kamera utama realme 5 pun sudah mendukung fitur Nightscape, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto malam dengan kualitas yang cukup baik. Apalagi, lensa 12MP punya bukaan yang besar, dan sensitif terhadap cahaya. 

Hasil foto malamnya juga terbilang cukup bagus, meski tidak sebaik realme 5 Pro. Masih terdapat beberapa titik-titik noise, dan terkadang kamera menghasilkan foto malam yang cenderung over brightness. Berikut beberapa hasil fotonya:

Foto Malam realme 5

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Realme Terbaru}

Beralih ke lensa wide-angle 8MP 119°, kamera ini bisa membantu pengguna untuk memotret foto dengan jangkauan yang luas tanpa membuat hasil akhirnya cembung. Foto yang diambil punya kualitas yang bagus, dan tentu berguna bagi Anda yang suka menangkap foto landscape, cityscape, dan foto-foto dengan jangkauan luas lainnya. Berikut hasil fotonya:

Sementara dua lensa lain, yakni makro dan depth, cukup berguna bagi Anda yang suka foto-foto macro ataupun portrait. Khusus untuk makro, pengguna bisa mengambil foto lebih jelas dalam jarak lebih dekat sampai 4cm. Berikut beberapa hasil fotonya:

Kemudian ke kamera depan. realme 5 punya kamera selfie 13MP dengan aperture f/2.0 yang sudah didukung oleh fitur AI Beautification. Dengan dibantu oleh AI, kamera depan mampu secara akurat mengenali subjek yang difoto, dan memberikan penyesuaian seperti tone warna, detail, dan lainnya, berdasarkan jenis kelamin, jenis kulit, dan lainnya. Berikut hasil fotonya:

Kesimpulan

realme 5

realme 5 seolah ingin menghilangkan anggapan kalau smartphone Rp 2 jutaan itu punya kemampuan pas-pasan. Meski harganya murah, tapi kualitas smartphone ini “meriah”. 

Terbukti dengan kemasan desainnya yang punya karakteristik berbeda, layarnya yang super lega, spesifikasinya yang handal dan mumpuni, baterai yang punya daya tahan terbaik, sampai empat kamera berkualitas terbaik di kelasnya. 

Bagi Anda yang punya budget terbatas, tapi ingin mendapatkan smartphone terbaik, realme 5 bisa menjadi pilihan yang tepat. (FHP)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Bug Wallpaper Xiaomi Mi 9 Bikin Smartphone Minta Install Ulang

Telset.id, Jakarta - Wallpaper biasanya menjadi pemanis layar smartphone. Namun apa jadinya jika ditemukan sebuah bug di dalamnya? Hal...

UU Federal Wajibkan Sistem Ini untuk Tangkal Panggilan Spam

Telset.id, Jakarta  - Undang-undang federal baru bakal membatasi spam dengan memaksa penyedia layanan untuk memasang sistem verifikasi untuk mengecek...

Wow! Massa Galaksi Bima Sakti Setara 6 Milar Gajah

Telset.id, Jakarta - Galaksi Bima Sakti memiliki massa 890 miliar kali massa matahari. Dengan massa seberat ini, galaksi yang...

Gara-gara Sistem Autopilot, Mobil Listrik Tesla Tabrak Mobil Polisi

Telset.id, Jakarta - Badan keamanan mobil Amerika Serikat (AS) akan menyelidiki kecelakaan ke-12 yang melibatkan mobil listrik Tesla. Ada...

Axis Berikan Bonus Kuota 1 GB untuk Bermain Games

Telset.id, Jakarta - Axis menawarkan bonus kuota untuk bermain game. Co-brand dari XL Axiata ini meluncurkan Program "Axis Forever...
- Advertisement -