Tegas! Facebook Hapus 2 Miliar Akun Palsu

Telset.id, Jakarta Facebook terus melawan peredaran akun palsu di platform mereka. Di kuartal I-2019, media sosial ini telah menghapus lebih dari 2 miliar akun palsu Facebook, dan jumlah ini meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Dilansir Telset.id dari Mashable pada Jumat (24/05/2019), ada peningkatan tajam jumlah akun palsu. Sebelumnya pada kuartal IV-2018, raksasa media sosial ini telah menghapus lebih dari 1,2 miliar akun yang palsu.

Tetapi di tahun ini, jumlah akun palsu meningkat tajam. Ada 2,19 miliar akun yang dihapus selama kuartal I-2019 atau hampir dua kali lipat di kuartal IV-2018.

Menurut Wakil Presiden, Guy Rosen, peningkatan jumlah akun palsu disebabkan oleh spammer dan oknum tertentu yang ingin bertindak negatif di platform.

“Aktor jahat lainnya yang mencoba untuk membuat volume besar akun pada satu waktu,” kata Guy Rosen.

{Baca juga: Banyak Akun Palsu Facebook di Indonesia}

Rosen juga cepat mengingatkan bahwa mereka dapat menghapus banyak dari akun palsu itu secara otomatis pada saat akun tersebut dibuat. Bahkan, mereka telah menghapus 99,8 % akun sebelum dilaporkan oleh pengguna.

“Angka-angka ini sebagian besar didorong oleh serangan otomatis sebagian besar dari mereka diblokir dalam beberapa menit setelah penciptaannya,” ujar Guy Rosen.

{Baca juga: Facebook Hapus 200 Akun Palsu Terkait Anak Buah Duterte}

Dalam posting blog terpisah, Wakil Presiden Analytics Facebook, Alex Schultz memperingatkan bahwa jumlah akun palsu semata-mata tidak selalu mengindikasikan risiko lebih bagi pengguna.

“Jumlah akun yang ditindaklanjuti sangat miring oleh serangan sederhana, yang tidak mewakili kerusakan nyata atau bahkan risiko nyata bahaya, “tulisnya.

“Secara keseluruhan, kami tetap yakin bahwa sebagian besar orang dan aktivitas di Facebook adalah asli,” tambah Alex. (NM/FHP)

Sumber: Mashable

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Realme X50t 5G Siap Debut, Spek Mirip X50m 5G

Telset.id, Jakarta – Realme bisa kami sebut sebagai vendor yang paling aktif meluncurkan produk baru di 2020. Setelah baru...

LinkAja Layani Belanja Online di Pasar Tradisional

Telset.id, Jakarta - LinkAja bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghadirkan layanan belanja online di pasar tradisional. Total ada...

Trafik Data XL Axiata Naik 25% Selama Lebaran 2020

Telset.id, Jakarta - XL Axiata mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan data selama lebaran 2020 di tengah pandemi Covid-19 atau...

10 Antivirus Paling Ringan Terbaik untuk PC yang Lemot

Telset.id - Sering kali aplikasi antivirus dianggap sebagai penyebab laptop atau PC menjadi lemot. Hal tersebut karena antivirus berjalan...

Cara Balas Pesan WhatsApp Otomatis di HP Android

Telset.id - Kerap terjadi ketika kita sedang sibuk dengan pekerjaan, sampai lupa balas pesan WhatsApp dari teman, keluarga, atau...
- Advertisement -